Cara Membuat Game dengan Game Maker: Mengolah Menu Event (3)

10 Nov 2012 14:00 7722 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apabila tutorial **cara membuat game dengan Game Maker** untuk Game Android menggunakan software GameMaker pada part 1 dan part 2 sebelmnya mengulas tahap-tahap instalasi software GameMaker, menginput sprites, dan tahap membuat objek. Pada tutorial part ketiga ini kita akan sampai pada tahap pembuatan Event dalam sebuah game melalui GameMaker. Event merupakan segala kejadian atau reaksi dalam sebuah game yang timbul akibat adanya suatu tindakan atau perintah dari sang pemain, seperti kotak yang meledak apabila pemain memerintahkan untuk memukulnya, atau berubahnya arah pandangan atau jalur sang pemain ketika ia menekan suatu tombol pada keyboard, dan sebagainya.

Apabila tutorial cara membuat game dengan Game Maker untuk Game Android menggunakan software GameMaker pada part 1 dan part 2 sebelmnya mengulas tahap-€œtahap instalasi software GameMaker, menginput sprites, dan tahap membuat objek. Pada tutorial part ketiga ini kita akan sampai pada tahap pembuatan Event dalam sebuah game melalui GameMaker. Event merupakan segala kejadian atau reaksi dalam sebuah game yang timbul akibat adanya suatu tindakan atau perintah dari sang pemain, seperti kotak yang meledak apabila pemain memerintahkan untuk memukulnya, atau berubahnya arah pandangan atau jalur sang pemain ketika ia menekan suatu tombol pada keyboard, dan sebagainya.

Untuk menciptakan event-€œevent pada game, anda bisa merancangnya melalui menu Objek, lalu klik Add Event. Pada halaman menu Event, anda akan disuguhkan dengan berbagai tombol atau perintah yang mana masing-€œmasing tombol memiliki fungsi berbeda. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari tombol-€œtombol yang terlampir pada menu Event.

Alarm Event
Dengan menu ini, memungkinkan anda untuk mengatur timing dari suatu kejadian dalam sebuah game.

Boundary Event
Menu ini memiliki fungsi sebagai perancangan suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek meninggalkan sebuah room, baik sedikit dari keseluruhan bagian objek, maupun secara keseluruhan.

Close Button
Menu ini berfungsi apabila kita telah melakukan penonaktifan / disable pada fungsi menu Threat Close Button as Key yang terdapat pada Global Game Setting bagian Other.

Collision Event
Dalam tahap membuat game Android, fungsi Collision Event digunakan untuk merancang sebuah kejadian yang mana moment nya bersamaan persis ketika sebuah objek mengalami tumbukkan atau bersentuhan dengan objek lain. Fungsi tersebut cukup efektif untuk menciptakan kejadian atau reaksi ketika pemain menembakkan sebuah peluru, dimana ketika peluru tersebut menyentuh suatu objek lain, maka objek tersebut akan mengalami sebuah reaksi, seperti pecah, meledak & terbakar, jatuh, dan sebagainya.

Create Event
Pada umumnya, menu ini digunakan untuk membuat suatu variable objek pada sebuah game, dimana ia berfungsi untuk menciptakan sebuah event ketika suatu objek dibuat.

Destroy Event
Sebetulnya, menu ini jarang digunakan dalam membuat game Android. Hal itu dikarenakan fungsi menu ini dapat diwakilkan oleh Action Destroy Instance, dimana fungsi mereka sama-€œsama membuat suatu event ketika sebuah objek dihancurkan atau dileburkan dalam permainan suatu game.

Drawing Event
Pada event ini, memungkinkan anda untuk melukis suatu objek beserta settingannya, yang nantinya akan dimasukkan kedalam game.

End of Animation
Menu ini difungsikan untuk membuat suatu event dalam sebuah game yang terjadi saat ketika animation suatu objek berakhir. Tentunya menu ini hanya akan efektif digunakan apabila sprite yang anda gunakan berasal dari gambar-€œgambar berekstensi .gif , dimana dalam satu sprite terdapat lebih dari satu sub gambar.

End of Path
Digunakan untuk membuat sebuah kejadian yang akan terjadi ketika suatu objek telah mencapai batas atau limitasi dari suatu path yang telah anda tentukan.

Game End Event
Digunakan untuk membuat suatu event yang terjadi pada akhir sebuah permainan. Pada umumnya, event ini digunakan untuk melakukan aktifitas auto saving dalam sebuah game.

Game Start Event
Fungsinya yaitu membuat sebuah event yang akan terjadi pada permulaan suatu permainan, dimana menu ini biasa digunakan untuk melakukan aktifitas load data otomatis dan memulai playlist music.

Keyboard Event
Event ini berfungsi membuat suatu kejadian yang mana akan terjadi sesaat ketika sang pemain menekan suatu tombol pada keyboard Androidnya.

Key Pressed Event
Berfungsi untuk menciptakan suatu event yang akan muncul ketika pemain mencoba untuk menekan dan menahan tombol keyboard pada perangkat Android mereka.

Key Released Event
Fungsi event ini kebalikan dari fungsi Key Pressed Event, dimana pada event ini pemain akan mendapati suatu kejadia sesaat ketika melepaskan tombol keyboard yang sebelumnya iya tahan.

Mouse Event
Dalam membuat game Android event ini terbilang optional, dimana fungsi dari event ini yaitu menciptakan suatu kejadian yang akan terjadi sesaat ketika sang pemain berinteraksi menggunakan mouse atau joystick.

No More Health
Berfungsi untuk menciptakan suatu reaksi atau event ketika volume atau value dari bar kesehatan pada suatu karakter telah penuh, sedang, atau habis.

No More Lives
Memungkinkan untuk membuat sebuah reaksi dari suatu karakter dimana ia telah berada pada value atau volume nyawa kosong atau habis.

Outside Event
Fungsi menu ini persis seperti fungsi menu Boundary Event. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan diantara keduanya, yakni jika Boundary Event terjadi ketika suatu objek meninggalkan sebuah ruangan dengan jumlah bagian objek keseluruhan maupun sebagian, sedangkan pada Outside Event, ia akan berfungsi pada objek yang telah keluar dari room secara keseluruhan.

Room Start Event
Menciptakan suatu event dalam sebuah permainan yang akan terjadi ketika stage telah dimulai.

Room End Event
Merupakan kebalikan dari Room Start Event, dimana event akan terjadi ketika suatu stage selesai.

Step Event
Dalam membuat game Android, menu ini tidak boleh terlewatkan. Ia berfungsi untuk menciptakan suatu event ketika sebuah objek melakukan suatu gerakan atau aksi, seperti melompat, berlari, berjalan, memukul, dan sebagainya.

User Definied
Digunakan untuk membuat suatu event, dimana event tersebut didasarkan pada ketentuan yang ditetapkan oleh anda sebagai suatu rincian-€œrincian tertentu.

Views Event
Menu Event yang terakhir adalah Views Event, dimana ia memiliki fungsi untuk menampilkan room dalam suatu sudut pandang yang berbeda layaknya sebuah game 3D. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel