Lidah buaya, tanaman sejuta umat sejuta fungsi

22 Oct 2015 17:00 3567 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah 7 manfaat lidah buaya yang mungkin belum kita ketahui

Ketika kita mendengar tentang aloe vera yang lebih kita kenal dengan nama tanaman lidah buaya, hal pertama yang mungkin muncul di benak kita adalah tanaman tersebut bagus untuk rambut atau mungkin sebagai obat bagi orang-orang yang terbakar sinar matahari.

Namun ternyata, lidah buaya memiliki khasiat lebih banyak lagi dibandingkan dua khasiat di atas.

Tanaman lidah buaya sudah digunakan sebagai tanaman obat selama ribuan tahun yang sejarahnya dapat ditemukan pada zaman Mesir kuno. Hal ini dapat dilihat dari adanya gambar lidah buaya yang terpahat pada piramid tempat Pharaoh dikuburkan.

Alasan kenapa gambar lidah buaya ada disana mungkin karena tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit. Di sebagian negara, bahkan lidah buaya pernah dikenal dengan nama plant of immortality atau tanaman keabadian.

Dan hingga sekarang, tanaman ini masih dilestarikan untuk kemudian dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Inilah 7 khasiat dari aloe vera atau lidah buaya yang mungkin kita belum hapal.

 

1. Lidah buaya memiliki unsur antioksidan dan antibakteri

Pada lidah buaya, terdapat suatu zat yang bernama polifenol yang pada tubuh manusia, zat tersebut dikonversikan menjadi antioksidan yang sangat kuat. Inilah kenapa banyak orang yang memanfaatkan aloe vera atau lidah buaya sebagai menu tambahan ketika mereka melakukan diet.

Dengan meminum segelas jus lidah buaya, tubuh kita akan memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu memerangi bakteri jahat.

 

2. Jus lidah buaya mengurangi bau mulut

Jika rekan pembaca disini adalah penggemar makan-makanan yang mengandung banyak zat kimia. Pasti Anda sudah tahu bahwa konsekuensi dari memakan makanan tersebut adalah timbulnya flek dan karang gigi pada gigi Anda

Namun jangan khawatir, karena dengan meminum segelas jus lidah buaya, masalah tersebut akan hilang. Karena walaupun rasanya seperti air biasa, sebuah penelitian membuktikan bahwa jus lidah buaya memiliki kemampuan setangguh produk pencuci mulut ternama.

Alasannya, karena pada tanaman lidah buaya terdapat zat antibakteri yang dapat membunuh mutan-mutan Steptococcus dan Candida albicans yang ditemukan pada mulut yang jika tidak dimusnahkan akan menyebabkan tumbuhnya karang gigi dan flek pada gigi.

 

3. Lidah buaya dapat mengurangi luka pada sariawan pada mulut

Jika rekan pembaca disini pernah mengalami sariawan pada mulut, mungkin tahu sendiri bahwa sariawan itu walaupun kecil tapi cukup menyiksa sampai bisa membuat nafsu makan dan mood bekerja hilang.

Dari pada memakan produk, atau obat berbahan kimia untuk mengurangi rasa nyeri, dan menyembuhkan sariawan tersebut, lebih baik tempelkan getah dari tanaman lidah buaya ke sariawan Anda.

Karena menurut penelitian yang ada pada situs perpustakaan obat-obatan nasional milik Amerika Serikat (PubMed.gov), dengan menempelkan getah dari lidah buaya ke lokasi sariawan terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan sariawan tersebut.

 

4. Lidah buaya meringankan luka bakar

FDA (Food and Drug Administration) telah menyetujui dan mendaftarkan lidah buaya sebagai bahan salep pada tahun 1959 lalu.

Walaupun hingga kini orang-orang lebih banyak menggunakan lidah buaya sebagai salep yang fungsinya untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari, mereka mungkin tidak tahu bahwa luka bakar yang dapat disembuhkan juga tidak terbatas pada luka bakar matahari saja.

Dibandingkan obat yang sering kita temui di apotik-apotik, sebuah penelitian telah membuktikan berkali-kali bahwa tanaman lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat 9 hari dibandingkan obat lainnya.

 

5. Lidah buaya meningkatkan efisiensi dari sistem Kardiovaskular

Jika rekan pembaca atau kerabat rekan pembaca ada yang terkena penyakit darah tinggi, lidah buaya dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan alami untuk penyakit tersebut.

Pasalnya, tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah dengan cara mengoksidasi darah. Selain itu tanaman ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena pada tanaman ini terdapat banyak zat kolin.

 

6. Lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah pada kulit

Mengobati Acne atau mengurangi keriput pada wajah adalah salah satu kemampuan dari lidah buaya yang mungkin banyak wanita butuhkan. Selain itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan vitalitas kulit Anda.

Kemudian, karena tanaman lidah buaya memiliki kadar air yang tinggi, tanaman ini juga dapat melembabkan kulit yang kering, sehingga kulit Anda akan terlihat terang dan bercahaya.

 

7. Lidah buaya dapat membantu penyerapan vitamin

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, lidah buaya terbukti dapat membantu tubuh melakukan penyerapan vitamin C dan vitamin B12 lebih cepat.

“Tahu dari mana kalau tubuh itu menyerap vitaminnya lambat? Saya tidak merasakannya lho!”

Kebanyakan makanan sekarang itu sudah secara genetik dimodifikasi dan diubah, sehingga akan menyebabkan malnutrition pada tubuh kita. Buktinya, jika dibandingkan 10 tahun ke belakang, jumlah orang yang mengantri di dokter selalu banyak.

Karena jika tubuh kita lambat dalam menyerap vitamin, maka tubuh kita akan mudah terserang penyakit.

 

Penutup

Itulah 7 fungsi dari lidah buaya atau aloe vera yang menurut penulis sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Apalagi dengan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan obat berbahan kimia namun memiliki kemampuan yang jauh di atasnya, tanaman ini sangat direkomendasikan bagi rekan pembaca yang mengalami berbagai penyakit atau masalah yang sudah disebutkan di atas. [FM]

Tags Kesehatan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel