Kemampuan Dasar Yang Perlu Dimiliki Seseorang Dalam Mengikuti Perkembangan Teknologi

19 Dec 2012 11:00 2954 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika ditilik dengan cermat, dalam dunia sekarang ini perkembangan teknologi tidak hanya digunakan oleh orang yang ahli. Ketika seseorang mungkin dapat mengutak-atik perangkat Androidnya atau merakit komputer sendiri, kebanyakan dari kita adalah orang biasa yang menggunakan teknologi seperlunya. Tidak seperti dulu, sekarang ini komputer bisa dioperasikan oleh hampir semua orang.

Jika ditilik dengan cermat, dalam dunia sekarang ini perkembangan teknologi tidak hanya digunakan oleh orang yang ahli. Ketika seseorang mungkin dapat mengutak-atik perangkat Androidnya atau merakit komputer sendiri, kebanyakan dari kita adalah orang biasa yang menggunakan teknologi seperlunya. Tidak seperti dulu, pengguna komputer adalah orang yang ahli dalam dunia perkomputeran. Sekarang ini, komputer bisa dioperasikan oleh hampir semua orang.

Jika Anda adalah orang yang mengetahui dengan baik berbagai macam perangkat teknologi dan mengikuti perkembangannya, Anda mungkin akan mudah menjalankan perangkat-perangkat yang ada. Namun, Anda juga perlu memiliki kemampuan dasar yang penting di kemudian hari. Plimbi akan menampilkan kemampuan dasar apa saja yang perlu dimiliki untuk mengikuti perkembangan teknologi, dalam rangka memastikan segalanya aman dan membuat Anda nyaman dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam penggunaan komputer dan perangkat mobile Anda.

Menjaga keamanan jarigan wireless dengan password

Banyak orang yang membiarkan jaringan Wireless dalam keadaan tidak aman. Beberapa orang mengatakan bahwa penggunaan proteksi password yang sederhana masih tetap tidak aman, karena hacker masih dapat menyerang dengan mudah. Tetapi dalam banyak kasus, fungsi ini akan bermanfaat bagi Anda. Di samping isu tentang keamanan tersebut, penggunaan password juga akan mencegah pencurian data yang dilakukan orang asing. Bergantung pada merk router Anda, maka penggunaan password ini akan menjaga dan mencegah jaringan Wireless yang Anda miliki dari berbagai ancaman di kemudian hari.

Melakukan backup pada berbagai perangkat

Seiring berkembangnya teknologi berarti berkembang pula perangkat elektronik yang ada di sekitar Anda. Komputer, handphone, hingga tablet, semua adalah hasil dari perkembangan teknologi. Penggunaannya yang terus menerus dapat menyebabkan kerusakan yang tidak Anda inginkan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yaitu melakukan backup, untuk berjaga-jaga jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan menunda-nuda dalam melakukan backup, karena hal ini sangat penting. Tak ada alasan untuk tidak melakukan backup, karena backup cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkan program backup yang bisa digunakan pada masing-masing perangkat yang Anda miliki. Selain itu, solusi penggunaan komputasi awan adalah ide yang bagus.

Menggunakan layar sentuh

Teknologi perangkat mobile yang semakin berkembang telah memunculkan metode baru, yaitu penggunaan layar sentuh. Layar sentuh yang sekarang kebanyakan dipakai pada smartphone dan tablet adalah hasil dari perkembangan teknologi pada layar. Tidak dapat dipungkiri, penggunaan layar sentuh akan semakin berkembang, dan bisa saja beberapa tahun lagi semua perangkat mobile telah dilengkapi dengan layar sentuh, dan bahkan berbagai perangkat elektronik akan dipasangkan teknologi ini. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan layar sentuh, sebaiknya Anda belajar menggunakannya, karena beberapa waktu lagi hal ini akan sangat penting bagi Anda untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Mengamankan perangkat dari berbagai program jahat

Apakah Anda jarang melakukan update pada antivirus yang telah diinstall di komputer? Hindari hal seperti itu. Virus dan malware selalu siap mengincar Anda di dunia maya, dan Anda harus mempersiapkan keamanan untuk mencegah serangan virus dan malware tersebut. Dengan melakukan update pada program antivirus, maka Anda telah selangkah lebih maju dari program jahat yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Banyak disediakan proteksi keamanan yang bisa Anda gunakan, dan beberapa di antaranya bisa didapatkan secara gratis. Jika Anda belum memiliki program keamanan, pilihlah salah satu yang terbaik. Setelah itu, lindungi komputer atau perangkat mobile yang dilengkapi antivirus dengan melakukan real time protection, dan jangan lupa selalu lakukan update. Jika Anda tidak mau repot, setting program antivirus agar dapat melakukan update otomatis. Dengan ini, Anda tidak akan lupa dalam melakukan update secara berkala, dan perangkat Anda telah terlindungi dengan baik.

Menggunakan email

Email, sangat dibutuhkan untuk pengiriman file yang Anda inginkan. Anda bisa berkirim tulisan, dokumen, mengirim tugas dan pekerjaan, dan hal-hal penting lainnya melalui email. Email akan sering digunakan hingga waktu ke depan, seiring dengn berkembangnya teknologi. Ini menyebabkan Anda bisa mengirimkan email dimanapun dan kapanpun Anda berada, dengan kemudahan yang diberikan perangkat seperti smartphone dan tablet. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel