Review Kamera Digital Panasonic Lumix TZ25 Pelengkap Gaya Hidup Modern Anda

11 Nov 2012 10:00 3857 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seiring dengan semakin maraknya fotografi yang menjadi bagian dari gaya hidup modern, Panasonic kembali meluncurkan kamera terbarunya. Pada review kamera pocket kali ini, Paseban akan membahas **kamera digital Panasonic Lumix** DMC TZ25. Panasonic Lumix DMC TZ25 menggantikan Panasonic TZ18 sebagai kamera terjangkau dalam rentang perjalanan kamera Panasonic TZ, yang dibanderol seharga US $249,99. Kamera kompak Panasonic TZ dikenal dengan zoom-nya yang besar dan bahkan set fitur yang lebih besar.

Seiring dengan semakin maraknya fotografi yang menjadi bagian dari gaya hidup modern, Panasonic kembali meluncurkan kamera terbarunya. Pada review kamera pocket kali ini, Paseban akan membahas kamera digital Panasonic Lumix DMC TZ25. Panasonic Lumix DMC TZ25 menggantikan Panasonic TZ18 sebagai kamera terjangkau dalam rentang perjalanan kamera Panasonic TZ, yang dibanderol seharga US $249,99. Kamera kompak Panasonic TZ dikenal dengan zoom-nya yang besar dan bahkan set fitur yang lebih besar. Panasonic TZ25 - juga dikenal sebagai Panasonic ZS15 - tidak mengecewakan. Apa yang Anda dapatkan di sini pada dasarnya adalah Panasonic TZ30 lite - meskipun secara fisiknya lebih berat dibandingkan dengan kamera superzoom unggulan Panasonic.

Panasonic TZ25 memiliki 16x optical zoom, sama seperti Panasonic TZ18 yang dikeluarkan tahun lalu. Lensa Panasonic TZ25 memiliki jangkauan 24-384mm, yang mungkin tidak seekstrem Panasonic TZ30 (24-480mm). Tapi ini mempertahankan pengaturan lebar yang sama, yang sangat baik digunakan untuk pengambilan gambar di dalam ruangan, potret grup dan pengambilan foto scenic. Panasonic TZ25 memiliki resolusi yang efektif pada sensornya sebesar 12,1MP. Ini merupakan penurunan dari Panasonic TZ18, yang memiliki 14,1 juta piksel efektif. Pada Panasonic TZ30 Anda akan menjumpai touchscreen, GPS, video Full HD 1920 x 1080, dan perekam suara stereo (Panasonic TZ25 merekam catatan mono 1080i). Kamera ini juga disertai sebuah lensa ED ekstra untuk zoom. Panasonic TZ25 sangat nyaman dalam genggaman, meskipun kamera ini hanya memiliki pegangan kecil yang dilapisi dengan tatahan mengkilap dan tumpuan jempol yang kurang efektif. Pada bagian atas dari Panasonic TZ25 terdapat tombol shutter responsif yang dikelilingi oleh pengontrol zoom, ditambah juga dengan tombol rekam langsung untuk mengambil video serta tombol pilihan mode.

Selain mode P,A,S,M, tombol ini juga mencakup Intelligent Auto, Scene Mode, 3D Photo Mode dan My Scene Mode, yang memungkinkan Anda untuk menerapkan salah satu efek filter kreatif dari Panasonic. Ada juga pilihan untuk menyimpan pengaturan lengkap kamera seperti mode Custom. Bagian belakang kamera menghadirkan fitur pengaturan yang akrab bagi Anda yang biasa menggunakan kamera Panasonic.

Kontrol empat arah memberikan Anda akses langsung ke kompensasi eksposur, pengaturan flash, fokus makro dan self-timer. Sedangkan tombol SET/MENU menegaskan pilihan dan untuk menu pengambilan atau pemutaran pada Panasonic TZ25, tergantung pada modus kamera yang sedang Anda gunakan. Sebagian besar tombol switch pada Panasonic TZ25 tergolong cepat dan tepat, yang merefleksikan kualitas berstAndar tinggi. Namun dalam setiap kesempurnaan, selalu terdapat kekurangan. Tombol geser On/Off pada kamera ini cukup kaku. Untuk berpindah dari modus bidikan dan pengambilan video juga masih menggunakan tombol fisik yang terdapat di belakang kamera. Selain itu, pengatur zoom yang menutupi tombol shutter juga terasa kurang efektif, karena bisa saja kedua tombol ini digunakan pada saat yang bersamaan, baik pada saat pengambilan gambar maupun video.

Layar LCD juga mengeluarkan semburat hijau bila dilihat dari atas atau bawah, meskipun tersedia pilihan untuk kecerahan. Dalam hal kinerja, Panasonic TZ25 selaras dengan Panasonic TZ30. Start up untuk pengambilan gambar pertama memakan waktu sekitar 2,2 detik, sementara zooming satu lensa penuh membutuhkan 2,5 - 2,8 detik. Menggunakan mode playback pada Panasonic TZ25 kurang mengesankan, butuh waktu lebih dari 3 detik untuk menampilkan hasil foto pertama.

Panasonic TZ25 memiliki rentang ISO dari 100 hingga 3200. Selain menawarkan fungsi Auto ISO, dimana kamera akan memilih ISO yang tepat sesuai kondisi cahaya, Panasonic TZ25 juga dilengkapi dengan pengaturan ISO yang cerdas. Pengaturan ini memungkinkan kamera mendeteksi pergerakan objek sehingga memperoleh gambar yang tajam. Ini berguna untuk memotret objek yang bergerak cepat. Lensa Panasonic TZ25 mampu menyelesaikan beberapa tingkat detail dengan sangat baik. Seperti halnya Panasonic TZ30, ada empat mode AF utama yang ditawarkan, yaitu Spot, 1-Area, 23-Area dan Face Detection. Auto White Balance terbukti dapat diAndalkan, saat mengambil rekaman HD dan bergerak dari lokasi yang terang ke lokasi yang lebih redup cahayanya, Panasonic TZ25 juga cepat menyesuaikan dengan kondisi yang berubah.

Kesimpulan Pada review kamera pocket untuk Panasonic TZ25, kesimpulan yang dapat diambil adalah kamera ini memiliki sesuatu yang menawarkan semua kemampuan untuk fotografer. Jika Anda seorang pemula, lebih baik menggunakan Intelligent Auto. Mode point-and-press ini lebih baik dan cocok dengan pengaturan kamera untuk situasi pengambilan dengan tingkat akurasi yang pas. Secara keseluruhan, Panasonic TZ25 memiliki kinerja yang cepat dengan banyak fitur yang benar-benar berguna dan mampu menghasilkan gambar yang halus dan menarik. Demikian review kamera pocket terbaru keluaran Panasonic kali ini, yang bisa menambah referensi Anda untuk memenuhi kebutuhan fotografi Anda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel