Snapcart, Aplikasi Pemberi Cashback Pertama di Indonesia

8 Sep 2015 19:00 5227 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Sekarang struk belanjaan bisa dijadikan uang.

Apa yang biasa kita lakukan dengan struk belanjaan dari supermarket atau pasar swalayan?

Kebanyakan orang pasti membuang struk tersebut karena menganggapnya tidak berguna. Ibu-ibu rumah tangga juga biasanya hanya mengoleksi struk tersebut dengan tujuan menghitung pengeluaran belanja bulanan saja.

Namun kali ini hentikan kebiasaan Anda seperti yang sudah disebutkan di atas karena dengan struk belanja dari supermarket, Anda bisa mendapatkan uang cashback yang walaupun jumlahnya kecil, tapi lama-kelamaan akan menjadi banyak juga. Aplikasi pemberi cashback tersebut diberi nama Snapcart.

Snapcart di Indonesia sudah didirikan sejak bulan April 2015 yang lalu, namun baru dapat digunakan oleh para konsumen pada bulan September 2015.

Snapcart adalah aplikasi Android yang fungsinya adalah untuk memberikan cashback bagi para penggunanya dengan cara memotret struk belanjaan dari aplikasi yang dimiliki oleh pengguna aplikasinya untuk kemudian diunggah dan diverifikasi oleh pihak Snapcart.

Namun tidak semua brand dapat diberikan cashback oleh Snapcart. Yang mendapatkan cashback hanya merek-merek tertentu saja yang memang berpartisipasi pada program Snapcart.

Selain pemberian cashback sebagai wujud terima kasih kepada para konsumen yang telah setia menggunakan merek tertentu; Pendiri dari Snapcart, Reynazran Royono, menyatakan bahwa ia mendirikan Snapcart dengan fokus utamanya untuk mengoleksi data perilaku konsumen dalam berbelanja.

Teknologi yang digunakan Snapcart untuk mengoleksi dan menganalisis data tersebut dinamakan Big Data Analytics (Analisis Data Besar).

 

Fitur Snapcart

Untuk mendukung kenyamanan para penggunanya, Snapcart menyediakan dua fitur eksklusif seperti yang ada di bawah ini.

1. Fitur Bonus

Fitur bonus disini bisa didapatkan oleh pengguna yang dengan aktif mengunggah struk belanjaannya. Selain mendapatkan cashback pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus hingga jutaan rupiah.

2. Cashback transparan, jelas dan gratis

Cashback yang pengguna dapatkan sudah tertera pada aplikasinya sejak awal. Tapi hal ini bergantung pada produk yang dipromosikan, karena produk yang ada dapat berbeda dari hari ke hari, atau dengan kata lain memiliki waktu dan kuota terbatas.

 

Cara Kerja Snapcart

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para konsumen yang juga pengguna Snapcart untuk mendapatkan cashback dari barang yang dipromosikan di Snapcart.

1. Untuk memastikan barang yang ingin Anda beli sedang dalam masa promosi cashback. Cek terlebih dahulu Snapcart dan temukan barang yang ingin Anda beli. Jika barang tersebut ada di list Snapcart, cek berapa cashback yang akan didapatkan dari promosi tersebut.

2. Setelah itu, berbelanjalah barang-barang yang kebetulan sedang Anda butuhkan dan memiliki promosi cashback di Snapcart.

3. Setelah selesai berbelanja, jangan lupa untuk meminta struk belanjaan dari kasir ketika melakukan proses pembayaran.

4. Foto struk belanjaan Anda dengan menggunakan fitur ‘Snap’ yang terdapat pada aplikasi Snapcart. (letak ikon ‘Snap’ ada di kanan bawah layar smartphone Anda). Pastikan foto yang Anda ambil terlihat sangat jelas dan mengandun informasi dari toko, barang yang dibeli, hingga total harga dari belanjaan. Jika Struk belanjaan Panjang, maka unggahlah dalam beberapa foto.

5. Setelah struk belanjaan selesai difoto dan tersimpan di database Snapcart, Cashback akan Anda dapatkan setelah struk belanjaan Anda divalidasi atau diverifikasi oleh pihak Snapcart dalam kurun waktu maksimal 7 (tujuh) hari kerja.

Saldo yang didapatkan setelah struk Anda tervalidasi hanya dapat dicairkan setelah memenuhi minimum saldo yang ditetapkan Snapcart yaitu sebesar 52.500 rupiah.

 

Apa keuntungan yang didapatkan pihak Snapcart dan konsumen dari bisnis ini?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Snapcart mendapatkan keuntungan dengan mengoleksi data dan tingkah laku konsumen dengan menggunakan teknologi Big Data Anayltics.

Lalu apa keuntungan yang didapatkan oleh pihak Konsumen?

Sebagai pengganti data yang dikoleksi oleh pihak Snapcart, konsumen mendapatkan uang berupa cashback dari produk-produk yang sedang berpartisipasi pada program promosi Snapcart.

Dengan kata lain, bisnis ini adalah bisnis “win-win solution” bagi kedua belah pihak. Bagi Anda yang berminat untuk mencoba aplikasi Snapcart, Anda dapat mengunduhnya di Google Play dengan mengklik tautan berikut ini. Link Download Snapcart [FM]

 

 

 

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel