Pertarungan Dua Ponsel Berlayar 4 Inci dengan Harga 3 Jutaan, Sony ericsson Xperia Play vs Nokia X7, Mana yang Lebih Unggul?

17 Jan 2012 18:00 7831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sony Ericsson telah meluncurkan ponsel *gaming* Sony ericsson Xperia Play pada bulan Maret 2011. Pun demikian dengan Nokia yang menghadirkan Nokia X7 sebulan setelah Xperia Play muncul ke publik. Simak perbandingan kedua ponsel ini di sini.

Sony Ericsson telah meluncurkan ponsel gaming Sony ericsson Xperia Play pada bulan Maret 2011. Pun demikian dengan Nokia yang menghadirkan Nokia X7 sebulan setelah Xperia Play muncul ke publik. Kedua ponsel ini di Indonesia sendiri dijual dengan kisaran harga sekitar 3 jutaan. Untuk Xperia Play per tanggal 4 Januari 2012, harga yang dipatok adalah Rp 3.325.000. Sedangkan untuk Nokia X7 dijual dengan harga Rp 3.850.00.

Lalu bagaimana head to head dari spesifikasi kedua ponsel ini? Berikut Paseban hadirkan review lengkapnya.

Dimensi

Sony ericsson Xperia Play berdimensi 119x62x16 mm dengan berat 175 gram. Di sisi lain, Nokia X7 hadir dengan dimensi 119,7x62,8x11,9 mm serta bobot 146 gram. Ponsel X7 tampil sebagai pemenang dengan ukuran yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan.

Layar

Sony ericsson Xperia Play memiliki layar berukuran 4 inci dengan resolusi 480x854 piksel. Layar capacitive touchscreen pada ponsel ini dilengkapi dengan LED-backlit yang mendukung 16 juta warna. Sebagai ponsel game, tentunya layar dari ponsel ini mendukung ketika digunakan bermain game. Terdapat touch sensitive gaming control, tombol game seperti pada PSP, sensor accelerometer, sensor proxymeter, multi-touch serta UI timescape.

Sementara itu, ponsel yang dibuat Nokia memiliki ukuran layar 4 inci dengan resolusi 360x640 piksel. Layar AMOLED capacitive touchscreen-nya mampu mendukung tampilan 16 juta warna. Fitur lainnya, terdapat Gorilla glass sebagai pelindung anti gores, sensor proximity, serta sensor accelerometer. Di sini, Paseban memberikan gelar kemenangan pada Xperia Play karena memiliki fitur yang lebih komplit serta resolusi yang lebih tinggi.

Kinerja

Kedua ponsel ini mendukung jaringan 3G. Konektivitas WiFi, Bluetooth dan USB pun sama-sama dimiliki oleh Sony ericsson Xperia Play dan Nokia X7. Kualitas loudspeaker dengan stereo pun dimiliki kedua ponsel ini. Di bagian dalam, Sony ericsson Xperia Play memakai jasa Qualcomm Snapdragon MSM 8255 1GHz plus GPU Andreno 205 untuk menunjang kinerjanya. Terdapat pula RAM 512MB. Sedangkan pada Nokia X7, terdapat RAM 256MB yang digunakan untuk menunjang kinerja prosesor ARM 11 680Mhz dan ada pula GPU Broadcom BCM2727.

Perbedaan lainnya terdapat pada sistem operasi yang digunakan. Di satu sisi, ponsel Sony ericsson Xperia Play menggunakan OS Android Gingerbread 2,3 dan pihak Sony Ericsson pun mengatakan bahwa mereka akan memberikan update Android ICS bagi Xperia Play. Sementara itu, Symbian Anna menjadi sistem operasi untuk Nokia X7.

Dari OS yang digunakan, tentunya Android lebih menjadi pilihan. Terlebih, Nokia kini lebih cenderung meluncurkan ponsel yang berbasis Windows Phone. Kabar terbaru, Symbian Belle yang merupakan OS Symbian terbaru berganti nama menjadi Nokia Belle. Lagi-lagi Xperia Play menjadi pemenang. Kinerja ponsel ini lebih menjanjikan kualitas yang baik berkat kinerja prosesornya yang lebih baik dibandingkan prosesor milik Nokia X7.

Kamera

Sony ericsson Xperia Play memiliki dual kamera, 5MP berkemampuan untuk menangkap gambar 2592x1944 piksel di bagian belakang dan kamera VGA di bagian depan. Fitur autofokus, LED flash, geo-tagging serta image stabilization juga melengkapi kamera milik Xperia Play. Sedangkan Nokia X7 hanya membubuhkan kamera 8MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan fitur geo-tagging, dual LED flash, serta face and smile detection. Di sini, Paseban lebih memilih Nokia X7 sebagai pemenang. Meskipun hanya satu kamera, namun kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih baik.

Memori dan Baterai

Baterai standard Li-Ion 1500 mAh milik Sony ericsson Xperia Play sanggup bertahan selama 31 jam untuk memainkan musik. Selain itu, jika digunakan dalam keadaan talktime akan bertahan selama 8 jam 25 menit (2G) dan 6 jam 25 menit (3G). Sedangkan pada Nokia X7 memakai baterai Li-Ion 1300 mAh (BL-5K) yang mampu bertahan selama 6 jam 30 menit talk time pada mode 2G dan 4 jam 30 menit pada mode 3G.

Pada bagian memori internal, Sony Ericsson membubuhkan kapasitas penyimpanan sebanyak 400 MB dengan pilihan slot microSD berkapasitas maksimum 32GB. Sedangkan Nokia X7 mematenkan 1GB ROM ditambah dengan slot microSD 32GB. Nokia juga akan memberikan SDcard 8GB bundling. Pada bagian ini, kedua ponsel masing-masing memiliki keunggulan. Xperia Play unggul pada ketahanan baterai, sedangkan Nokia X7 unggul pada besarnya kapasitas penyimpanan.

Kesimpulan

Dilihat dari hasil perbandingan kedua ponsel di atas, Paseban memberikan gelar kemenangan pada Sony ericsson Xperia Play. Spesifikasi kedua ponsel ini masing-masing bisa dilihat di aplikasi Handset Specification Paseban di bawah ini :

[IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel