Inilah Tips Memilih Handphone Android Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

7 Oct 2012 18:00 12268 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android, siapa yang tak menegenalnya? Sistem operasi untuk handphone yang diciptakan oleh raksasa internet Google ini terbilang cukup sukses. Lihat saja sekeliling Anda yang menggunakan Android, mungkin sudah tak terhitung jumlahnya. Kepopuleran Android bisa jadi dikarenakan oleh keragaman aplikasi yang tersedia untuk diunduh...

Android, siapa yang tak menegenalnya? Sistem operasi untuk handphone yang diciptakan oleh raksasa internet Google ini terbilang cukup sukses. Lihat saja sekeliling Anda yang menggunakan Android, mungkin sudah tak terhitung jumlahnya. Kepopuleran Android bisa jadi dikarenakan oleh keragaman aplikasi yang tersedia untuk diunduh, atau pada tampilannya yang terhitung atraktif. Android pun banyak dijadikan pilihan sistem operasi oleh beberapa merek handphone, baik merek ternama ataupun merek Cina sekalipun. Anda bisa dengan mudah menemukan Android pada handphone sekelas Samsung, LG atau pun Sony dan tidak sukar pula menemukan sistem operasi ini pada perangkat sekelas ZTE, Huawei atau bahkan Sony.

Anda mungkin salah satu penggemar Android dan memilih Android sebagai alasan utama dalam memilih handphone. Namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pilihan handphone bersistem operasi Android sanganlah banyak, maka Anda dituntut untuk lebih jeli lagi. Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih mana handphone Android terbaik dan yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda wajib melihat tips berikut ini.

Layar

Handphone Android identik dengan layar lebar dan layar sentuh. Kapabilitas layar ini pula yang menjadikan handphone Android diminatai. Layar sentuh sensitif jenis kapasitif yang biasanya digunakan akan kurang maksimal jika berukuran kecil. Idealnya handphone Android yang baik akan menampilkan layar minimal 3.5 inch guna memaksimalkan fungsi-fungsi didalamnya. Bayangkan apa yang terjadi ketika kita bermain game dengan layar yang kurang dari 3.5 inch? Selain itu, berasaran resolusi akan menjadi sangat penting ketika membahas ukuran layar. Baiknya memilih handphone Android dengan resolusi minimal 320 x 480 piksel, besaran seperti itu sudah sangat mudah ditemui pada handphone low end sekalipun. Terakhir, dukungan warna hingga 16 juta akan memanjakan mata penggunanya, namun batasan wajar yang masih bisa dapat diterima bekisar 256 ribu warna.

Kamera

Bukan hal baru jika Android sangatlah baik pada sektor kamera. Berbagai macam aplikasi pendukung plus kemampuan kameranya sendiri yang kadang beresolusi besar. Handphone Android bahkan sudah ada yang menggunkan besaran kamera hingga 16 megapiksel. Anda yang hobi fotografi harus memprioritaskan sektor ini terlebih dahulu.

Performa

Performa banyak handphone Android belakangan ini mulai terlihat menggiurkan. Handphone Android dengan quad core prosesor mulai banyak bertebaran di pasar Indonesia, namun jika Anda tidak begitu mempermasalahkan kecepatan, sepertinya prosesor single core sudah cukup untuk akses sehari-hari. Hal ini guna menahan harga Android yang bisa melambung tinggi karena prosesor super cepat, namun jika Anda butuh kerja berat seperti desainer atau pekerjaan office yang memang kompleks maka pilihan prosesor cepat patut Anda pikirkan

Memori

Selain performa prosesor, memori juga menjadi sektor penting yang akan meningkatkan performa tersebut, lihat saja besaran RAM yang menjadi faktor penting dalam multitasking. Memori interneal juga terkadang menjadi bagian krusial karena handphone Android terbaik tentu yang dilengkapi berbagai aplikasi didalamnya, jika memori internal terbatas maka keleluasaan memasang beragam aplikasi pun akan terbatas.

Baterai

Sektor penting lainnya pada handphone Android adalah baterai. Pasalnya handphone dengan sistem operasi Android terkenal boros baterai. Dengan fitur-fitur seperti prosesor berkecepatan tinggi dan layar super lebar akan memakan daya baterai lebih boros, maka ada baiknya Anda memperhitungkan kapasitas baterai terlebih dahulu. Sebagai acuan, kapasitas 1300 mAh bisa dibilang angka minimal yang harus dimiliki Android namun jika handphone yang Anda incar memiliki kamera beresolusi besar atau processor quad core maka besaran 200 mAh masuk akal untuk dimiliki.

Merek

Faktor terakhir adalah merek handphone Android yang kelak Anda beli. Ada sebagian orang yang mempercayakan merek besar pada handphone yang dia miliki. Alasannya mungkin sederhana, pertama karena kualitasnya sudah terjamin dan sudah dipakai oleh banyak orang. kedua karena layanan purna jual merek-merek besar sangat mudah ditemui. Namun pilihan alternatif menggunakan merek Cina patut diperhitungkan karena bandrol yang ditetapkan oleh merek-merek seperti ZTE, Huawei ataupun IMO biasanya terbilang murah. Anda yang memiliki budget tipis namun menginginkan fitur dan performa handphone Android terbaik pastilah memilih alternatif ini. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel