Keunggulan OS MiUI Dibandingkan UI OS Android Lainnya

11 Jun 2015 12:15 24133 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini dia berbagai kelebihan yang ditawarkan OS MiUI dibandingkan dengan sistem operasi berbasis Android lainnya

Keunggulan OS MiUI-MiUI, sebuah sistem operasi yang dikostumisasi dari Android. Disebut dengan custom ROM, sistem operasi kostumisasi tersebut dimulai oleh seorang developer bernama, Steve Kondik, yang telah berhasil menemukan celah security, memungkinkan ia merubah tampilan dan kinerja di dalam OS Android. Temuan developer tersebut sekarang kita kenal dengan nama CyanogenMod. Cerita tersebut merupakan inspirasi MiUI, yang dijalankan pada semua perangkat buatan Xiaomi, juga perangkat Android lainnya. Lantas, apa saja yang menjadi OS MiUI begitu menarik dibanding OS Android lainnya? Simak ulasan di bawah ini!

 

Pilihan Kostumisasi yang Kompleks

Dibanding OS Android lainnya, OS MiUI memiliki tampilan yang unik, dimana Anda dapat merasakan pengalaman layaknya menggunakan perangkat iPhone. Dibalik tampilan menawan tersebut, tersimpan pilihan kostumisasi yang begitu kompleks. Hanya dengan login MiUI Account Anda, maka Anda dapat memilih dan menggunakan ratusan theme buatan banyak developer, baik itu gratis maupun berbayar. Tidak itu saja, dimana Anda pun dapat melakukan mix and match sendiri sehingga tampilan keseluruhan sesuai keinginan Anda, seperti mengubah lock screen dari theme lain, icons, ringtone, font, notification, status bar bahkan favorites tray.

 

Rich Music Player

Kesan tersendiri pun akan Anda dapatkan saat menggunakan smartphone bersistem operasi MiUI untuk mendengarkan musik. Dibanding musik player biasa, pemutar musik pada MiUI memiliki banyak fitur menarik, diantaranya adalah opt to automatically download album art, shake-to-skip, listen to radio, checkout, automatically view synced lyrics dan mendapatkan rekomendasi musik terbaik dari tangga lagu Billboard 100.  Tidak itu saja, karena Anda pun dapat mengatur musik yang ingin Anda dengarkan melalui lock screen music control, serta mengatur berapa lama Anda ingin mendengarkan musik pada pengaturan yang ada pada MiUI 6.

 

MiCloud

Android memiliki Google Drive, Apple memiliki iCloud, dan Xiaomi hadir dengan layanan cloud bernama MiCloud. Layanan ini dibuat oleh Xiaomi dengan tujuan untuk melayani para pengguna yang bertempat tinggal di negara yang tidak terjamah oleh layanan Google. Hanya dengan sign-in akun MiUi, maka Anda dapat sinkronisasi kontak, pesan, photo, bookmark browser, calendar, phone log, recorder notes sampai wi-fi setting melalui MiCloud. Sama seperti iOS dan Android standar, MiCloud pun hadir dengan fitur Find Device yang dapat dimanfaatkan saat Anda kehilangan perangkat.

Keunggulan OS MiUI Dibandingkan UI OS Android Lainnya

Identify Unknown Callers, Blacklist & Data Statistics.

Fitur Identify Unknown Callers sangatlah berguna saat Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak diketahui. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengakses phone app, kemudian masuk ke Settings, dilanjutkan dengan Call Guard, pilih Identify Unknown Callers Smartly, dan klik enable service. Sementara itu, jika Anda tidak ingin menerima panggilan SMS dan telepon dari nomor tertentu, Anda dapat mengaktifkan fitur blacklist yang juga terdapat pada OS ini. Yang tidak kalah menjadikan MiUI begitu menarik yaitu adanya notifikasi mengenai penggunaan data pada smartphone yang telah melebihi data limit. Dengan demikian, Anda dapat mengatur penggunaan akses data melalui fitur ini.

 

Security & Permission Manager

Di dunia ini, tidak ada yang benar-benar aman, termasuk gadget. Oleh karena itu, MiUi menciptakan serangkaian fitur security untuk Anda, seperti Firewall, Spam Filter dan AntiVirus Built In. hal tersebut dapat dipakai untuk mematikan akses internet pada aplikasi yang tidak diinginkan dan menolak spam yang akan masuk ke dalam perangkat Anda. Kemudian, ada pula fitur Permission Manager yang memungkinkan anda untuk melihat detil permission yang digunakan pada aplikasi terinstall dalam gagdet. Jika dirasa Anda menemukan ada sesuatu yang aneh, maka Anda dapat langsung menghapus aplikasi tersebut.

 

Kesimpulan

Selain fitur diatas, ada banyak sekali fitur yang membuat OS MiUI begitu menarik. Selain kini MiUI dapat dirasakan oleh seluruh pengguna, dimana smartphone besutan Xiaomi telah dijual ke publik dengan harga murah, MiUI pun terus melakukan perbaikan dan mengerti permasalahan penggunannya, dimana para pemakai MiUI dapat berpartisipasi secara langsung melalui forum MiUI. Sementara itu, sistem operasi MiUI terakhir adalah versi 6, dapat ditemukan pada perangkat Xiaomi Redmi 2, Note, MiPad dan Mi4i. Sepertinya, menarik sekali bukan jika gadget Anda menjalankan OS satu ini? [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel