Tips Mengubah Tablet Android Menjadi Konsol Game

3 Jan 2012 17:00 6701 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan teknologi saat ini membuat jenis *game* yang beredar di pasaran pun kian menarik. Meskipun begitu, tak jarang seseorang ingin bernostalgia bermain *game-game* lawas. Ternyata, sebuah tablet Android bisa digunakan menjadi konsol *game*. Simak bagaimana caranya dalam artikel beirkut ini.

Perkembangan teknologi saat ini membuat jenis game yang beredar di pasaran pun kian menarik. Meskipun begitu, tak jarang seseorang ingin bernostalgia bermain game-game lawas. Ternyata, sebuah tablet Android bisa digunakan menjadi konsol game.

Alat-alat yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, sebuah tablet, kontroller game serta beberapa kabel. Mau tahu bagaimana caranya? Menghubungkan Tablet dengan Televisi Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan *tablet* dengan layar televisi.

Hal ini bisa dilaksanakan jika terdapat HDMI output pada tablet Android yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda membutuhkan kabel microHDMI to HDMI atau sebuah adapter untuk menghubungkan televisi dengan tablet. Menggunakan Kontroler Game Selanjutnya, Anda tentunya membutuhkan sebuah kontroler game untuk dapat bermain.

Sayangnya, tak semua tablet android dapat mendukung fasilitas ini. Hanya *tablet* dengan OS Android 3.1 yang *support* terhadap fitur USB Host mode. Pada *tablet* Andoid 3.1 dan versi di atasnya, Anda dapat menggunakan kontroler USB dengan bebas. Pilihan kontroler game pun di tangan Anda, dari SNES, atau PlayStation.

Anda juga membutuhkan kabel OTG (on-the-go) yang mengubah *port* microUSB dalam *tablet* menjadi *port* USB normal. Jika *tablet* sudah memiliki *port* USB biasa, maka tentunya kabel OTG tak dibutuhkan. Lain halnya jika Anda kebetulan memiliki kontroler Xbox 360. Anda membutuhkan sebuah Xbox Controller Wireless Receiver.

Dengan kontroler tersebut, Anda tak memerlukan kabel OTG dan dapat bermain secara wireless. Pilihan lain, Anda juga bisa menggunakan kontroler Wii atau PS3. Untuk menggunakan kedua jenis kontroler tersebut, Anda tak memerlukan kabel USB ataupun *tablet* Andoid dengan OS Android 3.1 dan versi di atasnya.

Sebagai penggantinya, Anda menggunakan fitur Bluetooth untuk menghubungkan kontroler dengan *tablet*. Tentunya Anda akan membutuhkan aplikasi tambahan, semacam Sixaxis (untuk PS3) atau wiimotecontroller (untuk nintendo Wii). **Memilih Emulator dan ROM** Kini setelah siap menghubungkan *tablet* Android Anda dengan kontroler dan televisi, Anda tinggal membutuhkan emulator dan *file* ROM untuk dapat bermain *game*.

Emulator adalah *software* yang menduplikasi fungsi dari konsol game. Dengan adanya emulator, sebuah *game* konsol dapat dimainkan di PC, laptop atau *tablet*.

Anda dapat mengunduh berbagai jenis emulator yang ada di sini Selanjutnya yang terakhir dibutuhkan adalah *file* ROM. File ROM ini bisa didapatkan dengan mengekstrak dari *read-only memory cartridge video game*.

*File* ini berfungsi sebagai virtual *game cartridge*. Setelah dua hal *file* tersebut didapatkan, maka Anda tinggal bersenang-senang menggunakan tablet. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel