Tips BlackBerry - Mengubah Sensitivitas Trackpad dan Layar Sentuh

27 Dec 2011 16:00 10838 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa waktu ke belakang, RIM telah mengubah beberapa sistem navigasi BlackBerry selama beberapa kali. Sebelum perangkat BlackBerry 8800 memiliki *scroll wheell* yang berada di bagian samping, pengguna BlackBerry telah tumbuh begitu signifikan sehingga banyak pengguna yang mengeluh ketika pada model baru RIM meng-*upgrade*-nya ke model *trackball*.

Beberapa waktu ke belakang, RIM telah mengubah beberapa sistem navigasi BlackBerry selama beberapa kali. Sebelum perangkat BlackBerry 8800 memiliki scroll wheell yang berada di bagian samping, pengguna BlackBerry telah tumbuh begitu signifikan sehingga banyak pengguna yang mengeluh ketika pada model baru RIM meng-upgrade-nya ke model trackball.

Meskipun kemampuannya untuk bergerak ke berbagai arah, beberapa orang memang masih memilih menggunakan jog wheel. Beberapa tahun kemudian trackball mulai ditinggalkan demi sebuah sebuah trackpad optik. Dan terakhir, perangkat navigasi yang tidak akan berhenti bekerja ketika ada kotoran di dalamnya, di mana setelah itu RIM juga menciptakan perangkat touchscreen yang menyediakan pilihan navigasi yang lebih banyak.

Dengan sistem navigasi baru, beberapa masalah personalisasi pun mulai muncul. Dan hari ini Plimbi akan memberikan tips BlackBerry mengenai bagaimana mengubah sensitivitas untuk sistem ini, khususnya pada trackpad dan layar sentuhnya.

Menyesuaikan sensitivitas untuk trackpad BlackBerry cukup sederhana. Hal ini sebenarnya sama dengan menyesuaikan sensitivitas pada trackball. Dalam OS BlackBerry 5,0 Anda bisa mengaturnya melalui menu Options>> Screen /Keyboard. Kalau dalam versi OS BlackBerry 6,0 dan 7,0 Anda harus mengambil langkah lain, yaitu melalui Options>> Typing and Language>> Trackpad Sensitivity.

Dengan tips BlackBerry tersebut, Anda juga dapat menyesuaikan setiap kepekaan secara horisontal maupun vertikal dengan skala 20 hingga 100, dan default yang diatur pada skala 70. Anda bisa menggulir trakball sedikit lebih cepat apabila Anda memilih skala yang lebih tinggi. Tetapi biasanya orang lebih memilih untuk menyesuaikan sensitivitasnya menjadi lebih rendah.

Tips BlackBerry selanjutnya, dari menu Typing and Language Anda juga dapat menyesuaikan sensitivitas layar sentuh perangkat BlackBerry Anda, termasuk Double Tap Interval dan Hover Time. Double Tap Interval bukanlah sesuatu yang biasanya banyak dimain-mainkan oleh pengguna, karena tidak banyak contoh yang membutuhkan double tap.

Default Setting memberikan interval yang masuk akal, sehingga dua tekanan yang terpisah tidak akan kebingungan dengan merespon double tap.

Hover Time bagaimanapun yang paling bisa dirasakan. Pada dasarnya, Hover Time memungkinkannya untuk menentukan seberapa cepat menu akan muncul ketika Anda meng-hover banyak item. Sebenarnya, pengaturan dalam Fast maupun Normal tidak memiliki perbedaan yang signifikan, yang paling terlihat berbeda terletak pada mode Low.

Selain itu, tersedia juga pilihan tips BlackBerry untuk mencegah menu yang muncul ketika Anda menekan layar secara terus menerus, memang tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan menekan layar smartphone Anda secara terus menerus. Jika Anda merasa perangkat Anda sedikit berbeda dengan yang telah Plimbi jelaskan, Anda dapat menghapus centang pada kotak yang ada di bagian bawah menu Touchscreen Sensitivity. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel