Penurunan Penjualan PS3 dan Xbox 360 dikerenakan Kenaikan Penjualan PS4 dan Xbox One

14 Aug 2015 13:00 4009 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Playstation 3 dan Xbox 360 akan hengkang dari industri game, apa alasannya?

Siapa disini penggemar Playstation 3 atau Xbox 360?

Bagi kalian penggemar konsol ini, ada berita buruk yang mungkin sebagian dari kita sudah memprediksinya. Berita ini mengenai kepergian Playstation 3 dan Xbox 360 dari industri game.

Menurut data yang dilansir oleh Industry Tracker bernama NPD Group, fluktuasi terjadi setelah lebih dari satu tahun enam bulan dengan kedatangan perangkat-perangkat baru dari Microsoft dan Sony.

Terlihat dari bulan Juli 2015, industri game di Amerika mengalami peningkatan sebesar 6% dari hasil penjualan perangkat keras, perangkat lunak dan aksesoris gaming. Namun, penurunan yang cukup drastis terjadi pada penjualan konsol Playstation 3 dan Xbox 360.

Penurunan yang terjadi pada kedua penjualan konsol itu adalah sebesar 56%.

Penurunan yang sudah terjadi berbulan-bulan tersebut mengakibatkan penjualan konsol secara keseluruhan turun sampai dua digit dalam bentuk persentase. Untungnya, penjualan Xbox One dan Playstation 4 sudah mulai menutupi penurunan itu.

Sebenarnya, akhir dari Xbox 360 dan Playstation 3 itu sudah lama terjadi, Ditandai dengan Microsoft yang mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan terhadap konsol ini tahun depan. Kemudian Sony juga sudah terindikasi akan mengikuti langkah Microsoft.

Para developer game juga sudah mulai meninggalkan kedua konsol tersebut dan mulai beradaptasi dengan konsol-konsol terbaru yang muncul.

Contohnya adalah EA yang membuat game Star Wars Battlefront yang hanya akan tersedia untuk konsol Xbox One, Playstation 4 dan PC.

Sejak diperkenalkannya perangkat konsol game baru dari Microsoft dan Sony pada bulan November 2013, industri perdagangan game sudah mulai terlihat kesulitan untuk menstabilkan penjualannya bersamaan dengan proses transisinya dari konsol lama ke konsol baru.

Akibatnya, walau penjualan konsol-konsol baru sangat laku di pasaran, tidak begitu dengan penjualan perangkat lunaknya yang mengalami fluktuasi atau penurunan.

Secara keseluruhan, alasan dari penjualan game yang cenderung turun adalah akibat dari para pembuat game yang menunggu para konsumen untuk mengganti konsol lamanya ke konsol yang baru.

Namun, sekarang sepertinya sudah berbeda; dari data penjualan bulan lalu, NPD menyatakan bahwa penjualan perangkat lunak untuk Xbox One dan PS4 meningkat sebesar 63% dibandingkan dengan tahun lalu.

Penjualan dvd game secara keseluruhan tetap datar di posisi $184.4 juta karena kurangnya game-game baru di pertengahan musim panas, dimana pada umumnya adalah hari libur bagi kebanyakan orang.

Produser game terlaris bulan ini adalah Warner Bros dengan gamenya bernama LEGO Jurassic World dan disusul di urutan kedua Batman: Arkham Knight. Lalu di posisi ketiga adalah game Minecraft dari Microsoft.

Walaupun penjualan konsol game pada bulan juli hanya meningkat 2% saja jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu, kombinasi penjualan antara Xbox One dengan Playstation 4 lebih besar 50% dibandingkan dengan kombinasi penjualan antara Xbox 360 dengan Playstation 3.

Sony cukup puas dengan hasil tersebut. Salah satunya berkat adanya paket spesial penjualan Playstation 4 dengan Batman: Arkham Knight.

Perusahaan ini berharap sistem penjualan seperti ini akan tetap laku di musim gugur nanti. Karena Sony sudah mempersiapkan paket spesial lainnya, yaitu Playstation 4 yang dijual satu paket dengan game Destiny yang diproduksi oleh Activision Blizzard.

Sedangkan untuk Microsoft, mereka menyatakan bahwa Penjualan Xbox One milik mereka naik 44% dibandingkan tahun lalu, tapi masih tetap berada di belakang Sony.

Namun, Microsoft telah mempersiapkan strategi miliknya sendiri yaitu dengan menignkatkan kinerja perangkat kerasnya di bulan Oktober nanti.

Berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan selama beberapa bulan ke belakang, Penjualan game di Internet menjanjikan masa depan yang baik bagi industri game. Pengamatan ini dilakukan oleh SuperData Research.

Mereka mengatakan bahwa penjualan game dan add-on untuk game meningkat 12% di bulan Juli 2015 yang penjualannya mencapai 1.03 milyar dollar tahun demi tahun.

Menurut CEO dari SuperData Research yaitu, Joost Van Dreunen, “Pertumbuhan terbesar yang ada pada bulan Juli ini adalah Penjualan untuk Ponsel dan PC, yang jika dikombinasikan bisa mencapai 60% dari total penjualan game digital”. [FM]

 

via Cnet

 

 

Tags Games

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel