Mengenal berbagai jenis pesawat pengebom

17 Jan 2014 11:25 3205 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berbicara mengenai pesawat pengebom tentunya sangat berkaitan erat dengan dunia teknologi kemiliteran dan perang. Pastinya ini bukanlah pesawat konvensional untuk warga sipil, melainkan khusus untuk militer. Lalu berapa dan apa saja jenis pesawat pengembom itu?

  • Introduction

Pesawat pengebom dalam bahasa Inggris disebut bomber. Ini merupakan pesawat Militer (military aircraft) yang sengaja dirancang khusus untuk menyerang sasaran-sasaran di darat maupun laut dengan cara menjatuhkan bom, menembakan torpedo, roket, atau bahkan teknologi yang terbaru adalah meluncurkan rudal jelajah. Ada sekitar 4 jenis pesawat pengebom konvensional yang dibedakan dari kegunaan spesifiknya. Awal penggunaan pesawat pengebom dilakukan pada masa perang dunia I. Saat itu hanya pesawat dijalankan seorang pilot dan sang pilot menjatuhkan bom sederhana  ke bawah. Awal abad 20 tersebut, Zeppelin milik Jerman menjadi salah satu pesawat pengebom yang cukup handal.  Sedangkan pada masa perang dunia II, pesawat pengebom banyak mendapat perubahan dan spesialisasi, diantaranya adalah pesawat pengebom tukik, pesawat pengebom torpedo, pesawat pengebom ringan, sedang, dan berat serta pesawat pengebom khusus untuk melakukan serangan darat jarak dekat maupun serangan laut jarak jauh.

Pada masa kini, banyak orang yang mulai bingung membedakan pesawat tempur dan pesawat pengebom. Banyak negara yang memiliki pesawat perang yang secara umum bentuknya merupakan pesawat tempur, namun ternyata juga sudah dioptimalkan untuk misi pengeboman. Bahkan beberapa pesawat sama sekali tidak memiliki kemampuan tempur udara. Atau banyak pula pesawat tempur yang memang khusus dirancang untuk pertarungan di udara, seperti F-16 dari Amerika Serikat. Namun setidaknya ada ciri khusus pesawat pengebom asli, yakni pesawat pengebom yang dirancang untuk mampu terbang jarak jauh memasuki wilayah musuh. Sedangkan untuk pesawat tempur pengebom serta pesawat tempur serang hanya memiliki kemampuan terbatas pada misi-misi disekitar medan perang saja. Tentu ada banyak sekali daftar pesawat pengebom, namun beberapa yang terkenal adalah seri Tupolev, Yakovlev, dan Sukhoi milik Uni Soviet, kemudian seri Republic, Rockwell, Northrop, North American, McDonnell, milik Amerika Serikat dan masih banyak lagi yang lain.

Nah, berikut ini adalah 4 jenis pesawat pengebom berdasarkan fungsi spesifiknya:      

  • Pesawat pengebom strategis

Pesawat pengebom jenis ini mungkin menjadi momok yang sangat menakutkan. Hal ini karena pesawat pengebom strategis sengaja dirancang untuk misi serangan jarak jauh tiba-tiba. Umumnya pesawat ini menargetkan target yang lebih strategis seperti markas persediaan senjata, markas militer, jembatan, pabrik, serta pelabuhan guna mengurangi kemampuan berperang musuh. Selain untuk misi strategis, pesawat pengebom strategis dapat digunakan untuk misi taktis. Amerika Serikat, Rusia, Cina, dan Korea Utara masih menggunakan pesawat jenis ini.

  • Pesawat serang darat

Kedua adalah pesawat serang darat atau disebut pesawat serbu dan dalam bahasa Inggris disebut ground attack aircraft. Kemampuannya sangat diandalkan saat terjadi perang. Pesawat serbu dirancang guna memberikan dukungan langsung kepada pasukan berjalan darat maupun pasukan dengan kendaraan infanteri seperti tank, maupun kendaraan tempur militer lainnya. Untuk itulah pesawat ini lebih difungsikan kepada serangan taktis daripada strategis. Pilot harus memiliki nyali besar karena penempatan pesawat ini berada di garis depan pertempuran, bukan lagi di belakang garis pertahanan lawan. Beberapa pesawat serbu terkenal adalah Sukhoi Su, McDonnell Douglas AV-8B, Panavia Tornado IDS dan lain-lain. Jika pada film-film, pesawat ini sering terlihat berputar-putar diatas medan perang sambil menyerang.

 

Baca juga :

               Replika Pesawat Anglo Indonesian Aircraft Models Mendunia

               Sering Kena Macet? 4 Hal Berikut ini Dapat Dilakukan Ketika Terjebak Kemacetan

 

  • Pesawat pengebom taktis

Kedua pesawat diatas sering muncul pada video game simulasi perang. Begitu juga dengan pesawat pengebom taktis yang hampir mirip fungsinya seperti pesawat serbu yakni untuk pemboman udara ditujukan pada target militer langsung, baik itu pasukan musuh, instalasi militer maupun peralatan. Biasanya pesawat yang ditugaskan untuk misi ini adalah pesawat yang lebih kecil.

  • Pesawat tempur bomber

Pesawat jenis ini lebih serba guna dan tidak memiliki fungsi spesifik. Bahkan merupakan gabungan dengan pesawat serbu. Pesawat tempur bomber biasanya dipersenjatai untuk melakukan serangan udara ke udara atau bisa juga udara ke darat. Selain itu, dimasa modern, pesawat jenis ini dirancang untuk segera melakukan pertempuran udara setelah menjatuhkan bom pada area musuh. Memungkinkan militer untuk lebih hemat daripada harus mengeluarkan banyak jenis pesawat.

Ada seorang tokoh yang menjadi perintis penggunaan pesawat pengebom, yakni Giulio Gavotti dari Italia. Ia orang pertama yang menjatihkan bom dari udara pada masa perang Italia dengan Libya.

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel