Sekilas Fakta tentang Pantai Sadranan

19 Jun 2015 14:09 12599 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada beberapa fakta tentang pantai Sadranan yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah asal nama Sadranan itu sendiri.

Yogyakarta memang selalu memiliki destinasi wisata yang menyenangkan. Mulai dari candi, wisata kuliner, museum-museum, sampai pada pantai-pantainya. Salah satu pantai yang letaknya cukup tersembunyi tetapi kaya akan keindahan alamnya adalah pantai Sadranan.  

Pantai ini sempat mengalami bencana, yakni tebingnya yang runtuh pada Rabu, 17 Juni 2015. Kejadian ini menimbulkan setidaknya ada 6 korban, 2 orang selamat dan 4 orang lainnya meninggal, seperti yang dikutip dari Liputan6.com (18 Juni 2015). Nah, kali in Plimbi tidak akan membahas tentang kejadian tersebut. Yang akan dibahas Plimbi adalah tentang hal-hal atau fakta yang berkaitan dengan pantai Sadranan.  

Pantai Sadranan yang terletak di kabupaten Gunung Kidul ini merupakan salah satu pantai di wilayah Yogya yang tidak kalah menarik dan indah dari pantai-pantai lainnya. Walau akses menuju pantai Sadranan cukup sulit untuk ditempuh terlebih bagi wisatawan yang abru pertama kali memasuki wilayah pantai Sadranan. Berikut uraian tentang beberapa fakta yang ada di pantai Sadranan.

 

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Yogya yang tepatnya terletak di Dusun Pulegundes II di Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai dengan pemandangan indah ini ternyata diapit oleh tiga pantai lainnya yaitu pantai Slili, pantai Krakal, dan pantai Ngandong. Posisi ini tentunya akan membuat pengunjung merasa senang karena bisa juga mengunjungi pantai-pantai lainnya. Lokasi pantai Sadranan memang cukup tersembunyi, untuk bisa sampai ke sana, pengunjung bisa mengambil jalan yang melewati pantai Krakal. Setelah itu ambilah arah timur dan terus jalan sampai menemukan petunjuk untuk menuju pantai Sadranan.

 

Sejarah Nama dari Pantai Sadranan

Seperti beberapa tempat lainnya di Indonesia, umumnya nama yang diberikan pada sebuah lokasi memiliki sejarahnya tersendiri. Begitu juga dengan pantai Sadranan. Nama “Sadranan” yang terkenal sampai sekarang berasal dari kata “Nyadran”. Nyadran merupakan sebuah ritual sedekah laut. Ritual ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat sekitar kepada Sang Maha Pencipta. Pantai sadranan bukan hanya sekadar pantai untuk tempat mencari nafkah bagia masyarakat sekitar, tetapi juga menjadi salah satu sarana untuk kegiatan religi.

Sekilas Fakta tentang Pantai Sadranan

 

Keindahan Alam

Walau letaknya cukup tersembunyi, akan tetapi masalah keindahan alam tidak kalah dari tempat lainnya. Pantai Sadranan termasuk pantai yang kaya akan pemandangan alam yang indah. Air lautnya jernih dan dipenuhi dengan karang-karang di dalamnya, pantai pasirnya putih, ombaknya cukup besar, suasana senja saat matahari terbenam yang sangat menawan. Keindahan alam pantai Sadranan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta foto pemandangan. Selain itu, cukup banyak juga yang menjadikan lokasi pantai ini sebagai lokasi foto pre wedding.

 

Snorkeling

Snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorit di pantai ini. Jernihnya air serta pemandangan bawah laut yang eksotis membuat pantai ini terkenal juga dengan snorkelingnya. Tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling sendiri karena di pantai Sadranan sendiri sudah tersedia jasa penyewaan alat-alat snorkeling serta pemandunya. Ada beberpa lokasi snorkeling yang bisa dipilih, dua di antaranya adalah di Watu pecah dan Kali Senggoro. Hanya saja, pada saat melakukan snorkeling tetap harus berhati-hati karena memang ombak di pantai Sadranan ini cukup besar. Waktu yang paling baik untuk melakukan aktivitas snorkeling ini adalah pada saat air laut surut yaitu sore atau pagi hari.

 

Melakukan Kegiatan Kemping

Anda penyuka kegiatan kemping? Pantai Sadranan bisa menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk melakukan kegiatan kemping. Salah satu kegiatan kemping yang bisa dilakukan adalah menyalakan api unggun. Bila ternyata Anda lupa atau tidak membawa keperluan kemping sepert tenda, tidak perlu merasa khawatir karena di pantai Sadranan sendiri tersedia jasa penyewaan tenda dengan karpetnya yang cukup untuk 4 orang. Para pecinta kemping akan bisa merasakan indahnya matahari terbenam dan serta suasana pagi hari yang indah di pantai ini.

 

Tersedianya Fasilitas Outbond

Bagi yang datang berkunjung untuk kegiatan outbond, pantai Sadranan bisa memenuhi keperluan outbond Anda dan rombongan. Ada beberapa fasilitas outbond yang bisa dimanfaatkan di area pantai Sadranan ini. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alam pantai Sadranan yang eksotis serta melakukan snorkeling untuk melihat indahnya alam bawah laut Sadranan, Anda juga bisa merasakan serunya outbond di dekat pantai.

 

Tebing Karang Sadranan

Salah satu daya tarik dari pantai sadranan adalah sebuah tebing karang atau terlihat juga seperti pulau karang yang terletak agak ke tengah dari pantai. Jika dilihat dari posisi yang agak jauh, tebing karang tersebut terlihat sangat indah. Bagian bawahnya terlihat hitam karena memang merupakan sebuah karang sedangkan bagian atasnya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan hijau.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa fakta dari pantai Sadranan yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Yogya. Semoga apa yang dibahas dalam artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. [DIA]

Tags Wisata

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel