7 Produk Unik dari Nokia yang Jarang DIketahui Orang

8 Sep 2015 08:37 9894 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia memiliki tujuh gadget yang jarang diketahui publik

Saya ingat betul ketika Nokia masih menjadi pemimpin di pasar ponsel, banyak orang menggunakan Nokia. Produk yang dipakai pun beragam. Mulai dari 3310 sampai produk Nokia kelas atas. Saat itu, memakai produk Nokia menjadi sebuah kebanggaan.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, Nokia meredup. Prduknya gagal di pasaran sehingga divisi mobile milikinya dibeli oleh Microsoft. Padahal Nokia cukup lama memimpin pasar ponsel, apalagi pasar ponsel di Indonesia. 

Kegagalan Nokia ini boleh jadi lantaran Nokia kurang bagus dalam hal  strategi marketing ataupun promosinya. Bahkan, ada sekitar 7 produk dari Nokia yang menurut saya cukup bagus tapi kurang promosi bahkan beberapa tidak tahu Nokia sempat mengeluarkan produk tersebut. 

Beberapa produk yang dimaksud berikut. 

 

1. Nokia 7600

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Saya masih ingat, dulu Nokia sempat mengeluarkan ponsel  bernama Nokia 7600. Ponsel ini memiliki bentuk ketupam dengan layar di tengah dan tombol numerik pada bagian samping kiri dan kanan. 

Tidak ada yang salah dengan produk tersebut. Secara bentuk cukup bagus dan menawarkan pengalaman menggunakan ponsel yang berbeda saat itu. Sayangnya, produk yang mendukung UMTS dan GMS tersebut jarang diketahui banyak orang. 

 

2. Nokia 7280 

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Pernah dengan produk ponsel Nokia berbentuk seperti lipstick? Jika tidak, saya perkenalkan Nokia 7280. Ponsel dengan dimensi i 115 x 32 x 19 mm dan berat 84 gram ini memiliki bentuk  seperti lipstick dengan layar 208 x 104 piksel. 

Ponsel ini dihadirkan Nokia untuk mereka yang membutuhkan ponsel dengan bentuk mungil dan mudah dibawa kemana-mana. Sayangnya, konsep produk yang cukup bagus ini tidak dibarengi dengan strategi promosi yang baik. 


3. . Nokia N92 

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Ada masa saat ponsel yang mendukung televisi cukup laku di pasaran. Saat itulah, banyak produk dari vendor Tiongkok dan lokal menghadirkan produk semacam ini. 

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa Nokia juga punya ponsel yang mendukung televisi. Ponsel itu adalah Nokia N92 yang memiliki layar 2,8 inci. Ponsel dengan Symbian OS ini dikeluarkan tahun 2005 dengan dukungan kamera 2MP yang saat itu menjadi sesuatu yang cukup mewah. 


4. Nokia 6800

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Nokia pernah melahirkan produk “hybrid” keypad  yang memungkinkan Anda memilih menggunakan keypad standar dan keybpad QWERT. Produk yang dimaksud adalah Nokia 6800. 

Produk ini menggunakan sistem keypad yang bisa diangkat dan berubah mode menjadi ponsel dengan mode keypad QWERTY. 

Kegunaannya agar pemakainya bisa memilih mengetik menggunakan keypad stadar untuk pesan cepat dan keypad QWERTY untuk berbagai keperluan lain. Tapi tampaknya produk ini kurang menarik perhatian dan mudah dilupkan orang. 


5 Nokia Remade 

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Nokia Remade adalah ponsel filip dengan bentuk dan desain menawan. Penamaan “remade” mengacu pada konsep ponsel ini yang dibangun berdasarkan bahan material daur ulang. 

Ponsel ini jarang dikenal publik, termasuk di Indonesia. Ponsel ini diperkenalkan pada sebuah pameran di Barcelona 12 Februari 2008. Setelah itu, banyak orang mulai melupakan mungkin juga karena Nokia tidak membuatnyan untuk publik. 


6. Nokia Medallion 

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Jauh sebelum era jam tangan pintar, Nokia sempat menghadirkan gadget canggih yang dinamakan Nokia Medallion.  Ini adalah konsep wearable device dari Nokia yang bisa digunakan pada pergelangan tangan maupun leher. 

Kemampuannya gadget ini adalah menampilkan layar yang sama dengan ponsel Nokia lainnya.  Sayangnya, produk ini jarang diketahui produk. Padahal, bisa saja konsep wearable device yang popular sekarang terlebih dulu dikenalkan Nokia lewat Nokia Medallion ini. 


7. Nokia Booklet 3G 

7 Produk Nokia Unik yang Terlupakan

Kalau ada yang bilang, kegagalan Nokia adalah lantaran tidak mengikuti trend produk yang ada, maka menurut saya jawaban tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Nokia sebenarnya sudah menghadirkan produk yang mengikuti tren. Hanya saja kurang berterima di publik. Ini juga dilandasi dengan kurangnya promosi dari Nokia. 

Contoh  ketika netbook banyak dicari, Nokia bermain di ranah netbook lewat produk Nokia, Booklet 3G. Nokia Booklet 3G ini hadir dengna konsep desain yang futuristik dan cukup menawan. Sayangnya, produk ini kurang berjaya dan kurang menarik


Nah, itulah tujuh produk Nokia yang mungkin dilupakan atau bahkan jarang diketahui orang. Padahal ketujun produk tersebut menurut saya cukup bagus dan menawarkan hal-hal unik. Sayangnnya, tidak optimalnya strategi promosi membuat produk tersebut “dilupakan”.

Sumber IBNLive

Tags Nokia

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel