Tips-Tips Komputer yang Unik dan Mungkin Belum Anda Ketahui

6 Nov 2012 11:30 7497 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini Plimbi akan berbagi beberapa tips unik dalam dunia komputer. Berikut ini beberapa "tips-tips komputer" unik pada komputer yang mungkin Anda sendiri baru kali pertama mengetahuinya. Memang sedikit aneh tapi patut dicoba. Yang harus diperhatikan disini adalah, Tips unik pada komputer berikut merupakan jalan terakhir yang bisa dilakukan, sebelum membawa perangkat Anda ke jasa profesional.

Kali ini Plimbi akan berbagi beberapa tips unik dalam dunia komputer. Berikut ini beberapa tips-tips komputer unik pada komputer yang mungkin Anda sendiri baru kali pertama mengetahuinya. Memang sedikit aneh tapi patut dicoba.

Yang harus diperhatikan disini adalah, Tips unik pada komputer berikut merupakan jalan terakhir yang bisa dilakukan, sebelum membawa perangkat Anda ke jasa profesional. Selain itu, apa yang akan dibahas disini beresiko sangat tinggi, dan bisa mengakibatkan kerusakan permanen terhadap data Anda maupun hardware Anda. Tingkat keberhasilan Tips unik pada komputer pun tidak terjamin. Jadi pertimbangkan dulu baik-baik sebelum melakukannya.

Tips unik pada komputer pertama adalah cara membetulkan Hard disk

Cara-cara berikut ini bisa diterapkan pada harddisk yang sudah sekarat, tinggal menunggu waktu untuk membeli harddisk baru, dan bermasalah pada platter-nya sehingga tidak mau berputar. Cara-cara ini biasanya hanya bisa diterapkan sekali saja, dan tidak bisa diulangi lagi. jadi apabila berhasil, segera pindahkan data itu ke media lain saat itu juga :

  • Dimasukkan ke freezer : bungkus harddisk Anda ke dalam kemasan yang tidak tembus air, lalu taruh di dalam freezer kulkas selama kira-kira 30 menit sampai dengan 1 jam. Setelah selesai,
    segera harddisk-nya, dan copy datanya sebelum suhu di harddisk itu meningkat lagi.

  • Dijatuhkan : siapkan karpet atau permukaan yang agak lunak, lalu jatuhkan harddisk Anda dari ketinggian kira-kira 20 cm. Tindakan ini dilakukan agar head yang melekat pada platter bisa terlepas lagi.

  • Diketuk : ketuk harddisk di sisinya dengan menggunakan pangkal obeng pelan-pelan, begitu harddisk baru dinyalakan 5 detik dan tidak mau berputar.

Tips unik pada komputer selanjutnya adalah menjalankan kembali CD/DVD yang tidak terbaca

Apabila anda memiliki CD/DVD yang kotor segeralah kepingan milik anda tersebut dicuci dengan menggunakan deterjen untuk membersihkannya dari debu yang menempel. Nah, sekarang bagaimana bila CD/DVD anda yang tergores ?

  • Gunakan pasta gigi: oleskan bagian bawah CD/DVD dengan sedikit pasta gigi. Kemudian usap dengan menggunakan kain katun secara pelan-pelan. Lakukan sesuai dengan jalur lingkaran CD, dan sampai sisa pasta gigi itu hilang.

  • Gunakan Brasso : Brasso biasa digunakan untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari metal agar terlihat mengkilap lagi. Cara penggunaannya sama dengan pasta gigi yaitu dengan cara di usap.

  • Menggunakan pisang : Tips yang satu ini terdengar konyol, tapi tidak ada salahnya bila digunakan sebagai percobaan, jika Anda tidak punya pasta gigi atau Brasso. Ambil sebuah pisang yang masih segar, kupas, dan ambil kulitnya. Gunakan kulit pisang tersebut untuk mengusap permukaan bawah CD searah dengan alur lingkaran CD. Bersihkan dengan menggunakan kain katun, lalu semprotkan pembersih kaca, setelah itu bersihkan lagi dengan kain.

Tips unik pada komputer selanjutnya adalah Mengunci komputer dengan menggunakan Flashdisk

Tips yang satu ini memang tidak terdengar seperti dua tips unik pada komputer diatas. Tips untuk mengunci komputer ini membutuhkan aplikasi bernama Predator yang merupakan sebuah tool yang dapat mengunci komputer Anda saat Anda sedang tidak berada di depan PC, sekalipun sistem operasi PC Anda sedang berjalan.

Dengan tool gratis ini Anda bisa membuat USB flash drive Anda menjadi kunci yang bisa Anda gunakan untuk me-lock dan meng-unlock PC Anda. Dengan demikian Anda bisa menjaga komputer Anda dari penggunaan lain.

Cara penggunaan tool ini sangat mudah, cukup dengan menghubungkan flash drive Anda ke PC, kemudian jalankan tool Predator yang ada di PC Anda, dan nantinya Anda akan diminta memasukkan password sebagai kunci untuk mengoperasikan PC yang Anda miliki. Jika tool ini telah berjalan di system Windows Anda, saat Anda memisahkan (Unplug) flash disk dari PC Anda, maka komputer yang Anda gunakan akan terkunci dengan sendirinya, sekalipun OS Windows sedang beroperasi pada komputer tersebut. Untuk menjalankan komputer kembali dalam kondisi normal, Anda cukup menghubungkan Flash Disk yang tadinya Anda gunakan ke PC Anda.

Dengan PEDATOR keamanan PC akan terjaga dengan mudah, semudah menghubungkan dan memisahkan USB Flash Disk dari PC. Predator bisa diunduh di sini. [JON]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel