Cara Membersihkan dan Merawat Sim Card Agar Tetap Awet

1 Nov 2011 11:00 17089 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

SIM merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module SIM Card atau kartu SIM ini merupakan sebuah sirkuit terpadu untuk menyimpan service subscriber key yang aman untuk mengidentifikasi ponsel pelanggan. Sebuah SIM Card terdapat pada sebuah kartu yang dapat dilepas sehingga bisa ditransfer meskipun antar perangkat ponsel yang berbeda.

SIM merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module. SIM Card atau kartu SIM ini merupakan sebuah sirkuit terpadu untuk menyimpan service subscriber key yang aman untuk mengidentifikasi ponsel pelanggan. Sebuah SIM Card terdapat pada sebuah kartu yang dapat dilepas sehingga bisa ditransfer meskipun antar perangkat ponsel yang berbeda.

Setiap SIM Card di antaranya memiliki serial number yang unik (ICCID), International mobile subscriber identity (IMSI), otentikasi keamanan dan informasi penyandian, informasi sementara terkait dengan jaringan lokal, daftar pengguna yang memiliki akses ke layanan dan yang memiliki dua password (PIN dan PUK) PIN biasanya digunakan untuk penggunaan biasa sedangkan PUK untuk unlocking PIN.

Di Indonesia, SIM Card disediakan oleh operator CDMA dan GSM sebagai sarana pendukung dalam berkomunikasi. Ketika Anda memiliki ponsel, mungkin Anda merasa bingung untuk menentukan SIM Card operator mana yang akan Anda gunakan. Jadi, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan banyak hal sebelum menggunakan SIM Card operator tertentu, bisa dengan bertanya kepada teman, keluarga atau siapapun yang ada di sekitar Anda mengenai sinyal masing-masing operator maupun segi harga atau tarif layanannya. Dengan melakukan hal tersebut, Anda telah melakukan salah satu hal yang benar sebagai awal dalam rangka cara membersihkan dan merawat Sim Card agar tetap awet.

Berikut ini adalah cara membersihkan SIM Card pada ponsel Anda :

  • Pertama, matikan ponsel Anda,

  • Keluarkan SIM Card dari ponsel Anda. Jika SIM Card terdapat di bagian yang memerlukan Anda untuk mencopot baterai terlebih dahulu, copotlah baterai ponsel terlebih dahulu, lalu lepaskan SIM Card dengan hati-hati,

  • Ambil cutton bud lalu celupkan ke cairan alkohol, sedikit saja. Lalu bersihkan bagian luar chip SIM Card yang bukan berwarna kuning. Untuk membersihkan chip SIM Card (yang berwarna kuning keemasan), Anda bisa melapnya dengan tisu kering atau cutton bud yang tidak dicelupkan pada cairan apapun. Setelah selesai dibersihkan, biarkan hingga mengering atau melapnya dengan kain /tisu kering.

  • Pasang kembali perangkat-perangkat yang telah dibersihkan ke bagiannya lalu nyalakan ponsel Anda. Langkah-langkah ini juga bisa digunakan pada SIM Card yang tidak bisa dibaca oleh beberapa ponsel.

Anda tidak perlu sering-sering membersihkan SIM Card untuk merawat agar SIM Card Anda awet. Jika Anda ingin SIM Card Anda awet, pastikan bahwa Anda tidak sering gonta-ganti atau bongkar pasang SIM Card yang berbeda. Hal ini selain bisa merawat SIM Card juga menjadikan ponsel Anda tidak akan error dalam membaca SIM Card. Jika Anda mengalami peristiwa SIM Card retak atau patah, pastikan bahwa keretakannya tidak merambah ke chip (yang berwarna kuning keemasan) agar masih bisa dipakai. Jika terlanjur patah, Anda bisa menghubungi service center provider Anda untuk menggantinya dengan kartu yang baru. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel