Kenali Tips Trik Internet Aman Saat Browsing

31 Jul 2012 11:00 5990 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Rata-rata para pengguna internet jarang sekali mengetahui tips trik internet aman. Dan bagi Anda yang merasa belum mengetahui tips & triknya, simak ulsannya berikut ini.

Dunia maya atau dunia internet adalah sebuah dunia tanpa batas, di mana Anda bisa mengakses segala informasi terbaru maupun pengetahuan dari sejumlah situs website ataupun blog. Sejak awal kemunculannya pertama kali tahun 1960-an dan munculnya sistem TCP/IP di tahun 1982, internet ssat ini telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan bagi umat manusia. Akses data yang sangat mudah dari berbagai macam perangkat, kemampuan konektifitas, dan sumber informasi yang seakan tak akan pernah habis. Meskipun sebegitu pentingnya, internet juga dapat menjadi sebuah dampak negatif khususnya bagi generasi digital saat ini, di mana sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dampak buruk internet, yaitu memiliki efek candu seperti obat.

Dan taukah Anda bahwa terdapat banyak virus yang disisipkan pada setiap website ataupun blog di internet oleh para pelaku cyber crime? Pada umumnya, virus tersebut digunakan untuk mencuri data pribadi pada komputer atau laptop Anda, Selain itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada aplikasi-aplikasi komputer serta merusak perangkat smartphone Anda. Rata-rata para pengguna internet jarang sekali mengetahui tips trik internet aman.

Pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan sedikit tips trik internet aman bagi Anda yang sering atau kecanduan internet untuk mendapatkan pengetahuan maupun informasi berguna bagi Anda.

Blokir Pop-ups Pada Broswer

Biasanya saat Anda sedang mengunjungi suatu situs atau ketika sedang mengklik link tertentu akan muncul sebuah jendela pop-ups pada browser Anda seperti iklan, game, maupun tampilan gambar untuk mengklik. Ukuran jendela pop-ups ini bervariasi namun biasanya tidak menutup keseluruhan layar (full screen). Pada beberapa browser modern saat ini juga tersedia pengaturan untuk mencegah munculnya jendela yang tidak kita inginkan tersebut, hal ini bertujuan agardata atau informasi milik Anda tidak dicuri atau juga mungkin terdapat kode program jahat pada pop-up tersebut.

Jangan Merubah User Account Control (UAC) Pada Windows Vista / Windows 7

Jika Anda belum paham benar mengenai sistem operasi Windows Vista atau Windows 7, Jangan sekali-kali merubah sistem keamanan User Account Control yang ada, hal tersebut bisa berdampak masuknya virus saat Anda sedang mendownload program atau menjelajahi internet. Secara singkat User Account Control adalah fitur Windows yang akan membantu Anda tetap mengendalikan system dengan cara mengkonfirmasi user (Dalam hal ini Anda sendiri) apakah menyetujui perubahan tersebut atau tidak. Jika setuju, maka UAC akan meneruskan perintah dan jika Anda tidak setuju maka tidak akan ada perubahan sistem.

Sebelum Klik Pikirkan Secara Matang

Biasanya rata-rata pengguna internet ketika sedang browsing kurang memperhatikan cara internet yang aman, alangkah baiknya sebelum mengklik sebuah link tertentu pada sebuah situs website atau pada blog Anda melihat terlebih dahulu bahwa Anda akan dibawa kemana oleh link tersebut jika mengkliknya, jika Anda ragu dengan link tersebut jangan diklik. Karena bisa saja Anda dibawa ke sebuah situs yang mengandung konten dewasa yang berisi banyak virus.

Jangan Mendownload File Sembarangan

Virus komputer salah satunya disebarkan melalui media sebuah program aplikasi yang diunduh di internet, jika Anda mengunduh berbagai file aplikasi komputer sebaiknya Anda mengunduhnya pada situs terpercaya atau pada situs resminya. Karena jika tidak, biasanya mengandung virus trojan, malware, spyware yang dapat membahayakan pada sistem komputer.

Pergunakan Antivirus Dengan Fitur Perlindungan Web

Pergunakanlah program anti virus yang memberikan fitur perlindungan internet saat Anda sedang menjelajahi internet, fiur tersebut saat ini terdapat pada antivirus gratis seperti anti virus Avira, AVG, Avast dan masih banyak lainnya.

Selain perlindungan virus dari situs website yang berbahaya fitur perlindungan web ini juga akan memblokir situs-situs yang mengandung konten dewasa, tentu saja ini berguna jika ada adik atau anak Anda sedang mempergunakan komputer atau Notebook. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel