5 Keuntungan Toko Online dibandingkan Toko Fisik

27 Oct 2015 14:00 4103 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ingin berwiraswasta? Cobalah berjualan online setelah melihat artikel ini.

Berjualan zaman dulu, dan zaman sekarang itu beda.

Pada zaman dulu, berjualan dengan membuka toko fisik adalah sebuah hal yang menjamin seseorang untuk mendapatkan keuntungan. Berbeda halnya dengan sekarang, membuka toko fisik malah menjadi salah satu faktor yang dapat merugikan bagi seorang pedagang.

Oleh karena itu menjual secara online, atau dengan terjun ke dunia penjualan e-commerce adalah sebuah pilihan yang paling tepat untuk sekarang. Kenapa hanya sekarang? Karena kita tidak dapat memprediksi akan seperti apa proses jual beli di masa yang akan datang.

Sebelum menginjak kepopulerannya seperti sekarang ini, beberapa dekade yang lalu dimana internet belum sepopuler sekarang, memulai bisnis online dengan membuka situs e-commerce sendiri adalah sebuah hal yang bukan menjadi pilihan.

Hal ini dikarenakan para investor pada waktu itu berpendapat bahwa jual-beli online itu tidak menguntungkan dan cenderung untuk gagal.

Namun sekarang, malah kebalikannya, lebih banyak bisnis yang membuka toko fisik mengalami “gulung tikar”. Sedangkan bisnis online yang dulunya sempat dihindari malah semakin membludak.

Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai situs e-commerce dengan berbagai konsep jual-beli yang unik, dan menggiurkan baik bagi para penjual, dan pembeli

Inilah beberapa alasan kenapa para penjual atau pelaku bisnis sekarang lebih memilih membuka toko secara online dengan cara terjun ke dunia e-commerce dibandingkan dengan membuka toko fisik sendiri.

 

1. Toko Akan Dapat Menggapai Semua Tempat yang Memiliki Koneksi Internet

Contohnya saja jika seorang penjual memiliki sebuah barang spesifik yang terbatas pada orang-orang tertentu saja, pasti tidak banyak orang yang akan datang ke toko fisik dari penjual tersebut karena akses konsumen terbatas di area sekitar saja.

Namun, dengan menjual produk tersebut secara online, cakupan konsumen pun akan semakin luas, dan tidak menutup kemungkinan mayoritas konsumen peminat produk yang penjual tersebut jual juga adalah dari wilayah yang berada di luar negara tempat penjual tersebut menjual produk dagangannya.

 

2. Para Pembeli akan Merasakan Kenyamanan Berbelanja Online

Menurut banyak para ahli di bidang sales, para konsumen baik tahun lalu ataupun tahun sekarang ini cenderung memilih untuk membeli barang hanya dengan mengklik saja.

Dengan toko yang tersedia secara online, mereka tidak perlu khawatir tentang waktu kapan toko tersebut buka. Selain itu mereka tidak harus pusing berputar-putar, dan memilih-milih barang karena produk yang dibeli secara online akan langsung diantarkan ke depan pintu rumah pembeli.

 

3. Pengeluaran Bisnis yang Kecil

Jika Anda adalah pemilik sebuah toko fisik, Anda tentunya akan memiliki banyak pengeluaran seperti membayar gaji para pegawai, membayar biaya listrik, biaya telepon, biaya air, sewa tempat dan bahkan asuransi.

Dengan terjun ke dunia e-commerce, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berbagai hal di atas lagi, Karena yang harus Anda bayar sekarang hanya situs yang Anda gunakan sebagai toko online Anda, biaya logistik dan mungkin juga gudang, jika Anda adalah seorang penjual online besar.

 

4. Produk yang Anda Jual Dapat Dijual dengan Harga Lebih Murah

Dengan memiliki toko fisik yang cukup menuntut banyak pengeluaran, seorang penjual pasti menjual produk yang dimilikinya dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mereka yang menjual melalui toko online.

Hal ini dikarenakan para penjual yang memiliki toko fisik ingin mengurangi gap atau margin antara keuntungan yang mereka dapat dengan pengeluaran yang mereka keluarkan.

Sedangkan bagi mereka yang menjual produknya secara online, pengeluaran mereka juga tidak banyak seperti yang sudah dituliskan di poin nomor 3 di atas.

Dan tidak seperti penjualan melalui toko fisik, menjual produk secara online dapat memancing kreativitas para penjualnya dengan memberikan diskon-diskon ataupun potongan-potongan harga yang dapat menarik minat para calon pembeli.

 

5. Keuntungan Berlipat Dengan adanya Permintaan Re-seller atau Dropshipper

Apa jadinya jika ada seseorang yang berminat dengan produk Anda yang kemudian produk tersebut bukan untuk digunakan, tapi untuk dijual kembali?

Ya, tentunya keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat ganda. Karena selain Anda mendapatkan seseorang yang ikut mencari keuntungan dari produk yang Anda jual, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan seperti bertambahnya para pelanggan dan peningkatan pada penjualan Anda. [FM]

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel