Cara Membuat Game dengan Game Maker: Mengolah Strip Images dan Membuat Script (4)

11 Nov 2012 18:00 11244 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah sebelumnya Plimbi menyimak artikel Cara Membuat Game dengan Game Maker pada bagian pengolahan Event, maka Plimbi akan melanjutkan tutorial cara membuat game sendiri untuk perangkat Android kesayangan Plimbi semua. Mari ikuti dan simak tutorial dibawah ini secara seksama dan step by step!

Setelah sebelumnya Plimbi menyimak artikel Cara Membuat Game dengan Game Maker pada bagian pengolahan Event, maka Plimbi akan melanjutkan tutorial cara membuat game sendiri untuk perangkat Android kesayangan Plimbi semua. Mari ikuti dan simak tutorial dibawah ini secara seksama dan step by step!

Mengolah Strip Images

Tahapan selanjutnya untuk cara membuat game sendiri menggunakan GameMaker adalah tapap pengolahan gambar strips pada GameMaker. Strips sendiri merupakan sekumpulan sprites yang memuat gerakan atau aksi-aksi dimana antara sprite satu dengan lainnya saling berkaitan. Stripes pada umumnya dipakai untuk membuat object animations, seperti animasi karakter gerak dan aksi. Untuk mengolah strips, yang perlu anda lakukan adalah klik kanan menu Sprites, kemudian pilih Create Sprite. Setelah itu, klik Edit Sprite pilih menu File dan masuk ke Create From Strips. Apabila anda telah masuk ke Create From Strips, selanjutnya silahkan anda pilih gambar strips mana anda inginkan, kemudian anda akan dibawa ke sebuah halaman pengolahan gambar strips. Pada halaman pengolahan gambar strips, terdapat beberapa menu parameter yang perlu anda pahami. Dibawah ini adalah penjelasan dari masing-masing menu parameter yang ada.

Number Per Row

Parameter ini memiliki fungsi menentukan jumlah gambar yang ingin anda ambil secara vertikal. Image Height yaitu menentukan ukuran tinggi image yang akan anda ambil dari strips, sedangkan Image Width untuk menentukan ukuran lebar image yang akan anda ambil dari strips.

Number of Images

Pada parameter ini, digunakan untuk menentukan jumlah image yang ingin diambil dari stripts itu. Biasanya, parameter ini digunakan utnuk image yang memiliki ukuran panjang dan lebar beraturan.

Horizontal Separator & Vertical Separator

Kedua parameter tersebut digunakan untuk membuat blank area/ruang kosong diantara images yang akan diambil. Pada umumnya, parameter tersebut dipakai apabila images pada suatu strips memiliki blank area atau jarak.

Horizontal Cell Offset & Vertical Cell Offset

Digunakan untuk melewati images dari strips sebesar Image Height dan Image Width. Namun, parameter ini jarang sekali digunakan.
Apabila anda telah mendapatkan images yang tepat dari suatu strips, selanjutnya silahkan pilih OK. Sehingga images yang anda pilih tersebut akan diubah menjadi sebuah sprite. Jika anda menginput lebih dari satu sprites, maka akan terbentuk image animation dari sprites tersebut sesuai keinginan anda.

Membuat Script

Pada Tahap cara membuat game sendiri untuk Android, Script adalah komponen paling penting dalam sebuah game. Tanpa sebuah script, game apapun tidak akan dapat berjalan. Pada tahap ini, anda perlu menguasai mengenai script untuk dapat menyusun script-script yang nantinya akan digunakan pada game yang anda rancang. Untuk cara membuat script pada GameMaker, beberapa hal yang perlu anda lakukan adalah pilihlah objek yang ingin anda gunakan, kemudian klik kanan objek tersebut dan pilih Properties. Setelah anda masuk ke halaman Properties, silahkan pilih event yang anda perlukan. Untuk penjelasan masing-masing event, silahkan lihat kembali tutorial sebelumnya pada tahap pembuatan event. Selanjutnya, pilih Control dan klik kanan Execute Code. Maka akan muncul window box warna putih yang bertuliskan Execute Code dibagian atasnya. Pada window box tersebut, terlampir beberapa menu yang mana anda perlu paham fungsi dari masing-masing menu tersebut. Dibawah ini adalah penjelasan dari menu - menu yang ada pada window box.

Applies To Other

Memiliki fungsi untuk memberikan suatu perintah, yaitu script yang anda buat tersebut harus dijalankan Objek lain, seperti Objek yang bertubrukan atau bersentuhan.

Applies To Self

Pada menu ini, ia memiliki fungsi untuk memerintahkan bahwa script yang anda buat tersebut harus dijalankan oleh Objek yang bersangkutan.

Applies To Object

Memiliki fungsi untuk memerintahkan Objek, bahwa script yang anda buat tersebut harus dijalankan oleh Objek lain yang telah anda definisikan sebelumnya.

Check The Script for The Syntax Error

Ini adalah menu yang sangat penting digunakan, dimana menu ini berfungsi untuk mendeteksi dan mencari kesalahan-kesalahan suatu code pada script yang telah anda buat, sehingga menimbulkan error pada script.

Go To Particular Line

Digunakan untuk pergi atau beralih ke suatu baris yang telah anda tetapkan. Pada umumnya menu ini dipakai ketika developer tahu error messages pada debug mode.

Untuk tutorial kali ini mungkin sampai disini dulu. Silahkan anda praktekkan langkah-langkah sesuai tutorial diatas. Sedangkan untuk kelanjutan tutorial cara membuat game sendiri, akan dilanjutkan pada artikel berikutnya. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel