Kegunaan ALT + TAB Windows 7 yang Mungkin Belum Anda Ketahui

21 Nov 2012 15:30 19488 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin saat ini Anda memahami fungsi ALT+TAB hanya untuk memindahkan satu jendela ke jendela yang lain. Ada berbagai fungsi rahasia **ALT TAB Windows 7** yang dapat kita gunakan dan lebih mudah lagi yang mungkin belum Anda ketahui.

Mungkin saat ini Anda memahami fungsi ALT+TAB hanya untuk memindahkan satu jendela ke jendela yang lain. Ada berbagai fungsi rahasia ALT TAB Windows 7 yang dapat kita gunakan dan lebih mudah lagi yang mungkin belum Anda ketahui. Misalnya, mengganti mode ALT-TAB menjadi mode klasik, menonaktifkan jendela preview ketika menakan ALT-TAB atau bahkan menginstal aplikasi ALT+TAB yang memberikan gaya berbeda dan fitur-fitur tambahan lainnya. Berikut ini Plimbi akan memberikan beberapa konfigurasi ALT+TAB yang bisa kita gunakan di Windows 7. Berikut ulasannya.

Shortcut Keyboard Jika Anda menggunakan ALT+TAB dan terus menekannya hingga menemukan jendela yang diinginkan itu merupakan cara lama yang cukup menghabiskan waktu. Masih banyak cara laina agar penggunaan ALT+TAB dengan keyboard secara prktis dan menghemat waktu.

Gunakan tanda panah di keyboard tahan ALT+TAB kemudian tekan tombol panah pada keyboard Anda untuk memilih jendela yang di inignkan dengan lebih mudah. Jendela akan terlihat langsung ketika kita menggunakan cara ini, bukan hanya sekedar thumbnail saja. Lepaskan tombol ALT atau tekan ENTER untuk beralih kejendela yang dipilih.

ALT+TAB Reverse Bila Anda menekan ALT+TAB dan tidak sengaja melewati jendela yang ingin di pilih, tidak perlu mengulangnya dari awal lagi. Dengan menekan Alt+Shif+Tab akan membuat pilihan jendela terbalik (dari kanan ke kiri).

Gunakan mouse ALT+TAB juga bisa di kombinasikan dengan mouse. Setalah menekan ALT+TAB gunakan mouse untuk memilih jendela yang diinginkan. Mendekatkan pointer ke thumnail akan menampilkan jendela yang dipilih.

Menggunakan ALT+TAB tanpa menahannya terus Untuk menggunakan ALT+TAB tanpa harus menekannya terus-menerus Anda bisa melakukannya dengan cara menekan ALT+CTRL+TAB, setelah itu lepaskan tangan Anda dari keyboard. Kita bisa memilih thumbnail dengan mouse atau tanda panah pada keyboard atau juga tombol TAB.

Menutup ALT+TAB Anda bisa menekan tombol ESC untuk keluar dari ALT+TAB tanpa beralih ke jendela lain. Hal ini membuat kita lebih mudah ketika kita tidak jadi mengganti jendela pada saat menggunakan metode sebelumnya. Bila digunakan di metode-metode lain sepertinya tangan kita akan menekan tombol keyboard terlalu banyak yang akan cukup merepotkan.

Disable Windows Preview Jika Anda tidak menyukai priview yang berganti-ganti ketika menekan ALT-TAB kita bisa dan fokus pada background kita bisa mengaturnya dengan cara menonaktifkan ‘Aero Peek’. Untuk melakukannya klik kanan Computer yang ada di Start Menu kemudian pilih properties. Pada bagian kiri jendela pilih Advance system setting kemudian klik Setting pada menu Perfomance. Hilangkan tAnda centang pada Enable Aero Peek dan tekan OK.

Mode Klasik ALT+TAB Jika Anda bosan atau tidak suka dengan tampilan ALT TAB Windows 7 saat ini dan ingin kembali ke mode klasik yang tidak transparan kita masih bisa menggunakannya di Windows 7. Untuk mengaktifkan mode klasik tahan tombol ALT sebelah kiri kemudian tekan tombol ALT sebelah kanan dan lepaskan kemduian tekan TAB. Namun itu hanya sesaat saja, ketika kita melepaska ALT+TAB dan menggunakan ALT+TAB lagi tampilan akan kembali seperti semula. Untuk membuatnya secara permanen bisa melalui Registry Editor. Arahkan pada folder berikut *HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\* kemudian klik kanan pada jendela kanan dan pilih new>DEWARD (32-bit) Value. Berikan nama AltTabSetting pada file tersebut dan double klik. Isi value dengan .

Sekarang Anda bisa menikmati ALT+TAB dengan mode klasik. Namun cara ini terkadang tidak bekerja dibeberapa Windows 7.

Menggunakan aplikasi Bukan hanya ALT TAB Windows atau Microsoft yang bisa kita gunakan pada Windows 7, kita juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti VistaSwitcher. Walau pada awalnya VistaSwitcher dirancang untuk Vista kita juga bisa menggunakannya di Windows 7. Vista Switcher akan memberikan tampilan dan konfigurasi yang berbeda bila Anda bosan dengan tampilan Windows 7.

Atau kita juga menggunakan Windows+ TAB untuk tampilan flip 3D yang cukup mengesankan. Hanya saja ini merupakan demo saja dan tidak terlalu berfungsi. Bahkan terkadang akan lag bila komputer kita kurang tinggi spesifikasinya. Di Windows 8 saja fitur ini telah dihapus. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel