Tips Memilih Printer Inkjet yang Tepat

24 May 2012 15:30 9749 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Printer inkjet memiliki berbagai macam model yang spesifikasinya tergantung pada merk si pembuat. Model yang bervariasi terkadang membuat bingung printer inkjet yang mana yang harus dipilih. Berikut adalah ulasan mengenai tips memilih printer jenis inkjet.

Printer merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan bagi banyak kalangan seperti para karyawan, mahasiswa ataupun pelajar. Keberadaanya sangat erat dengan komputer karena biasanya kita mencetak dokumen ataupun gambar dari komputer walaupun sekarang ini kita bisa melakukan *print* dari perangkat lain seperti flashdisk ataupun handphone. Printer itu sendiri banyak jenisnya namun printer inkjet relatif lebih populer karena harganya yang terjangkau. Printer inkjet memiliki berbagai macam model yang spesifikasinya tergantung pada merk si pembuat.

Model yang bervariasi terkadang membuat bingung printer inkjet yang mana yang harus dipilih. Berikut adalah ulasan mengenai tips memilih printe jenis inkjet. Printer inkjet memiliki berbagai macam kelebihan selain harganya yang relatif murah yaitu bisa diinfus. Tips memilih printer yang pertama, bagi Anda yang termasuk rutin memakai print sekitar lebih dari 100 lembar per bulan, ada baiknya Anda memilih printer inkjet yang dapat diinfus karena akan menghemat pembelian tinta dibandingkan harus membeli cartridge baru terus-menerus. Namun jika Anda tidak terlalu sering melakukan print maka ada baiknya Anda memilih printer inkjet dengan harga cartridge yang relatif murah sehingga tidak akan memberatkan Anda ketika harus membeli cartridge baru. Tips memilih printer yang kedua adalah dengan memperhatikan kecepatan cetak. Kecepatan cetak juga menjadi faktor pemilihan.

Jika Anda membutuhkan printer yang dapat mencetak banyak kertas dengan cepat maka memilih printer berkecepatan tinggi adalah suatu keharusan. Secara garis besar ada tiga merk printer inkjet yang biasanya banyak dibeli orang yaitu merek HP, Canon dan Epson. Masing-masing merk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari tiga merk tersebut:

Printer HP Kelebihan 

- Untuk pemakaian kertas yang biasa-biasa saja sangat cocok

- Cartridge lumayan awet dibandingkan Canon dan Epson

- Harga paling murah dibandingkan Epson dan Canon

- Hasil print teks paling bagus dibandingkan Epson dan Canon

- Print warna lebih bagus dibandingkan Canon Kekurangan

- Karena printer HP memakai sistem gulung kertas dari bawah ke atas sehingga kurang cocok memakai kertas foto 

- Tidak dianjurkan untuk diinfus karena faktor tempat pembuangan tinta

- Cartridge rawan ‘banjir’ ketika di-refill 

- Mainboard printer cepat mati karena letaknya tepat dibawah cartridge sehingga sering terkena cipratan - Software sering bermasalah offline mendadak, paperjam, no respond

- Jika kertas tidak ditaruh dengan pas kertas akan terambil banyak dan terlipat, Printer Canon Kelebihan 

- Paling cepat dibandingkan dengan HP dan Epson

- Cartridge paling awet jika Anda lebih sering memakai black cartridge 

- Hasil print warna bagus

- Hasil print teks draft cukup bagus dengan kecepatan yang tinggi

- Harga relatif murah

- Cocok untuk perkantoran Kekurangan

- Roller rawan patah karena menarik kertas terlalu banyak atau paperjam

- Untuk melakukan print objek manusia kurang bagus karena terkesan kurang natural karena agak memerah

- Terkadang ada banjir di sisi kertas meskipun belum atau sudah di-refill Printer Epson Kelebihan

- Hasil warna paling bagus dibandingkan HP dan Canon

- Paling cocok untuk diinfus

- Tingkat ketahanan mesin sangat baik

- Cocok untuk mencetak warna atau gambar contohnya foto

- Cocok untuk perkantoran Kekurangan 

- Untuk melakukan print teks warna hitam, hasilnya agak kecoklatan karena percampuran warna hitam dan biru yang kurang sempurna.

- Kecepatannya agak lambat jika dibandingkan Canon dan HP sehingga membutuhkan waktu yang lama jika Anda melakukan print dalam jumlah yang banyak

- Harus memasang pembuangan luar terutama yang diinfus karena akan menghabiskan banyak tinta pada saat proses cleaning 

- Jika Anda sering mengganti merk tinta pada saat refill maka hasil print terkadang bergaris karena head printer sensitif pada penggantian jenis tinta yang berbeda Satu hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli printer inkjet adalah garansi.

Perhatikan masa garansi yang ditawarkan oleh masing-masing merk, namun jika Anda langsung memilih untuk menginfus printer inkjet Anda maka printer inkjet akan secara otomatis hilang garansi resminya karena telah dimodifikasi dan terkadang hanya mendapatkan garansi sekitar 2-3 bulan dari toko yang menginfus printer inkjet Anda tersebut. [FJ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel