Lima Langkah Mempercepat Kinerja Android Tablet

4 Dec 2012 08:30 3261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Buat Anda penggemar gadget dan menggunakan tablet tentunya perangkat satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi atau media hiburan (musil, video, game) tetapi juga untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti sosial media, push mail hingga pekerjaan kantor (software perkantoran).

Buat Anda penggemar gadget dan menggunakan tablet tentunya perangkat satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi atau media hiburan (musil, video, game) tetapi juga untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti sosial media, push mail hingga pekerjaan kantor (software perkantoran).

Sebenernya perangkat canggih ini menyediakan beragam fitur yang membuatnya begitu digandrungi didunia. Namun tidak sedikit pengguna tablet Android yang termasuk pemula belum mengetahui kemampuan apa saja yang dimiliki tablet yang sudah menguasai pasar dunia ini. Nah, berikut ini sedikit tips mengenai apa saja yang dapat Anda manfaatkan agar bisa mempercepat kinerja Android Tablet tersebut:

Manfaatkan Google Play (Play Store)

Satu kelebihan utama pada perangkat tablet Android adalah adanya Google Play yang menyediakan ratusan ribu aplikasi gratis hingga berbayar untuk disematkan pada perangkat. Mulai dari aplikasi hiburan, perkantoran hingga demi keperluan beragam profesi lainnya. Namun sebelum dapat menginstal ratusan ribu aplikasi gratis tersebut Anda harus mendaptarkan email dari Google alias gmail. Proses pembuatan email tersebut tergolong mudah dimana Anda hanya mengikuti petunjuk yang diberikan. Registrasi atau pembuatan email dapat dilakukan melalui tablet Anda secara langsung. Sebenarnya masih ada gudang aplikasi Android lainnya yang tersedia namu tidaklah selengkap dan sebaik yang terdapat di Google Play.

Berlangganan Paket Internet

Aplikasi yang telah terinstal terkadang membutuhkan update atau membutuhkan koneksi internet yang terus menerus (seperti aplikasi push mail atau jejaring sosial). Anda dapat memanfaatkan koneksi WiFi yang gratis, namun tetap saja membutuhkan koneksi internet dari operator yang Anda gunakan. Bila memanfaatkan operator dari kartu SIM yang digunakan sebaiknaya Anda memanfaatkan paket berlangganan yang jauh lebih murah dari paket internet reguler. Paket berlangganan yang disediakan bervariasi tergantung operator yang Anda gunakan. Namun paket tersebut biasanya menyediakan pilihan berdasarkan waktu (harian, mingguan, atau bulanan) dan kecepatan data.

Gunakan Layanan Online Storage

Meskipun tablet terbaru menyediakan media penyimpanan yang besar, namun karena begitu bannyak file yang terus bertambah akhirnya membuat memori bekerja menjadi lebih berat. Nah, sebaiknay Anda mamanfaatkan media penyimpanan online yang menyediakan beragam kelebihan untuk urusan upload dan download file. Beberapa penyimpanan online yang dapat digunakan adalah Daum Cloud, Memopal, LeapDrive, Bok.net, Comodo Cloud dan Dropbok. Kesemuanya merupakan layanan backup online yang menyediakan media penyimpanan 'cloud' (awan) untuk beragam file seperti gambar, video, lagu, dokumen, program atau aplikasi dan lainnya.

Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara lain untuk memaksimalkan kinerja Android Anda adalah dangan memanfaatkan aplikasi cleaner. Aplikasi cleaner mampu manghapus secara otomatis cache dan history dangan jeda waktu yang dapat diatur serta menghapus semua catatan pencarian dan navigasi saat mengunakan browser. Banyak sekali aplikasi cleaner yang bisa Anda download dari Google Play secara gratis seperti yang dapat Anda liahat pada gambar berikut.

Mengamankan Ponsel

Tablet Android yang menggunakan layar sentuh sebaiknya selalu dalam keadaan terkunci saat tidak digunakan. Selain untuk menghemat baterai tentusaja menghindari pemakaian yang tidak diinginkan. Menguncilayar dapat diatur berdasarkan pengaturan yang Anda rancang sendiri baik menggunakan gestur (pola) tertentu atau bisa juga dengan menuliskan kata sandi. Bila fitur pengamanan ini dirasa masih kurang , Anda dapat mendownload aplikasi lain yang sejenis dari Google Play. Sebenarnya masih banyak aplikasi tambahan yang dapat Anda sematkan seperti untuk penghemat baterai, aplikasi yang dapat menggandakan kemampuan baterai, aplikasi untuk pengganda kemampuan memori, aplikasi memaksimalkan kerja prosesor dan aplikasi lainnya.

Langkah langkah di atas adalah sebagian cara untuk mengoptimalkan kinerja dari tablet Android anda. Tentunya ini akan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sehingga Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan juga Anda akan puas dengan tablet Android milik Anda. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera coba dan segera optimalkan kinerja dari tablet Android Anda dan rasakan perbedaan yang akan Anda dapatkan setelah melakukan optimisasi di atas. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel