Cara Kerja GPS (Global Positioning System) Pada Ponsel

20 Dec 2012 13:30 18464 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Zaman sekarang sudah banyak perangkat-perangkat mobile yang menggunakan teknologi GPS sebagai fitur tambahannya. Perangkat yang paling umum terdapat fitur GPS nya adalah perangkat smartphone dan tablet. Pernahkah terbersit di benak Anda bagaimanakah **cara kerja GPS** ? dan apakah terdapat perbedaan cara kerja dari perangkat yang ditujukan khusus untuk GPS dengan perangkat smartphone atau tablet yang memiliki fitur GPS?

Zaman sekarang sudah banyak perangkat-perangkat mobile yang menggunakan teknologi GPS sebagai fitur tambahannya. Perangkat yang paling umum terdapat fitur GPS nya adalah perangkat smartphone dan tablet. Pernahkah terbersit di benak Anda bagaimanakah cara kerja GPS ? dan apakah terdapat perbedaan cara kerja dari perangkat yang ditujukan khusus untuk GPS dengan perangkat smartphone atau tablet yang memiliki fitur GPS?

 

GPS atau yang merupakan singkatan dari Global Positioning System adalah sebuah sistem yang berguna untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (Synchronization) dengan sinyal satelit. Sistem ini menggunakan perangkat satelit sejumlah 24 perangkat (jumlah pastinya berjumlah 27 perangkat satelit dengan 3 perangkat sebagai cadangan saat perangkat satelit yang lain tidak dapat berfungsi dengan baik) yang mengirimkan sinyal mikro ke bumi. Kemudian sinyal mikro tersebut ditangkap dan diterima oleh perangkat GPS yang ada di bumi dan data yang ditangkap tersebut diolah untuk mendapatkan informasi lokasi, kecepatan, arah dan waktu.

 

Cara kerja Global Positioning System pada ponsel memiliki cara kerja yang hampir sama dengan cara kerja bagaimana ponsel terhubung dengan operator yang Anda gunakan. Sebuah ponsel memiliki kemampuan untuk berkomunikasi 2 arah dengan BTS. BTS merupakan kepanjangan dari Base Transceiver Station yang merupakan sebuah elemen paling luar yang langsung berhubungan dengan semua ponsel yang menggunakan operator telekomunikasi yang bersangkutan. BTS identik dengan menara-menara tinggi yang dapat menghasilkan sinyal radio yang kemudian ditangkap oleh ponsel Anda.

 

Saat anda melakukan perjalanan dari suatu tempaat ke tempat lain, maka secara tidak sadar ponsel Anda menangkap sinyal dari BTS-BTS yang berbeda namun masih dalam 1 operator telekomunikasi. Dan ruang lingkup suatu BTS tidak terlalu jauh sehingga agar suatu operator telekomuniasi memiliki sinyal yang baik di semua tempat, maka operator telekomunikasi tersebut harus memiliki banyak menara-menara BTS. Sehingga biasanya operator telekomunikasi dapat mengetahui keberadaan Anda secara presisi dari letak menara BTS yang sinyalnya ditangkap oleh ponsel Anda.

 

Sama halnya dengan kerja GPS, untuk mendapatkan lokasi keberadaan Anda dengan tepat, maka perangkat ponsel yang memiliki fitur GPS harus memiliki minimal 3 perangkat satelit yang tepat berada di atas lokasi Anda berdiri. 3 perangkat tersebut akan membuat lokasi Anda menjadi semakin tepat sehingga tidak ada miskalkulasi lokasi dari sinyal yang diberikan oleh satelit tersebut. Setelah ponsel Anda menangkap sinyal GPS yang diberikan oleh 3 satelit tersebut, perangkat lunak yang ada di aplikasi GPS tersebut akan mengolah data yang diterima dan kemudian ditampilkan dalam bentuk yang dimengerti oleh manusia seperti dalam bentuk koordinat bumi . Bahkan saat ini sudah dibuat lebih mudah dengan media gambar. Sehingga Anda sudah bisa melihat dengan lebih mudah dibandingkan dengan informasi berupa derajat koordinat bumi yang susah untuk dipahami.

 

Sinyal-sinyal yang diberikan perangkat satelit ke perangkat GPS Anda bisa terganggu dengan adanya hambatan seperti cuaca, adanya menara-menara yang mengeluarkan sinyal radio lain, bentuk geografi yang tidak rata seperti gunung, ruang tertutup seperti di dalam lift dan gedung-gedung tinggi.

 

Selain fitur GPS pada perangkat smartphone atau tablet, ada juga fitur lain yaitu A-GPS. A-GPS merupakan sebuah singkatan dari Assisted Global Positioning System. Perbedaan dengan GPS biasa adalah A-GPS menggunakan bantuan operator telekomunikasi yang Anda gunakan untuk mempercepat pembacaan lokasi dimana Anda berada. Kekurangan dari fitur GPS yang disematkan di smartphone adalah Chip atau perangkat yang bekerja menangkap sinyal GPS dari satelit tidak terlalu peka. Sehingga untuk menangkap sinyal informasi yang dikirimkan oleh satelit membutuhkan waktu yang agak sedikit lama.

 

Di dalam fitur A-GPS, operator yang Anda gunakan membantu menambahkan informasi yang kurang sehingga waktu untuk menentukan lokasi Anda berada menjadi lebih cepat. Menara BTS yang mengeluarkan sinyal memiliki fitur GPS juga yang dapat menentukan lokasi Anda dengan tepat. Namun, kekurangan dari A-GPS ini adalah untuk menggunakan fitur ini Anda akan dikenai biaya tambahan untuk aksesnya. Namun fitur A-GPS ini dapat Anda nonaktifkan sehingga Anda hanya akan menerima informasi dari satelit. Tapi dengan menonaktifkan fitur ini, Anda akan membutuhkan waktu yang sedikit agak lama untuk menentukan lokasi Anda.

 

Demikian informasi singkat yang Plimbi dapat berikan, semoga dapat berguna untuk memaksimalkan performa dari perangkat smartphone Anda. Dan jangan lupa untuk mematikan ftur GPS perangkat smartphone atau tablet Anda saat tidak digunakan untuk menghemat baterai. Semoga bermanfaat. [RND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel