2 Mobile Chipset Terbaru yang Di Klaim Mampu Menghadirkan Kecepatan Laptop Pada Tablet PC

3 Dec 2011 17:12 4833 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apabila Anda masih ragu untuk membeli tablet PC karena kemampuan prosesornya yang masih kalah jauh dari laptop. Anda harus berpikir lagi, karena Samsung dan Nvidia baru saja mengumumkan mobile chipset terbaru yang digadang-gadang setara dengan kecepatan laptop atau desktop PC.

Apabila Anda masih ragu untuk membeli tablet PC karena kemampuan prosesornya yang masih kalah jauh dari laptop. Anda harus berpikir lagi, karena Samsung dan Nvidia baru saja mengumumkan mobile chipset terbaru yang digadang-gadang setara dengan kecepatan laptop atau desktop PC.

Samsung Exynos 5250

Generasi terbaru dari mobile chipset, Exynos 5250, milik Samsung ini akan memiliki kemampuan 2GHz, dual-core ARM Cortex A15 CPU(Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) yang mampu menangani tampilan 3D beresolusi 2560x1600 (WQXGA).

Kemampuan CPU Cortex yang ada saat ini, 1.5GHz dual-core A9 CPU, memang sudah cukup mumpuni, keragu-raguan beberapa pihak atas mobile chipset ini dijawab oleh performa bagus dari Samsung Galaxy Note yang menggunakan chipset tersebut. Dan pada generasi berikutnya dengan spesifikasi tersebut diatas, dapat dijanjikan kemampuan CPU Exynos 5250 akan 2kali lipat dan kemampuan GPU menangani grafis dari akan 4kali lebih baik daripada generasi chipset yang ada pada Samsung Galaxy Note. Exynos 5250 akan diproduksi dan disematkan pada tablet PC mulai bulan maret tahun depan.

Yang menarik lagi dari peluncuran mobile chipset Exynos 5250 ini adalah ia diciptakan untuk bisa head-to-head dengan chipset Nvidia Tegra 3.

Nvidia Tegra 3

Nvidia lebih dulu mengumumkan seputar mobile chipset terbarunya Tegra 3, awal November lalu. Dalam hal GPU Nvidia mengklaim Tegra 3 akan 3kali lebih cepat daripada Tegra 2, berkat 12-core GeForce GPU yang tersemat dalam mobile chipset ini. Dalam hal CPU, Nvidia menggandakan dari kemampuan Tegra 3.

Klaim lain dari Nvidia adalah mobile chipset Tegra 3 ini akan menjadi "prosesor berkelas PC untuk perangkat mobile." Untuk mendukung klaim ini, Nvidia melakukan perbandingan Tegra 3 dengan prosesor Intel's Core 2 Duo T7200 yang diperuntukkan bagi desktop PC.

Kelebihan lain yang dibanggakan Nvidia atas Tegra 3 adalah mobile chipset ini membutuhkan daya lebih sedikit daripada generasi sebelumnya. Berkat teknologi low-voltage ini Nvidia menjanjikan tablet PC bisa bertahan hingga 12 jam apabila menggunakan chipset Tegra 3.

Yang manakah yang akan memenangkan pertandingan adu mobile chipset Exynos 5250 vs Tegra 3? Kita harus menunggu hingga tahun depan untuk menjawabnya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel