Sejarah Android OS dan Kode Namanya

19 Oct 2011 15:00 15841 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ciri khas dari kode nama Operating System (OS) Android selalu menggunakan nama dessert atau makanan penutup. Adapun nama-nama dari OS Android pertama sejak diluncurkan yakni Cupcake (Android 1,5), Donut (Android 1,6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), dan Honeycomb (Android 3.0.) Operating system baru akan segera menjadi versi berikutnya adalah Ice Cream (Android 2.4).

Ciri khas dari kode nama Operating System Android selalu menggunakan nama dessert atau makanan penutup. Adapun nama-nama dari OS Android pertama sejak diluncurkan yakni Cupcake (Android 1,5), Donut (Android 1,6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), dan Honeycomb (Android 3.0.) Operating system baru akan segera menjadi versi berikutnya adalah Ice Cream (Android 2.4).

Lalu apakah Anda tahu sejarah Android ? Mengapa Google menggunakan nama makanan penutup? Raksasa internet ini menolak untuk menjelaskan mengenai sejarah Android berikut latar belakang penamaan ini.

Randall Saraf, salah seorang juru bicara Google mengatakan, nama-nama OS Android adalah hasil dari keputusan internal dan Google memilih untuk melakukan sedikit sihir dalam hal ini.

"Ketika platform Android baru dirilis, mereka membawa nama-nama makanan penutup. Sebagian besar sesuai urutan abjad," katanya.

Keganjilan lain OS Android selain menggunakan nama makanan penutup, nama-namanya memiliki inisial dalam urutan abjad (C, D, E, F, G, H, I) yaitu, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan Ice cream.

Berikut Paseban runutkan sejarah Android dan kemunculan nama-nama OS Android ini.

Versi 1.1 (Tanpa Nama)

Pada bulan Juli 2005 Google membeli sebuah perusahaan bernama Android. Sementara update Android, versi 1.1, dirilis pada bulan Februari 2009. Tampaknya Versi 1.1 dari OS Android tidak memiliki nama. Namun, versi yang signifikan pertama dari OS Android yang benar-benar memamerkan kekuatan platform adalah v1.5 adalah "Cupcake".

Android 1.5, Cupcake

Cupcake seharusnya merupakan OS Android versi 1.2, namun Google memutuskan untuk membuat sebuah revisi besar dan membuatnya menjadi 1,5, dan memberinya nama makanan penutup "cupcake" sebagai kode nama, dan saat itulah "seri makanan penutup" pun dimulai.

Android 1.6, Donut

Android v1.6, dinamakan Donut, dirilis pada September 2009. Versi ini memperbaiki kesalahan reboot dalam OS serta perubahan fitur foto dan video (yaitu antarmuka kamera) dan integrasi pencarian yang lebih baik. Hal ini juga menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi Google turn-by-turn.

Android 2.0 / 2.1, Eclair

Android 2.0 dirilis pada bulan Oktober 2009, dengan versi 2.0.1 bugfix pada Desember 2009. Android 2.1 dirilis Januari 2010. Pada versi ini ditambahkan fitur termasuk dukungan Bluetooth 2.1, flash dan digital zoom untuk kamera, dukungan multi-touch, live wallpaper, dan banyak lagi.

Android 2.2, Froyo

Android 2.2 Froyo meningkatkan kecepatan dengan mengadopsi Javascript "just-in-time" mesin compiler dari browser Google "Chrome", serta mendukung peningkatan browser dengan menambahkan dukungan animasi GIF, Flash 10,1 plug-in support, juga USB tethering dan kemampuan WiFi Hotspot (bagi perangkat dengan hardware support).

Android 2.3, Gingerbread

Gingerbread man di kampus Google telah dilaporkan pada awal November 2010, dan Gingerbread resmi dirilis pada bulan Desember 2010.

Pada 7 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan Nexus S (dibuat oleh Samsung) yang akan dirilis pada T-Mobile, ponsel pertama dengan OS Android 2.3 Gingerbread.

Gingerbread mendukung fitur untuk SIP internet calling, kemampuan NFC wireless transaction (jika hardware tersedia), support lebih dari satu kamera, support untuk giroskop dan sensor lain (barometer, gravimeter, dan lain-lain yang memungkinkan), download manager, beberapa tweak untuk memungkinkan penggunaan pada Tablet, dan tingkat tweak sistem lainnya untuk programmer.

Android 2.4, "masih" Gingerbread

Nayatanya versi 2.4 masih diberi nama Gingerbread dan "Ice Cream" (atau "Ice Cream Sandwich") akan menjadi versi 3.1! Nah, ini agak sedikit membingungkan karena melanggar tatanan yang ada, sebagai nama makanan penutup dalam urutan abjad, setelah G seharusnya H!. Jadi lebih masuk akal untuk membuat Ice Cream setelah Honeycomb (3.0)

Android 3,0 / 3,1 / 3,2, Honeycomb

Dan benar, sebelum Ice cream, Honeycomb dirilis pada bulan Februari 2011, dan dengan cepat diikuti oleh versi 3.1 dan 3.2 yang hanya keluar pada bulan Juli / Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight pada Honeycomb.

Tablet berbasis Android 3.x berjalan seperti yang akan dioptimalkan untuk tablet, (menyiratkan OS Android saat ini tidak benar-benar dirancang untuk tablet). Motorola Xoom adalah tablet Android pertama dengan versi 3.x, dan sejak itu diikuti oleh satu ton perangkat Tablet.

Android 4.0, Ice Cream Sandwich

Versi 4.0 ini baru saja diluncurkan bulan Oktober ini. Operating system Ice Cream Sandwich akan tersedia untuk smartphone dan tablet, perangkat pertama yang menggunakan OS ini dengan ICS adalah Samsung Galaxy Nexus. Lebih lengkap tentang Ice Cream Sandwich ini akan Paseban bahas pada artikel berikutnya. Tunggu saja. ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel