Enam Kegunaan Online Cloud Storage Dropbox yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

6 Oct 2012 14:00 5381 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk kebanyakan para pengguna komputer, Dropbox adalah pilihan utama untuk menyimpan data yang berbasis online cloud storage dan layanan berbagi dokumen. Hal ini telah menggantikan posisi dari folder dokumen pada seluruh sistem komputer dan merupakan cara utama untuk melakukan sinkornisasi file dengan perangkat yang mendukung lainnya.

Untuk kebanyakan para pengguna komputer, Dropbox adalah pilihan utama untuk menyimpan data yang berbasis online cloud storage dan layanan berbagi dokumen. Hal ini telah menggantikan posisi dari folder dokumen pada seluruh sistem komputer dan merupakan cara utama untuk melakukan sinkornisasi file dengan perangkat yang mendukung lainnya.

Meskipun banyak layanan online cloud storage yang serupa seperti Google Drive, SkyDrive dan Box.com, namun Dropbox masih menjadi pilihan utama. Kebanyakan para pengguna Dropbox berpikir bahwa Dropboc hanya tempat untuk menyimpan segala file penting yang Anda miliki. Namun dibalik semua itu, Dropbox memiliki beberapa kegunaan lainnya yang mungkin tidak Anda pikirkan sebelumnya. Khusus pada artikel kali ini, Paseban akan mengulas tentang beberapa kegunaan dari Dropbox yang mungkin belum Anda ketahui secara pasti.

Masukkan Grup Anda ke Dalam Dropbox Jika Anda secara kebetulan menjadi satu-satunya komite, tim atau di dalam lingkup keluarga Anda menggunakkan Dropbox, maka pastikan mereka masuk ke dalam lingkup Anda dengan akun gratis. Jelaskan kepada mereka apa itu Dropbox dan biarkan mereka tahu Anda akan mengirimkan undangan untuk membuat akun Dropbox pada komputer mereka. Untuk setiap pengguna yang mendaftarkan dirinya dari invite Anda, Anda akan mendapatkan kapasitas gratis tambahan hingga 500 MB hingga 16 GB. Untuk melakukannya Anda hanya perlu masuk ke dalam akun Dropbox Anda dan klik "Get free space!” diikuti dengan "Refer a friend to Dropbox”. Ketika grup Anda telah masuk ke dalam Dropbox, maka Anda bisa membuat sebuah folder yang mana dapat diakses langsung oleh semua anggota grup Anda dan melakukan sinkronisasi, dan mereka tidak memungkinkan untuk mengakses folder lain Dropbox Anda.

Link Cepat ke Setiap File Dropbox Ketika Anda perlu berbagi file apapun di akun Dropbox Anda, cukup klik kanan atau klik Control pada file tersebut dan pilih "Get Link”. Anda dapat berbagi link tersebut dengan siapapun, bahkan jika mereka tidak memiliki akun Dropbox sekalipun. Mereka tidak akan mendapatkan akses ke folder Anda lainnya di akun Dropbox Anda, hanya mendaptkan akses ke dalam link tersebut. Jika Anda ingin berbagi beberapa file sekaligus, hanya perlu simpan dan kombinasikan file tersebut ke dalam folder zip, tambahkan file zip ke dalam akun Dropbox Anda dan dapatkan link dari sini. Demikian pula Anda dapat berbagi link ke folder Public di akun Dropbox Anda yang mana isi dari folder tersebut bisa diakses oleh semua orang.

Unggah Otomatis Foto dari Ponsel ke Dropbox Ketika Anda menginstal Dropbox ke dalam iPhone atau Android Anda, Anda bisa memilih untuk menggugah semua foto yang tersedia pada perangkat mobile Anda ke folder spesial Camera Uploads pada akun Dropbox Anda. Proses unggahan foto ini akan memakan sedikit waktu terhitung dari Anda menjalankan Dropbox di ponsel Anda. Bahkan ini dapat mengingat gambar atau video mana yang telah diunggah dan secara otomatis akan dilewati pada saat proses unggahan selanjutnya. Ini merupakan cara yang mengagumkan untuk melakukan backup terhadap file foto dalam ponsel Anda.

Instant Photo Gallery Berbicara masalah foto, Dropbox juga menawarkan cara untuk membuat gallery dari foto yang Anda pilih dari akun Anda. Unggah foto yang ingin Anda bagikan ke folder Photo pada akun Dropbox Anda. Dapatkan dan bagikan link ke folder, dan foto-foto tersebut dapat dilihat secara online dalam format Gallery.

Akses Dokumen Dropbox Secara Offline Mungkin Anda telah menambahkan Dropbox ke semua komputer dan ponsel Anda. Namun Anda mungkin tidak mengetahui bahwa Anda juga dapat menetapkan file tertentu untuk Anda lihat secara offline. Cukup buka dokumen di Dropbox pada perangkat mobile Anda dan pilih ikon bintang di menu bar. Hal ini akan membuat dokumen akan memadai untuk dilihat yang terletak pada menu Favorite dan jika untuk beberapa alasan perangkat Anda tidak memiliki akses 3G atau Wi-Fi Anda dapat melihatnya secara offline.

Kelola Unduhan Dropbox Jika Anda memiliki Dropbox terpasang pada laptop atau komputer Anda, Anda mungkin tidak tahu bahwa file unduhan yang terdapat pada komputer atau laptop Anda mungkin mengambil ruang yang sifnifikan pada hard drive internal Anda. Karena semua foto dan dokumen yang Anda unggah. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menjalankan Dropbox pada PC atau laptop Anda, klik pada Preferences > Advanced, dan pilih Change Settings. Dari situ Anda bisa membatalkan folder yang tidak ingin Anda sinkronisasikan ke komputer tersebut. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel