Simak Pertolongan Pertama ketika Handphone Masuk Air

13 Oct 2012 10:00 29787 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda pernah ketika sedang berada di kamar mandi, tiba tiba handphone Anda secara tidak sengaja jatuh ke dalam air? Atau mungkin ketika dalam cuaca hujan, handphone Anda terjatuh ke dalam genangan air? Atau mungkin yang lebih buruk, handphone Anda tersiram cairan seperti teh atau air minum ketika Anda sedang makan dan meletakan handphone Anda di sebelah Anda?

Apakah Anda pernah ketika sedang berada di kamar mandi, tiba tiba handphone Anda secara tidak sengaja jatuh ke dalam air? Atau mungkin ketika dalam cuaca hujan, handphone Anda terjatuh ke dalam genangan air? Atau mungkin yang lebih buruk, handphone Anda tersiram cairan seperti teh atau air minum ketika Anda sedang makan dan meletakan handphone Anda di sebelah Anda?

Normalnya, ketika handphone Anda terkena air, maka komponen di dalam handphone terdapat kemungkinan untuk rusak secara permanen dan akhirnya membuat handphone Anda tidak dapat kembali menyala. Bila ini sampai terjadi tentunya akan sangat mengganggu sekali, komunikasi Anda akan terputus karena handphone Anda tidak dapat digunakan sampai Anda mendapatkan handphone pengganti dalam waktu yang cukup lama.

Plimbi akan memberikan beberapa tips pertolongan pertama ketika handphone masuk air untuk Anda, agar bila hal ini terjadi kepada Anda, handphone Anda tidak akan sampai mendapat kerusakan parah.

  • Matikan handphone Anda secepatnya. Anda dapat mematikan handphone Anda dengan cara normal, tetapi lakukanlah secepatnya sehingga ketik air menyentuh komponen penting tidak menyebabkan komponen tersebut rusak atau korslet.

  • Bila memungkinkan, segera cabut baterai dari handphone Anda untuk mematikan arus listrik secara langsung dari handphone Anda. Tanpa arus listrik yang masuk, maka komponen di dalam handphone pun tidak akan bekerja. Selain itu, lepaskan SIM Card dan memory card dari handphone Anda. Tujuannya adalah agar Anda dapat menyelamatkan data data di dalam SIM Card dan memory card Anda. Layaknya komponen elektronik lainnya, SIM Card dan memory card mudah rusak apabila terkena air, sehingga sangat penting bagi Anda untuk segera melepas komponen ini untuk menyelamatkan data penting milik Anda.

  • Jika jumlah cairan yang masuk cukup banyak, segera lepas penutup handphone dan beberapa bagian lainnya yang mungkin untuk Anda lepaskan. Setelah itu sekalah handphone Anda dengan lap kering. Lap seluruh bagian dari handphone Anda hingga Anda yakin bahwa handphone Anda benar benar sudah kering dari cairan yang masuk.

  • Letakan handphone dan seluruh bagian yang telah Anda lepaskan di tempat yang hangat, semisalnya di bawah cahaya lampu meja. Letakan dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1 sampai 2 hari untuk memastikan bahwa seluruh bagian handphone benar benar telah kering.

  • Menurut rumor yang beredar, meletakan handphone yang kemasukkan air ke dalam beras juga akan membantu untuk menyerap cairan yang berada di dalam handphone Anda. Ini disebabkan karena beras memiliki sifat untuk menyerap air dan kelembaban. Anda dapat menyimpan handphone Anda di dalam mangkuk atau di dalam kantong plastik yang tertutup rapat. Hindari sinar matahari atau suhu yang terlalu panas, karena akan mengakibatkan pengembunan dan memperlambat proses penyerapan air.

  • Angkat dan bersihkan handphone Anda dari wadah beras. Bersihkan sampai Anda yakin tidak ada debu yang tertinggal. Susun kembali komponen handphone Anda secara lengkap dan benar, setelah itu tekan semua tombol yang ada di handphone Anda. Tekan perlahan untuk memastikan tombol tombol tersebut akan berfungsi dengan baik.

  • Nyalakan kembali handphone Anda secara normal. Kemungkinan besar handphone Anda akan berhasil Anda nyalakan kembali dan berfungsi normal seperti biasanya. Bila handphone Anda menyala tetapi terlihat error atau tidak dapat berfungsi normal, ada baiknya Anda mencoba menggunakan baterai cadangan, karena baterai yang rusak juga mempengaruhi kinerja dari handphone Anda. Namun, apabila handphone Anda masih tidak dapat berfungsi setelah Anda menggunakan baterai cadangan, berarti Anda harus membawa handphone Anda ke tempat servis handphone terdekat, atau mungkin ke Service Center resmi handphone Anda, untuk segera diperiksa kerusakannya. Kemungkinan besar Anda akan diminta untuk mengganti beberapa komponen yang telah rusak akibat terkena air.

Walaupun cara di atas tidak selalu berhasil, tetapi ini akan meminimalisir kerusakan yang akan handphone Anda derita. Sehingga handphone Anda tidak sampai menderita kerusakan parah yang tentunya akan merugikan Anda nantinya. Tentunya lebih baik handphone Anda tidak sampai terkena cairan, tetapi bila terjadi, silakan ikuti langkah langkah di atas. Selamat mencoba! [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel