3 Kriteria Handphone Untuk Jago Bermain Game Mobile

14 Oct 2012 17:00 5006 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam memilih sebuah handphone sebagian orang tidak hanya menyesuaikan dengan budgetnya saja, namun mereka juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan hobinya. Salah satu yang paling banyak dipertimbangkan adalah kriteria memilih handphone agar sesuai dengan hobi bermain game di ponsel.

Ketika memilih sebuah handphone yang akan dibeli kemudian digunakan, tiap-tiap orang tentunya akan memiliki preferensi yang berbeda. Ada yang berfokus kepada fitur-fitur utama seperti kecepatan prosesor ataupun kemampuan RAM dalam mengakomodasi multitasking. Namun ada pula yang lebih berfokus kepada detail-detail handphone seperti desain, warna dan ukuran. Memang betul, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah handphone. Secara garis besar ada 2 hal krusial yang menjadi faktor penting, pertama adalah hardware dan kedua adalah software. Hardware sendiri mencakup mulai dari desain, ukuran, warna dan juga fitur-fitur seperti prosesor, kamera dan layar. Untuk software lebih berfokus kepada sistem operasi.

Dalam memilih sebuah handphone orang-orang juga akan menyesuaikan kebutuhannya. Jika mereka ingin sebuah handphone untuk digunkan sebagai pengerjaan mengetik handphone dengan layar sentuh mungkin kurang cocok, tetapi handphone dengan keypad fisik atau keyboard eksternal paling sesuai dengan kebutuhannya. Berbeda dengan mereka yang menggunakan handphone hanya sekedar untuk bermain game mobile saja. Ya, seperti kita ketahui beberapa sistem operasi teranyar saat ini memang menyediakan banyak sekali game yang layak untuk diunduh lewat marketnya. Tak jarang pula game-game tersebut adalah game-game ternama yang sudah tidak asing lagi didengar.

Menggunakan handphone sebagai konsol game mini bukanlah hal yang sulit. Kita hanya perlu menyesuaikan kemampuan handphone dengan game pilihan yang ingin dimainkan. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjodohkan handphone dengan game mobile kesukaan. Berikut adalah beberapa kriteria handphone bagi Anda yang ingin jago bermain game.

Processor dan RAM

Ini bisa menjadi faktor utama untuk memainkan game-game kelas berat. Prosesor akan mempercepat pengoperasian game dan RAM sejatinya berperan penting dalam menjalankan game di handphone secara optimal. Untuk game-game sekelas Pro Evolution Soccer yang tergolong berat, handphone Anda setidaknya harus memiliki prosesor minimun 1Ghz plus RAM 512MB. Hal itu untuk mengantisipasi lag ketika memainkannya. Namun jika Anda hanya ingin memainkan game-game ringan, prosesor dan RAM lebih kecil sepertinya akan lancar ketika dimainkan.

Layar

Layar menjadi sektor kedua terpenting dalam menjodohkan handphone dengan game. Layar mencakup luas layar, resolusi dan kedalaman warna. Namun yang lebih terpenting menurut adalah luas layar, karena luas layar akan menentukan genre permainan Anda. Jika Anda memilih memainkan game simulasi seperti Tycoon atau sejenisnya, maka handphone berlayar lebar minimal 4 inch lah yang layak untuk Anda. Dalam memainkan game simulasi tersebut tentu keleluasaan melihat setiap sudut layar dalam game adalah yang terpenting. Tentunya resolusi juga akan berperan, percuma jika layar seluas 4 inch namun hanya berresolusi 320 x 480 piksel. Gambar akan terlihat membesar dan melupakan detailnya. Terakhir adalah kedalaman warna, tentu angka 256 ribu warna cukup ideal untuk beberapa game di handphone. Tidak harus sempurna dengan 16 juta warna, karena kedalaman warna hanya mempengaruhi kualitas gambar saja, bukan gameplay.

Keypad

Handphone-handphone masa kini tentu bisa dibilang minim keypad, namun ketiadaan keypad tersebut bukan masalah bagi Anda yang ingin bermain game. Layar sentuh akan mengakomodir hadirnya sebuah keypad virtual pada layar, meskipun tidak akan seleluasa pada keypad fisik. Anda bisa menggunakan beberapa handphone yang memiliki keyboard atau bahkan Anda bisa memilih Sony Ericsson Xperia Play jika ingin memaikan game secara lebih serius. Dijamin tingkat kenyamanan Anda akan 100% mirip dengan memainkan game pada konsol.

Ya, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mengunduh sebuah game untuk dimainkan pada handphone Anda. Apalagi jika Anda berniat membeli game berbayar, tentu aspek-aspek tadi sangat bermanfaat agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Ketersediaan game mobile di handphone yang banyak bukan berarti bisa dimainkan seluruhnya namun harus disesuaikan dengan perangkat yang kita miliki. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel