Cara Rooting Android untuk Menjalankan Ubuntu

18 Jan 2012 08:00 5906 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android adalah salah satu "operating system" "mobile" yang paling populer di dunia. Ia memiliki kerangka kerja aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengganti aplikasi yang ada dan dilengkapi dengan lebih dari 10 aplikasi pra-instal yang menambah fungsi dari "smartphone" Anda.

Android adalah salah satu "operating system" "mobile" yang paling populer di dunia. Ia memiliki kerangka kerja aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengganti aplikasi yang ada dan dilengkapi dengan lebih dari 10 aplikasi pra-instal yang menambah fungsi dari "smartphone" Anda. Sementara Ubuntu adalah "operating system" berbasis Linux.

Ada ribuan aplikasi gratis yang dikembangkan untuk OS ini, namun banyak yang tidak dapat berjalan pada Android. Jika ingin menjalankan aplikasi ini, Anda harus menjalankan Ubuntu di atas perangkat "mobile" Android Anda. Caranya adalah dengan melakukan proses "rooting". "Rooting Android" adalah legal, namun ingat ini akan membatalkan garansi.

Pada artikel kali ini Paseban akan membahas bagaimana cara rooting Android agar dapat menjalankan aplikasi Ubuntu. "Cara Rooting Android"

- Rooting Android yang pertama adalah "Download" arsip Super One Click Root dan ekstrak di mana saja pada hard disk Anda. Kemudian "file" "SuperOneClick.exe" akan muncul.

- Ambil kartu SD card dari ponsel Android dan hubungkan telepon ke komputer Anda dengan menggunakan kabel USB. - Pergi ke "Settings," pilih "Applications," tekan "Development" kemudian aktifkan "USB Debugging."

- Double-klik pada "file" SuperOneClick.exe untuk menjalankannya. Klik tab "Universal" di jendela SuperOneClick dan klik tombol "Root". Ini akan menjalankan proses rooting pada ponsel Android Anda.

- Lalu, Cara "Rooting Android" untuk Menjalankan Ubuntu selanjutnya adalah Pilih "Allow Non Market Apps" jika Anda ingin menginstal aplikasi pihak ketiga di lain waktu. "Cara Menjalankan Ubuntu"

- Buka "browser" Web pada komputer Anda dan "download" arsip "ubuntu.zip". Simpan arsip mana saja di "hard disk" Anda.

- Hubungkan ponsel Android ke komputer dengan menggunakan kabel USB data transfer. - Ekstrak arsip dan "copy" folder "ubuntu" ke SD "card" ponsel. Perhatikan bahwa folder tersebut harus di

-"root" dari SD "card", jadi jangan meletakkannya di folder lain.

- Pergi ke "Settings" pada ponsel Anda, pilih "Applications" dan tekan "Development." Kemudian aktifkan fitur "USB Debugging".

- "Start" Windows Command Prompt dan arahkan ke folder SDK "platform tool" dengan menjalankan perintah ini: > cd /sdk > cd /platform-tools - Jalankan perintah "adb shell" untuk memasukkan Android shell. Hubungkan dalam mode super user dan masukkan folder Ubuntu pada SD card dengan menjalankan perintah ini: > su > cd /sdcard > cd ubuntu

- Jalankan "script" yang mengkonfigurasi Ubuntu untuk berjalan di ponsel Android Anda dengan menjalankan perintah ini: > sh ubuntu.sh

- Jalankan perintah ini untuk booting Ubuntu di atas "operating system" Android: > bootubuntu Jika Anda tidak mendapatkan kesalahan apapun, maka itu berarti bahwa Anda OS Android mendukung perangkat loop dan Ubuntu telah berhasil berjalan di atasnya. Anda sekarang dapat menginstal aplikasi Ubuntu dan menjalankan mereka di ponsel Android Anda.

Mudahkan rooting Android ini? [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel