Tips Bisnis Online e-Commerce untuk Anda yang Akan Memulai Usaha

1 Nov 2013 11:30 3443 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk Anda yang gemar berniaga, adanya beragam situs jual-beli online memang sangat bermanfaat bagi aktivitas jual-beli yang Anda geluti. Hanya dengan koneksi internet Anda dapat memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan produk yang dijual. Banyaknya jual-beli online pun menjadi indikasi bahwa orang-orang sudah terbiasa melakukan transaksi online karena aktivitas ini dinilai memudahkan kedua belah pihak baik penjual dan pembeli. Hal ini tentunya menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang ingin berjualan aneka produk melalui jual-beli online. Berikut akan Paseban bahas mengenai Tips Bisnis Online bagi Anda yang ingin memulai berniaga di dunia maya.

Untuk Anda yang gemar berniaga, adanya beragam situs jual-beli online seperti fitimit.com memang sangat bermanfaat bagi aktivitas jual-beli yang Anda geluti. Hanya dengan koneksi internet Anda dapat memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan produk yang dijual. Banyaknya jual-beli online pun menjadi indikasi bahwa orang-orang sudah terbiasa melakukan transaksi online karena aktivitas ini dinilai memudahkan kedua belah pihak baik penjual dan pembeli. Hal ini tentunya menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang ingin berjualan aneka produk melalui jual-beli online. Berikut akan Plimbi bahas mengenai tips bisnis online bagi Anda yang ingin memulai berniaga di dunia maya.

Tips bisnis online ini didapat dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman rekan-rekan Plimbi dalam melakukan penjualan produknya. Mari disimak agar dapat menjadi sedikit bekal bagi Anda dalam berjualan.

  • Tentukan Produk

Ini merupakan poin utama bagi Anda yang ingin memulai bisnis online karena ketika Anda sudah mempunyai konsep mengenai produk apa yang Anda jual membuat langkah-langkah berikutnya menjadi mudah. Anda dihimbau untuk fokus kepada satu produk karena membantu konsumen Anda untuk menjadikan jual beli online Anda sebagai tempat yang paling awal dituju ketika hendak berbelanja.

Katakanlah Anda ingin berjualan pakaian, pilihlah salah satu sasaran konsumennya. Misalnya Anda akan fokus ke pakaian bayi beserta perlengkapannya atau Anda hanya menjual jersey sepakbola grade ori. Contoh lain adalah, Anda dapat menjual serba-serbi barang seperti payung, kalkulator, tas, selimut, dan sebagainya. Hanya saja, untuk lebih menarik perhatian konsumen, barang-barang tersebut disatukan dibawah sebuah desain. Misalnya barang-barang tersebut semuanya memiliki desain tokoh kartun Doraemon maka pembeli yang kebetulan merupakan penyuka Doraemon akan fokus pada toko Anda.

  • Kualitas Barang

Tips kedua adalah mengenai kondisi barang. Hal ini perlu diperhatikan mengingat transaksi bisnis online ini seperti transaksi tidak nyata yakni pembeli tidak langsung melihat produk tetapi melalui katalog berupa foto-foto atau gambar. Usahakan foto yang diambil sesuai dengan aslinya, dengan kata lain, Anda tidak selalu memberi filter pada foto Anda karena Anda tidak sedang bermain Instagram. Namun pemberian proses edit seperlunya sangat diperbolehkan.

Calon pembeli harus mengetahui pasti tentang kondisi barang serinci mungkin. Ada pula penjual yang menjajakan barang secondhand atau bekas yang tidak menutup kemungkinan terdapat kecacatan fisik pada barang tersebut. Calon pembeli pun harus mengetahui hal ini.

 

Baca juga :

               8 Perusahaan Siap Membeli Yahoo!

               5 Alasan Anak muda Diusia Sangat Belia Mudah Galau

 

  • Respon Kilat

Selanjutnya adalah etika berkomunikasi dalam berjualan. Anda sebagai penjual yang memang menginginkan produknya untuk dibeli tentunya harus komunikatif serta memberi respon cepat pada calon pembeli. Media untuk komunikasi bisa apa saja seperti No.Handphone + WhatsApp, pin BB, alamat email, media sosial seperti Twitter atau Instagram, dan sebagainya. Untuk memudahkan, Anda beritahukan terlebih dahulu ke calon pembeli Anda bahwa ada ‘jam kerja’ untuk menghubungi toko online Anda. Beri jangka waktu juga untuk calon pembeli dalam proses booking karena tidak menutup kemungkinan si calon pembeli batal membeli.  

  • Testimoni

Selalu tanyakan testimoni atau pendapat dari para pembeli Anda karena walau terdengar klasik tapi kepuasan pembeli adalah harga mati bagi sang penjual. Hal ini pun dapat menjadi acuan bagi para calon pembeli lain yang memang tertarik dengan produk Anda namun masih ragu-ragu karena beberapa hal.  

  • Aplikasi yang Cocok

Banyaknya situs jual beli online dapat membantu kinerja Anda dalam menjalankan bisnis yang dikelola. Carilah situs jual-beli online yang memang sudah banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia dan dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda. Atau kini Anda pun bisa menjual barang Anda lewat Instagram, cek IG kita ya sis!

  • Media Sosial

Sudah banyak orang yang memakai smartphone dan melakukan aktivitas dunia maya di tiap harinya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan strategi penjualan serta promosi melalui media sosial. Anda pun dapat menyewa buzzer untuk membantu mempromosikan produk Anda dan buzzer tersebut bisa dari kalangan orang yang memiliki pengaruh cukup kuat di media sosial tersebut. Diskon dan bonus juga dapat Anda publikasikan melalui berbagai media sosial yang banyak beredar di negeri ini. Kebetulan pula bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang penduduknya dinilai cukup aktif dalam penggunaan dunia maya. Contohnya adalah keluaran Plimbi yang bernama fitimit.com.

Kesimpulan

Berjualan online memang terkesan susah-susah-gampang namun asalkan Anda telah mempunyai konsep yang jelas seperti jenis produk, strategi penjualan, serta situs jual-beli yang akan Anda pakai, Anda tinggal memantau perkembangan usaha Anda. Bahkan jika bisnis Anda terbilang maju dan agak kewalahan dalam mengatur penjualan seorang diri, Anda dapat merekrut pegawai untuk dipekerjakan pada toko online Anda. Selamat berniaga! [QPE]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel