Cara Backup Data Blackberry via BlackBerry Desktop Manager dan Aplikasi Data Backup

3 Jan 2012 13:00 102927 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khusus pada artikel ini, Paseban akan membahas mengenai bagaimana cara backup data BlackBerry smartphone. Mungkin agak sedikit berbeda dengan tips BlackBerry sebelumnya di mana pada kali ini Paseban menyajikan panduan cara backup data BlackBerry tidak hanya ke komputer /PC saja tetapi juga bisa dilakukan tanpa adanya perantara PC dan Desktop Manager.

Apakah Anda sering mengalami error ketika menggunakan perangkat BlackBerry? Apa yang ingin Anda lakukan ketika mengalami kejadian tersebut? Ingin melakukan reinstall OS, upgrade OS BlackBerry atau melakukan backup data BlackBerry smartphone Anda?

Salah satu hal yang paling penting dalam menggunakan smartphone apapun sepertinya adalah melakukan backup data. Tidak hanya berlaku untuk para pengguna smartphone BlackBerry saja, tetapi bagi semua pengguna ponsel ataupun smartphone alangkah baiknya jika Anda melakukan backup data untuk menyelamatkan file-file penting selama Anda memakai perangkat tersebut.

Khusus pada artikel ini, Paseban akan membahas mengenai bagaimana cara backup data BlackBerry smartphone. Mungkin agak sedikit berbeda dengan tips BlackBerry sebelumnya di mana pada kali ini Paseban menyajikan panduan cara backup data BlackBerry tidak hanya ke komputer /PC saja tetapi juga bisa dilakukan tanpa adanya perantara PC dan Desktop Manager.

Cara backup data BlackBerry yang bisa tanpa melalui PC dan DM itu adalah melalui media card. Penasaran bagaimana caranya? Simak panduan backup data BlackBerry berikut ini melalui BlackBerry Desktop Manager.

Full Backup via BlackBerry Desktop Manager

Untuk melakukan full backup data dari BlackBerry Anda ke komputer, lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Hubungkan smartphone BlackBerry Anda ke komputer yang sebelumnya telah di-install BlackBerry Desktop Software. Jika belum, kunjungi situs resmi BlackBerry di sini. Di sana juga tersedia unduhan untuk di-install di komputer Mc Anda.

  • Klik Backup and Restore, pilih Backup untuk melakukan full backup.

  • Pilih lokasi penyimpanan di mana file backup akan di simpan, jika sudah ditentukan klik Save.

Selektif Backup

Untuk melakukan backup secara selektif dari satu database atau lebih lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Hubungkan smartphone BlackBerry Anda ke komputer yang telah diinstal BlackBerry Desktop Software, seperti ketika Anda melakukan full backup.

  • Buka BlackBerry Desktop Software, klik Backup and Restore lalu klik Advanced.

  • Setelah itu, di dalam kotak diaolog seleksi Device Database, pilih database (s) untuk melakukan backup.

  • Klik Arrow yang akan menunjuk ke sebelah kiri layar untuk menambahkan database (s) yang akan dimasukkan ke dalam backup.

  • Pastikan bahwa database (s) yang benar dicantumkan di jendela seleksi Computer Database.

  • Setelah itu Anda tinggal mengklik File>> Save yang dekat dengan jendela BlackBerry Desktop Manager tepatnya berada di sebelah kiri tas.

  • Tuliskan nama untuk file backup yang sesuai dengan keinginan Anda dan jangan lupa pilihlah lokasi penyimpanannya.

  • Klik Save.

Cara Backup ke Media Card

Tips yang satu ini merupakan cara backup data BlackBerry ke sebuah Media Card, sehingga Anda tidak perlu terhubung dengan PC ataupun Desktop Manager untuk melakukan backup dan me-restore data yang ada di perangkat BlackBerry Anda.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin mem-backup data BlackBerry via Media Card.

  • Download aplikasi yang bernama Data Backup dari App World di sini.

  • Install aplikasi tersebut di BlackBerry Anda lalu ikuti perintah proses instalasi hingga selesai.

  • Buka aplikasi lalu klik create new backup.

  • Pilih data yang ingin di-backup.

Dan Selesai! Anda sekarang sudah memiliki backup data BlackBerry Anda di sebuah Media Card. Anda juga bisa mengembalikan atau me-restore data yang sudah di-backup kapan saja dan di mana saja dengan catatan bahwa aplikasi Data Backup tersebut masih ter-install di perangkat BlackBerry Anda. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel