Nusantara Beta - Aplikasi Informasi Tempat Wisata di Indonesia Terlengkap di Android dan BlackBerry

7 May 2012 17:00 5784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda ditanya, apa dan di mana saja tempat wisata di Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi? Jawaban standar yang mungkin banyak disebutkan adalah Bali, padahal tempat wisata di Indonesia yang menarik bukan hanya Bali, banyak sekali obyek wisata di Indonesia yang cukup menarik dan mampu mendatangkan wisatawan, baik dari negeri sendiri maupun dari luar negeri.

Jika Anda ditanya, apa dan di mana saja tempat wisata di Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi? Jawaban standar yang mungkin banyak disebutkan adalah Bali, padahal tempat wisata di Indonesia yang menarik bukan hanya Bali, banyak sekali obyek wisata di Indonesia yang cukup menarik dan mampu mendatangkan wisatawan, baik dari negeri sendiri maupun dari luar negeri.

Berbicara mengenai tempat wisata di Indonesia sudah pasti Anda tidak hafal satu per satu apa saja tempat wisata yang menarik. Untuk mencari tahunya, Anda mungkin terbiasa melakukan googling terlebih dahulu. Nah, kini Anda akan sedikit terbantu dengan hadirnya aplikasi bernama Nusantara Beta yang khusus menginformasikan tempat wisata di Indonesia di perangkat Android dan BlackBerry.

Aplikasi Nusantara Beta adalah aplikasi lokal buatan anak negeri, sehingga sudah pasti informasi-informasi yang ada di dalamnya sangat akurat dan terus akan ter-update. Aplikasi Nusantara Beta hadir dengan basis Location Based Service (LBS) sehingga Anda bisa mengetahui informasi tempat wisata yang terdekat dari tempat di mana Anda berada. Sebagai pengguna, Anda juga bisa aktif menginformasikan tempat-tempat wisata di sekitar Anda atau yang sudah pernah Anda kunjungi. Aplikasi Nusantara Beta juga terrintegrasi langsung dengan Google Maps dan Foursquare, sehingga lebih memudahkan Anda untuk menemukan lokasi tempat wisata yang mungkin Anda cari.

Walaupun tergolong aplikasi lokal buatan anak negeri, namun fitur yang dihadirkan pada aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi sejenis buatan luar yang tersedia di Google Play. Beberapa fitur dan kelebihan yang disediakan oleh aplikasi pencari informasi tempat wisata di Indonesia ini adalah tersedianya lebih dari 370 informasi obyek wisata yang ada di database mereka. Aplikasi ini juga menyediakan profil ke-33 propinsi yang ada di Indonesia. Anda dan para pengguna pun bisa aktif memberikan informasi tambahan mengenai tempat wisata di Indonesia atau propinsi tersebut.

Fitur lain yang hadir dari aplikasi Nusantara Beta ini adalah Sekitar Saya, yang menginfomasikan loksi tempat wisata yang terdekat dari tempat keberadaan Anda saat itu. Jadi, jika Anda saat ini berada di Kota Bandung, aplikasi ini akan menginformasikan tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, begitupun jika Anda berada di Kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, tentu aplikasi ini akan bekerja sesuai di mana Anda berada saat ini.

Dan yang tak ketinggalan adalah fitur Share, yang memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi tempat wisata di Indonesia yang Anda kunjungi ke media sosial lain, seperti Twitter. Uniknya, setiap Anda men-share tempat wisata di Indonesia tersebut berarti Anda juga mendukung program dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia untuk mengkampanyekan wisata Nasional. Anda pun bisa melihat fitur Gallery yang berisi foto-foto tempat atau lokasi obyek wisata di Indonesia.

Nusantara Beta nampaknya memang cukup interaktif, aplikasi ini memang masih belum tersedia di Google Play, namun memang disiapkan sebagai media penyedia informasi obyek wisata di Indonesia resmi dan terpercaya. Situs resmi aplikasi ini bisa Anda akses di http://www.nusantarabeta.com, Anda pun bisa mengakses Tumblr Nusantara Beta di sini http://www.nusantarabeta.tumblr.com/. Khusus untuk Tumbr, Anda akan menemukan fitur Ceritakan Negerimu yang berisi cerita seputar tempat wisata di Indonesia langsung dari pengguna aplikasi smartphone ini, tentu lengkap dengan foto-foto langsung dari jepretan mereka sendiri.

Interaktifnya aplikasi Nusantara Beta juga bisa dilihat di linimasa Twitter, Anda bisa mengirimkan informasi lokasi wisata di Indonesia langsung ke akun resmi mereka yakni @NusantaraBeta. Lewat akun Twitter tersebut, Anda tidak hanya akan menemukan informasi wisata untuk liburan saja, namun Anda juga bisa mengetahui informasi wisata kuliner di sekitar Anda.

Lalu siapa saja orang yang dibalik keberadaan aplikasi Nusantara Beta ini? Rupaya aplikasi ini digawangi oleh beberapa mahasiswa yang kini berkuliah di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mereka membuat aplikasi ini sebagai dedikasi mereka untuk bangsa Indonesia.

Tertarik menikmati keindahan Indonesia langsung dari handphone Anda? Aplikasi ini gratis, dan bisa langsung Anda download. Untuk Android, silakan klik di sini dan untuk pengguna BlackBerry bisa langsung mengunduhnya di sini. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel