Lima Hal Penyebab Laptop Rusak Secara Perlahan Namun Pasti

25 Nov 2012 13:00 6261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laptop merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan dalam menjalani kegiatan sehari-hari dimanapun dan kapanpun sebagai pengganti sebuah komputer. Selain berbagai manfaat yang diberikan oleh laptop, perangkat ini juga rentan dalam mengalami kerusakan. Laptop berisi berbagai sistem yang komplek, dengan pemakaian yang sering akan menyebabkan sistem tersebut dalam keadaan yang berbahaya.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan dalam menjalani kegiatan sehari-hari dimanapun dan kapanpun sebagai pengganti sebuah komputer. Selain berbagai manfaat yang diberikan oleh laptop, perangkat ini juga rentan dalam mengalami kerusakan. Laptop berisi berbagai sistem yang komplek, dengan pemakaian yang sering akan menyebabkan sistem tersebut dalam keadaan yang berbahaya.

Berbagai macam bentuk pemakain bisa menjadi penyebab laptop rusak termasuk hardware yang sering dialami seorang pengguna laptop. Untuk menghindarinya, dibutuhkan tindakan spesifik dari Anda yang dapat mencegah laptop mengalami kerusakan. Untuk melakukan tindakan tersebut, tentu Anda harus mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat laptop rusak secara perlahan-lahan, sehingga Anda dapat menghindari dalam melakukan hal tersebut.

Pemakaian Laptop secara Terus-Menerus

Laptop memiliki sifat cepat mengalami kepanasan. Kerja Prosessor memiliki peningkatan terus-menerus, dan menyebabkan panas pada laptop karena pemakaian yang tidak teratur. Hal seperti ini akan dengan cepat menghasilkan laptop rusak. Panas ini harus dicegah dengan penggunaan kipas pada laptop yang akan mengurangi panas tersebut. Dengan berbagai komponen di dalamnya, laptop akan dengan cepat mengalami kepanasan. Beberapa laptop tidak suka dengan hal tersebut, dan kadang akan menjalankan shut down secara otomatis. Tetapi banyak laptop yang tidak dapat berkompromi dengan panas. Berbagai peralatan rumah yang berbahan kain seperti karpet dan selimut, jika Anda meletakkan laptop diatasnya, akan dengan cepat membuat laptop panas dan dapat membuat laptop rusak dengan cepat. Beri perhatian juga pada pengaturan kipas, disesuaikan dengan pemakaian laptop Anda, seperti saat sedang mengetik atau bermain game.

Menggerakkan atau Memindahkan Laptop dengan Cepat

Hard drive yang solid merupakan hal yang ada pada laptop. Selain itu banyak laptop juga menggunakan hard drive mechanical. Satu problem dari penggunaan hard drive mechanical adalah bagiannya yang mudah bergerak. Terdapat komponen yang akan berpindah agar dapat berinteraksi yaitu disk yang akan berputar. Problem yang ada adalah perpindahan komponen ini memiliki kelemahan tersendiri, ketika laptop bergerak dengan intensitas yang sering. Hal ini akan menyebabkan kontak antara komponen internal hard drive, yang bisa menyebabkan kerusakan data. Anda dapat mengurangi resiko ini dengan memindahkan laptop secara hati-hati, dan tidak menggerakkan laptop ketika sedang melakukan akses pada hard drive. Perlakukan laptop dengan baik, jangan lakukan pergerakan secara cepat, dan lakukan dengan hati-hati.

Penggunaan Display Laptop yang Tidak Hati-Hati

Ada beberapa hal kecil yang dapat membuat laptop rusak. Penggunaan display laptop yang tidak Anda perhatikan dapat secara perlahan membuat laptop rusak pada beberapa bagian. Jika Anda akan menutup laptop, cara terbaik adalah dengan memegang bagian depan atau belakang laptop hingga menutup. Jika akan membuka, cara terbaik adalah dengan menggunakan kedua tangan pada setiap sisi laptop. Jangan membuka laptop menggunakan display laptop, atau hanya pada satu ujung laptop. Hal ini akan mencegah Anda dari kerusakan display laptop.

Merusak Kabel

Jika Anda tidak ingin merusak komponen dari laptop, hindari untuk merusak kabel yang ada. Memakaikannya dengan berbagai benda dan menggunakannya dalam berbagai sudut dapat merusak kabel tersebut. Seperti misalnya saat Anda melakukan charge pada laptop, kabel akan diletakkan menyesuaikan letak dan posisi laptop. Karena kegunaan laptop yang bisa digunakan dimanapun, penting untuk memelihara kabel yang berhubungan dengan laptop agar dapat bekerja dengan baik. Kasus yang umum terjadi adalah ketika seseorang akan melakukan charge pada laptop, dengan kabel yang masih digulung dan diikat. Kadang hal ini akan membuat penggunaanya menjadi praktis. Namun, itu juga dapat membuat kabel berubah bentuk dan jika terus menerus dilakukan dapat merusaknya. Oleh karena itu, gunakan kabel secara wajar daan sesuaikan dengan posisi laptop.

Tempat laptop yang Tanpa Perlindungan

Laptop tidak boleh sering untuk diguncang agar tidak membuat laptop rusak. Beberapa pengguna laptop seharusnya membeli tas laptop yang dapat mencegah guncangan laptop ketika dibawa kemana-mana. Hindari untuk membeli tas laptop yang biasanya pas dengan ukuran laptop, tapi kurang dalam memberikan perlindungan. Beberapa memang memberikan perlindungan pada sisi samping, tapi melupakan sisi atas dan bawah. Jadi, pastikan Anda menggunakan tas laptop yang memberikan perlindungan dari berbagai sisi dan juga pas dengan ukuran laptop yang Anda pakai. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel