Lakukan 3 Hal Berikut Ini Sebelum Jual Hp Android

17 Dec 2012 10:00 6553 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel merupakan benda yang paling pribadi yang hamper dimiliki setiap orang. Secara tidak langsung, berbagai data pribadi Anda pun pasti tersimpan di ponsel. Seperti file foto, video, SMS, catatan penting, hingga berbagai password yang Anda miliki. Berbagai data pribadi tersebut tentu harus Anda buang jauh-jauh sebelum Anda jual hp Android ke tangan si pembeli.

Ponsel merupakan benda yang paling pribadi yang hamper dimiliki setiap orang. Secara tidak langsung, berbagai data pribadi Anda pun pasti tersimpan di ponsel. Seperti file foto, video, SMS, catatan penting, hingga berbagai password yang Anda miliki. Berbagai data pribadi tersebut tentu harus Anda buang jauh-jauh sebelum Anda jual hp Android ke tangan si pembeli. Jika tidak, maka Anda harus bersiap-siap berbagai barang pribadi Anda menjadi santapan publik.

Oleh karena itu, sebelum Anda menjual hp Android kesayangan Anda, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan berikut ini untuk menjaga agar berbagai data pribadi Anda tidak tersebar ke khalayak luas.

Backup data

Sebelum Anda membumi hanguskan seluruh data dari ponsel Android yang akan dijual, maka ada baiknya terlebih dahulu Anda melakukan backup keseluruhan data yang dimiliki, baik itu aplikasi, kontak, maupun pesan SMS karena mungkin suatu saat Anda membutuhkan kembali data-data tersebut.

Beberapa tahun yang lalu melakukan backup untuk data dan aplikasi mungkin menjadi hal yang sangat sulit sekali untuk dilakukan. Namun sekarang terdapat banyak aplikasi yang akan memudahkan Anda dalam mem-backup berbagai data penting yang dimiliki. Ada tiga aplikasi yang Plimbi rekomendasikan untuk membackup data, yaitu Titanium Backup, GO Backup Pro, dan My Backup.

  • Titanium Backup. Merupakan aplikasi yang sudah sangat popular dikalangan pecinta Android. Aplikasi besutan Titanium Track digadang-gadang sebagai aplikasi backup terbaik yang ada di Google Play Store. Aplikasi dengan ukuran sebesar 5.4 MB ini dapat diunduh dengan gratis di sini dan dapat di-upgrade menjadi versi Pro dengan menbelinya seharga $7. Perlu diingat, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus terlebih dahulu melakukan root pada ponsel Android Anda.

  • GO Backup Pro. Merupakan salah satu aplikasi yang termasuk ke dalam keluarga GO. Aplikasi yang dikembangkan oleh GO Launcher Ex ini merupakan aplikasi backup lain yang cukup popular di Google Play Store. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Sama halnya seperti Titanium Backup, Anda harus terlebih dahulu melakukan rooting pada ponsel Android Anda sebelum menggunakan aplikasi ini. Aplikasi dengan ukuran sebesar 1.7 MB ini dapat Anda peroleh di sini.

  • My Backup. Merupakan aplikasi yang dibuat oleh Rerware dan digadang-gadang sebagai pesaing utama dari Titanium Backup. Hal tersebut tidak lain karena aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pesaingnya, salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan backup tanpa rooting terlebih dahulu. Aplikasi sebesar 1.7 MB ini dapat diunduh di sini dan Anda juga dapat meng-upgrade-nya ke versi pro dengan harga $5.

Copot SIM card dan memori eksternal Anda

SIM card merupakan salah satu benda yang wajib disimpan meskipun Anda menjual ponsel Android kesayangan. Hal tersebut dikarenakan SIM card menyimpan berbagai hal penting yang bersifat pribadi seperti nomor kontak, SMS, bahkan hingga akun mobile banking.

Selain itu, memori eksternal atau SDCard juga wajib dilepaskan dari ponsel Anda karena sudah pasti berbagai data tersimpan di sana. Maka jangan sekali-kali menjual hp Android dengan SDCard di dalamnya, karena lebih baik bagi Anda menyimpannya.

Reset ke pengaturan pabrik

Hal terakhir dan hal yang paling penting sebelum menjual ponsel adalah melakukan reset ke pengaturan pabrik. Dengan melakukan reset ini, maka semua data pribadi termasuk pengaturan aplikasi, password, dan riwayat pencarian akan dihapus dari ponsel Anda. Caranya, Anda hanya tinggal menuju menu pengaturan dan pilihlah menu factory reset.

Setelah memilih opsi tersebut, ponsel Android Anda akan melakukan restart. Setelah itu ponsel Anda akan kembali kepada keadaan seperti ketika Anda pertama kali membelinya. Dengan begitu kini Anda sudah dapat menjual hp Android tanpa harus cemas data pribadi Anda akan diambil orang lain. (GAN)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel