Tips Android ICS Untuk Pengguna Baru

5 Nov 2012 14:00 4742 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi dari Google fleksibel untuk digunakan, dan merupakan hal yang mudah dalam menjelajahi fitur-fiturnya juga dengan mempelajari tips Android yang ada. Berikut ini adalah beberapa tips Android khususnya Ice Cream Sandwich yang akan membantu Anda sebagai pengguna baru untuk mengeluarkan potensi Android dengan cara yang mudah.

Dengan OS Android Ice Cream Sandwich (ICS), Google berharap sistem operasinya ini dapat bekerja lebih baik dari yang sebelumnya. Melalui berbagai fitur-fitur baru yang ditanamkan dan juga perbaikan yang dilakukan, dapat memberikan pengalaman pada penggunanya saat memakai sistem operasi Android ICS ini. Lalu bagaimana cara pemakaian Android untuk Anda yang baru menggunakannya? Tidak perlu khawatir, karena sistem operasi dari Google ini fleksibel untuk digunakan, dan merupakan hal yang mudah dalam menjelajahi fitur-fiturnya juga dengan mempelajari tips Android yang ada. Berikut ini adalah beberapa tips Android khususnya Ice Cream Sandwich yang akan membantu Anda sebagai pengguna baru untuk mengeluarkan potensi Android dengan cara yang mudah.

Memasang Widget

Widget Android memberikan informasi dan akses secara langsung ke homescreen, dan dapat memudahkan kegiatan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memiliki widget calendar yang memperlihatkan tanggal hari ini, atau juga widget weather yang dapat memberikan perkiraan cuaca. Anda dapat memasukkan widget dengan memilihnya pada ikon App drawer pada dock di bagian bawah pada homescreen, tap area widget di bagian atas, dan drag widget yang Anda inginkan pada halaman awal Android Anda.

Melindungi data

Smartphone biasanya berisi informasi yang bersifat pribadi. Dengan tips ICS ini, Anda dapat mengatur PIN atau lockscreen yang dapat membantu Anda mencegah orang-orang iseng yang akan menggunakan smartphone Android Anda. Untuk memakai fasilitas ini, pergi ke menu Setting pada smartphone kemudian pilih opsi Security. Kemudian pilih Screenlock untuk mencari daftar berbagai macam lockscreen yang bisa dipakai.

Mengelola dengan folder

Memiliki banyak aplikasi akan mengakibatkan banyaknya ikon pada layar menu Android Anda yang membuat sulit untuk mencari aplikasi yang akan dipakai. Tips Android ini akan mengatasinya dengan menggunakan folder untuk mengelompokkan beberapa aplikasi sejenis agar dapat membantu Anda. Untuk membuat folder, drag satu ikon aplikasi ke aplikasi lainnya. Pada hal yang sama, Anda butuh untuk membuat folder menggunakan tombol menu dan kemudian Create Folder, lalu drag ikon ke dalamnya. Dengan tips ini, Anda sekarang tidak bingung untuk mencari aplikasi yang Anda inginkan.

Install Keyboard

Android memberikan Anda jalan untuk melakukan instalasi keyboard untuk memberikan berbagai gaya dalam pengetikkan. Kebanyakan smartphone atau tablet Android telah dibekali multiple keyboard yang bisa dipilih. Untuk mengganti keyboard pada perangkat Android, pergi ke menu Settings dan pilih Language and Input. Lihat ke bawah sampai Anda menemukan opsi untuk memilih default keyboard, dan tap pada area tersebut yang akan membawa Anda pada daftar keyboard yang ada. Jika Anda merasa tidak cocok dengan pilihan keyboard yang ada, Anda bisa mengunduh banyak macam keyboard di Google Play Store.

Memasukkan karakter spesial

Tips ICS berikut dapat dilakukan saat melakukan pengetikkan. Ketika Anda mengetik, tap dan tahan tombol yang diinginkan pada keyboard, dan Anda akan diperlihatkan pop-up yang berisi karakter spesial dan alternatif yang ada pada beberapa bahasa berdasarkan karakter yang dipilih.

Mengambil screenshot

Untuk tips ICS Android ini bisa berbeda-beda pada setiap perangkat, tetapi secara umum Anda dapat mengambil screenshot atau apapun yang tertera pada layar dengan melakukan menahan tombol volume dan power secara bersamaan. Kini Anda telah mendapatkan screenshot dan disimpan di Gallery.

Resize widget

Ketika Anda telah menempatkan widget pada homescreen, Anda akan dengan mudah melakukan resize dengan tap dan tahan pada widget. Jika widget dapat diganti ukuran, akan muncul kotok biru. Kemudian Anda dapat mengganti ukuran widget sesuai keinginan, dengan tidak memakan semua tempat pada homescreen.

Berbagi koneksi

Jika Anda tidak berada pada area yang menggunakan WiFi, dan Anda ingin menggunakan laptop atau tablet, perangkat Android dapat membantu Anda dengan menggunakan koneksi datanya. Fitur ini dapat ditemukan di menu Settings > Wireless & network > More settings > Thetering > Portable WiFi hotspot. Tips ICS Android ini memungkinkan untuk mengubah perangkat Android Anda menjadi portable WiFi. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel