Berinternet Aman Dengan Mengenali Perbedaan HTTP dan HTTPS

26 Jun 2012 13:00 4797 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi sebagian orang, mengenal perbedaan **HTTP dan HTTPS** mungkin sudah tidak asing lagi, namun masih banyak juga para pengguna internet yang belum mengetahuinya, Apalagi bagi Anda yang aktifitas sehari-harinya selalu berhubungan dan tidak bisa lepas dengan internet. Pada artikel kali ini Paseban akan mencoba mengulas mengenai kedua hal tersebut yaitu HTTP dan HTTPS. HTTP merupakan sebuah kependekan dari ...

Internet saat ini sudah sangat berkembang, tua, remaja, dan anak-anak pun saat ini telah dapat menggunakan internet. Namun apakah Anda sudah mengetahui cara berinternet dan data-data Anda tetap aman dari para hacker ? Bagi sebagian orang, mengenal perbedaan HTTP dan HTTPS mungkin sudah tidak asing lagi, namun masih banyak juga para pengguna internet yang belum mengetahuinya, Apalagi bagi Anda yang aktifitas sehari-harinya selalu berhubungan dan tidak bisa lepas dengan internet.

Pada artikel kali ini Paseban akan mencoba mengulas mengenai kedua hal tersebut yaitu HTTP dan HTTPS. HTTP merupakan sebuah kependekan dari Hyper Text Transfer Protokol, sebuah sistem telekomunikasi yang menghubungkan antara komputer server dan juga komputer klien.

Sistem ini yang memungkinkan antara komputer server dan komputer klien untuk dapat saling berinteraksi dan juga dapat saling bertukar data maupun informasi. HTTP dipergunakan sebagai sebuah format standar yang digunakan para pembuat situs internet agar para komputer klien dapat mengakses sebuah halaman situs website. Server adalah sebuah tempat dimana tersimpan sebuah kode website dan juga sumberdaya yang diperlukan dalam sebuah website yang akan dipanggil oleh klien, sedangkan klien sendiri adalah sebuah tools yang akan memanggil kode website tersebut yang nantinya akan ditampilkan dalam bentuk halaman HTML.

Klien tidak lain adalah browser yang anda pakai seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan browser lainnya ketika Anda ingin mencoba mengakses sebuah halaman situs website. Selain format standar HTTP, ada juga format penulisan yang tidak umum atau jarang digunakan atau bahkan sedikit orang yang mengetahuinya. Salah satunya adalah penggunaan teknologi HTTPS.

HTTPS merupakan sebuah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan menggunakan teknologi protokol Secure Socket Layer (SSL) /Transport Layer Security (TLS). Artinya ketika Anda sedang menggunakan atau bertransaksi di internet maka data-data yang dikirim atau diterima dari server akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga memungkinkan data-data pribadi Anda akan sulit dibaca oleh sadapan dari para hacker jahat yang ingin mencuri data-data pribadi Anda saat data-data tersebut masih dalam perjalanan, pencurian data-data yang dimaksud seperti password email, PIN kartu kredit, akun PayPal, dan data-data penting lainnya.

Dengan adanya teknologi HTTPS ini maka semua bentuk komunikasi data yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi terlebih dahulu dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet. Biasanya para hacker jahat dapat menggunakan peralatan-peralatan aplikasi dengan mudah untuk dapat mencuri data-data penting dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP, namun lain halnya jika situs tersebut menggunakan teknologi HTTPS, maka para hacker tersebut harus bekerja keras terlebih dahulu agar data-data yang sudah terenkripsi tadi agar dapat terbaca dan juga bisa mendapatkan informasi berharga dari para korbannya.

Penyedia jasa layanan HTTPS/SSL yang terkenal dan teruji keamanannya adalah seperti Verisign, DigiCert, Thawte Inc, Berikut ini adalah contoh bahwa sebuah situs website menggunakan HTTPS/SSL Anda bisa melihat apakah sebuah situs web memiliki HTTPS/SSL dengan cara melihatnya pada pojok kiri pada browser Anda seperti yang dicontohkan pada gambar di atas.

Dengan membaca artikel ini, sudah jelas bahwa koneksi internet dengan menggunakan HTTPS lebih aman dibandingkan dengan menggunakan HTTP. Untuk itu banyak perbankan dan juga situs penjualan online yang membangun layanan situs onlinenya dengan menggunakan format HTTPS.

Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan para pengguna atau pelanggannya ketika melakukan transaksi online tersebut. Jadi ada baiknya, jika Anda akan melakukan transaksi online lebih baik lihat terlebih dahulu apakah situs tersebut memiliki koneksi keamanan HTTP atau tidak dengan melihatnya pada atas browsers.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat Paseban berikan, semoga dengan Anda sudah membaca artikel ini maka Anda akan lebih berhati-hati dalam penggunaan internet maupun bertransaksi secara online pada sebuah situs internet. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel