Cara Print Ebook Menggunakan Ebook Reader dan iPad

22 Aug 2012 09:00 5502 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika dahulu cara mencetak ulang sebuah buku kerap dijadikan cara lain untuk mendapatkan halaman buku yang diinginkan, kali ini ebook pun memberikan peluang untuk melakukan hal tersebut secara digital. Dengan tidak mengabaikan kebijakan setiap penerbit mengenai prakti pencetakan ulang tanpa izin, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk **Print ebook** per halaman.

Budaya membaca saat ini memiliki beragam pilihan cara. Buku-buku cetak masih menjadi primadona para pecinta buku. Sedangkan buku-buku digital atau lebih populer disebut Ebook sedikit demi sedikit berusaha menggantikan peran lembaran-lembaran kerta menjadi lembaran-lembaran digital.

Proses pembacaan ini mungkin cukup memberi keterkejutan bahwa di samping fakta yang membuktikan bahwa selain dapat dibaca melalui komputer atau perangkat Ebook Reader, tidak ada cara yang benar-benar nyata untuk mencetak setiap halaman Ebook. Jika dahulu cara mencetak ulang sebuah buku kerap dijadikan cara lain untuk mendapatkan halaman buku yang diinginkan, kali ini Ebook pun memberikan peluang untuk melakukan hal tersebut secara digital.

Dengan tidak mengabaikan kebijakan setiap penerbit mengenai prakti pencetakan ulang tanpa izin, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk Print Ebook per halaman.

Menggunakan Ebook Reader Jika Anda adalah seorang pengguna EBook reader seperti Amazon, Sony, dan lainnya ada opsi untuk print EBook dengan cara yang cukup mudah dilakukan. Pertama, masuklah ke dalam website perangkat ebook reader Anda seperti Amazon. Di dalam situs tersebut, luncurkanlah Web Reader ataupun perangkat lunak untuk Desktop Reader yang Anda gunakan. Sebagai contoh, pada Amazon, di dalamnya terdapat beberapa opsi print EBook.

Bukalah sebuah buku digital yang hendak Anda cetak, kemudian temukan halaman yang ingin Anda print. Setelah itu lakukanlah pengaturan ulang ukuran browser atau dekstop untuk mendapatkan ukuran sesuai dengan kertas yang akan digunakan. Contohnya Anda dapat mengatur ulang ukuran kertas menjadi 8.5 x 11 inci ukuran kertas. Ambillah screenshot dari halaman EBook yang ingin Anda cetak. Jika Anda menggunakan perangkat bersistem Windows 7, luncurkan Snipping Tool, drag kursor ke bagian outline halaman tersebut lalu simpan screenshot itu. Jika Anda menggunakan Mac, Anda cukup menekan tombol Ctrl + CMD + 4 kemudian drag kursor ke bagian outline halaman. Dengan begitu, screenshot yang telah dibuat akan tersimpan ke dalam desktop Anda. Setelah langkah itu berjalan dengan baik, bukanlah screenshot yang tersimpan tersebut.

Masuk ke dalam "File" dan pilih opsi "Print." Pada dialog print, pastikan bahwa Anda telah meng-uncheck setting apapun yang akan mengganggu gambar. Jangan pula lupa untuk mengganti pengaturan print menjadi pilihan warna hitam bukan dapat format warna atau greyscale. Kemudian tekan opsi cetak. Anda dapat mengulang proses ini untuk beberapa halaman lainnya yang hendak dicetak.

Menggunakan iPad Tablet merupakan salah perangkat E-reader yang banyak digunakan untuk membaca Ebook.

Selain memiliki banyak pilihan aplikasi yang memungkinkan proses pembacaan menjadi lebih nyaman, tablet rupanya dapat digunakan untuk mencetak halaman ebook seperti halnya perangkat Ebook reader di atas. Jika Anda pengguna iPad, Anda dapat mengikuti proses sederhana mencetak halaman ebook berikut.

- Bukalah aplikasi Ebook Reader yang terdapat di dalam perangkat iPad Anda. Kemudian arahkan ke halaman yang ingin Anda cetak.

- Sesuaikan tampilan layout hingga menampilkan teks berwarna hitam dalam latar berwarna putih. Proses ini dapat berjalan dengan cara beragam pada setiap aplikasi, tapi biasanya proses ini terdapat di dalam menu pengaturan layout.

- Ambillah sebuah screenshot halaman ebook dengan menahan tombol "Home" sambil menekan tombol "Sleep." Lakukan hal yang sama pada halaman lain.

- Masuk ke dalam opsi Camera

- Perkembangan Teknologi Kamera Terkecil dengan Viewfinder Menggunakan Jari Tangan") Roll" dan tekan tombol panah pada bagian atas perangkat. Kemudian pilihlah seluruh data screenshot ebook yang telah Anda simpan sebelumnya. Lalu, tekan tombol "Share" yang terdapat pada bagian atas kiri layar da pilih "E-mail."

- Langkah berikutnya adalah gunakanlah komputer untuk mengakses mesin printer.

Bukalah email, dan unduh foto screenshot yang telah Anda kirim ke dalam email. Buka screenshot tersebut dan masuk ke dalam menu "File" dan pilih "Print." Pada dialog print yang keluar, pastikan Anda melakukan hal yang sama seperti yang pada prose pencetakan menggunakan Ebook reader di atas.[MS] 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel