Beginilah Cara Mengubah Tampilan Start Menu Windows 7

1 Dec 2012 15:00 36872 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Agar dapat mempercantik Windwos 7 Anda, Plimbi akan memberikan cara mengubah tampilan start menu Windows 7. Start Menu Anda akan kita rubah menjadi tampilan yang lebih mengesankan dengan pilihan-pilihan orb yang lebih banyak

Walau orang-orang sekarang lagi demam-demamnya Windows 8, ternyata pengguna komputer masih banyak yang memakai Windows 7. Malah beberapa ada juga yang memakai Windows XP dan Vista. Untuk itu, agar dapat mempercantik Windwos 7 Anda, Plimbi akan memberikan cara mengubah tampilan start menu Windows 7. Start Menu Anda akan kita rubah menjadi tampilan yang lebih mengesankan dengan pilihan-pilihan orb yang lebih banyak. Walau Windows 8 memiliki tampilan start menu yang canggih, tetap itu diciptakan untuk perangkat layar sentuh. Bagi yang perangkatnya belum layar sentuh sepertinya Windows 7 masih cukup baik untuk digunakan. Mari kita lihat cara-cara agar start menu Anda tampil berbeda.

Buatlah Restore Point

Ini hanya untuk berjaga-jaga saja bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Developer menyarankan hal ini dilakukan agar ketika terjadi kerusakan pada Windows 7 Anda bisa di pulihkan kembali seperti awal sebelum menginstal softwarenya. Untuk membuat restore point tidak sulit, kita hanya membutuhkan waktu paling lama tiga menit.

Untuk membuatnya cari "Creat Restore Point" di start menu, kemudian akan muncul jendela baru dan klik tombol creat yang ada di bagian bawah jendela. Kemudian buat nama restore point tersebut terserah Anda. Windows akan loading sebentar untuk membuat restore point. Setelah selesai keadaan Windows 7 Anda sebelum menggunakan start menu baru sudah dibuat. Ketika dalam proses mengubah start menu ada kerusakan terjadi tinggal buka sitem restore dan klik restore point yang Anda buat tadi. Namun kemungkinan kerusakan karena perubahan start menu ini sangat kecil jadi tidak perlu khawatir.

Download, Extract dan Jalankan Button Changer

Inti dari merubah start menu Windows 7 ada di software ini, Button Changer. Software ini diciptakan oleh member komunitas The Windows Club. Sekarang Anda bisa mendownloadnya secara gratis di sini. Sepertinya kita patut mengucapkan terimakasih kepada mereka telah menciptakan dan memberikan software ini secara cuma-cuma. Banyak software-software menarik dan sangat berguna yang diciptakan oleh ahli-ahli software murah hati di komunitas ini. Kita bisa luangkan waktu untuk mencoba software-software buatan mereka.

Yang perlu diperhatikan pada software ini jangan klik dua kali untuk menjalankannya, Anda harus menggunakan Run as administrator dari menu klik kanan. Bila ada mengklik dua kali seperti menjalankan program-program lainnya aka nada pesan eror. Bila itu telah terjadi, klik tombol Quit yang ada pada sebelah kanan jendela. Tidak akan terjadi kerusakan apapun. Mengapa harus Run as Adsministrator? Karena software ini merupakan software portable dan bertujuan untuk mengubah sistem yang ada di Windows 7 kita. Bila di jalankan normal akan di blok oleh Windows 7 karena dianggap software yang mengganggu.

Waktunya Mengganti Orb pada Start Menu

Semua hal diatas adalah persiapan, kini waktunya kita mulai mengkostumisasi start menu kita. Setelah menjalankan softwarenya akan ada jendela baru yang muncul. Di sisi kiri merupakan Orb yang sedang aktif saat ini di sisi kanan ada logo Windows 7 atau tulisan "Select & Change Start Button" pada tulisan untuk memilih Orb lain yang akan menggantikan Orb pada start menu Anda sebelumnya. Klik ikon atau tulisan tersebut kemudian pilih folder tempat Anda menyimpan orb-orb windows 7. Bila belum punya bisa gunakan contoh yang diberikan oleh Button Changer. Mereka memberikan contoh 10 orb untuk Anda uji coba. Anda bisa menemukan banyak lagi orb di Google. Hanya saja perlu sedikit pengetahuan editing foto karena biasanya di Google menyediakan sekaligus untuk Anda. Kita perlu memotongnya di program edit foto dan menyimpannya dalam format bitmap. Atau bila Anda memiliki kemampuan editing gambar bisa menciptakan berbagai model orb sendiri.

Satu lagi menu yang ada dibawah menu pengganti orb adalah menu untuk merestor original start menu. Dengan mengklik tulisan Restore Original Explorer Backup, start menu Windows 7. Anda akan kembali seperti semula. Dengan syarat, Anda harus membuat restore point seperti pada awal artikel ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel