Enam Website Scanning Untuk Memastikan Link Aman Sebelum Anda Menggunakannya

2 Dec 2012 12:00 3211 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam melakukan kegiatan berinternet, berbagai hal dapat terjadi sekalipun sesuatu yang membahayakan. Internet banyak memberikan manfaat, namun disamping itu banyak pula berbagai jebakan yang mengelilingi dunia internet. Dengan melakukan klik suatu link saja, segala hal dapat terjadi. Namun nyatanya, Anda tidak dapat mengontrol dalam melakukan klik pada link, karena ini adalah cara kerja dari internet.

Dalam melakukan kegiatan berinternet, berbagai hal dapat terjadi sekalipun sesuatu yang membahayakan. Internet banyak memberikan manfaat, namun disamping itu banyak pula berbagai jebakan yang mengelilingi dunia internet. Dengan melakukan klik suatu link saja, segala hal dapat terjadi. Namun nyatanya, Anda tidak dapat mengontrol dalam melakukan klik pada link, karena ini adalah cara kerja dari internet. Dalam problem seperti ini, apa yang dapat Anda kontrol adalah memastikan bahwa link ataupun laman web yang Anda klik tersebuat aman dari segala ancaman dan jebakan, dan bukannya malware yang nanti Anda dapatkan. Lalu bagaimana kita akan memastikannya? Berikut ini Plimbi menampilkan website scanning yang akan memastikan bahwa link atau laman page yang Anda kunjungi aman.

1. URLVoid URLVoid adalah website scanning yang memiliki reputasi dalam menganalisa alamat website dengan menggunakan lebih dari 30 program dan domain blacklist seperti misalnya Norton SafeWeb dan MyWOT untuk mendeteksi website yang berpotensi memiliki ancaman. Anda dapat secara manual memasukkan link dan scanning domain. Daftar URLVoid akan menampilkan status deteksi positif atau negatif terhadap penggunaan program. Anda dapat memeriksa jenis ancaman untuk lebih detail dengan melihat program-program yang ada.

2. Unmask Parasites Unmask Parasites, seperti namanya, merupakan website scanning dengan program sederhana yang akan melakukan scanning pada situs dan memberi Anda peringatan jika didalamnya terdapat ancaman malware. Unmask Parasites akan mengunduh link atau halaman web yang Anda berikan, kemudian menganalisa kode HTML terutama link eksternal dan JavaScript. Unmask Parasites dapat memberikan keamanan bagi Anda dalam berselancar di dunia maya dengan hanya melakukan satu kali klik.

3. PhishTank Dalam pengalaman berjelajah di dunia maya, phising relatif mudah terdeteksi dengan melihat sekilas pada URL. Situs Bank serta situs sensitif lainnya juga selalu menggunakan anti-phising. Ini adalah sebagai bentuk dari kehati-hatian. Satu cara yang dapat dimanfaatkan dalam menggunakan indeks blacklist dalam hal phising adalah PhisTank. Anda juga dapat memasukkan daftar Anda sendiri. Perlu diingat jika PhisTank tidak seperti website scanning kebanyakan, tetapi lebih pada informasi yang membantu. Diciptakan oleh OpenDNS, PhisTank memberikan layanan gratis.

4. Dr.Web Anti-Virus Link Checker Dr. Web Anti-Virus Checker adalah add-on untuk browser Chrome dan Firefox, juga Opera serta IE. Untuk memastikan link aman, add-on ini akan menggunakan program Dr.Web online anti-virus dalam melakukan scanning pada link yang bisa memuat konten berbahaya. Selain itu, juga dapat secara otomatis melakukan scan pada berbagai media sosial. Hal ini akan bekerja dengan klik kanan untuk context menu pada browser dibanyak link. Scan akan memberikan Anda informasi jika link telah bersih dan dapat dikunjungi. Untuk penggunaan yan lebih maksimal, pengguna disarankan secara berkala melakukan update.

5. UnShorten.it URL pendek adalah hal yang biasa dilakukan dalam berinternet. Namun ada satu problem, yaitu Anda tidak benar-benar tahu apa yang tersembunyi dibalik kebanyakan URL tersebut. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan UnShorten.it. UnShorten.it adalah website scanning yang mengkombinasikan fungsi memperluas URL pendek serta mengirimnya untuk dilakukan scanning pada WOT (Web of Trust) untuk memberikan keamanan bagi Anda dalam berinternet. Paste URL yang akan Anda gunakan, dan layanan akan mengikuti URL langsung pada website tujuan serta memberikan deskripsi dan rating WOT denagan tampilan thumbnail dari website yang dituju URL. Website scanning ini juga memiliki browser extension untuk Chrome dan juga Firefox.

6. VirusTotal VirusTotal akan memberikan Anda dua fitur, yaitu meng-upload program dimana Anda dapat melakukan scanning pada file yang dapat memberikan ancaman dan link scanner untuk memastikan situs aman sebelum Anda mengunjunginya. VirusTotal juga menggunakan bervariasi anti-virus engine, website scanner, dan program untuk analisa URL dimana akan menganalisa link dan memberikan Anda laporan secara detail. Lebih lanjut, program akan menampilkan informasi dengan jelas mengenai program yang Anda berikan. Website scanning ini akan melakukan update setiap 15 menit, jadi data-data tentang segala hal yang dapat memberikan ancaman akan semakin lengkap setiap waktunya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel