Mozilla WaterFox - Browser Khusus Komputer Sistem Operasi 64-Bit

5 Aug 2012 09:00 7844 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang pengguna komputer dengan sistem operasi 64-bit punya browser pilihan terbaru yaitu Mozilla Waterfox. Browser ini merupakan salah satu varian dari Firefox yang dioptimalkan dan bertujuan agar kinerjanya lebih maksimal untuk dipergunakan pada sistem komputer 64-bit.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai browser khusus 64-bit yaitu Mozilla WaterFox, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai perbedaan sistem 32-bit dan sistem 64-bit dari berbagai aspek.

Perbedaan Sistem Operasi dan Hardware 32 bit dengan 64 bit Sebagai pengguna komputer tentunya Anda pernah mendengar dengan istilah ’32-bit’ atau ’64-bit’bukan? Pada Umumnya istilah-istilah tersebut dapat Anda jumpai pada sistem operasi Windows ataupun pada aplikasi-aplikasi yang berukuran besar seperti aplikasi 3Ds Max, AutoCAD, dan aplikasi lainnya, lalu apakah yang dimaksud dengan sistem 32 atau 64 bit? Sebenarnya angka 32-bit dan 64-bit tersebut berkaitan erat dengan infrastruktur yang terdapat di dalam sebuah processor yang mengacu pada besaran unit penyimpanan data terkecil yang menjadi sebuah standar kapasitas masing-masing processor. Pada processor 32-bit mempunyai kemampuan untuk meregister data terkecil didalamnya yang berukuran 32-bit, sama halnya dengan processor 64-bit yang mempunyai kemampuan untuk meregister data terkecil dengan ukuran 64-bit. Sehingga dapat disimpulkan, processor dengan kemampuan 64-bit dapat menjalankan proses membaca dan menulis data dari memori memiliki 2x kecepatan dari 32-bit.

Meskipun hal ini tidak dapat dijadikan acuan dasar untuk mengukur kecepatan sebuah processor. Karena pada kenyataannya, processor juga melakukan proses kerja lain selain daripada proses membaca dan menulis data, seperti vector-processing, matematis logic dan lain-lain.

Pengaruh 32-bit dengan 64-bit Terhadap Kapasitas Maksimal Memori RAM Pada arsitektur processor 32-bit, ukuran terbesar (maksimal) Memori RAM yang dapat dipergunakan pada komputer atau notebook adalah 4GB. Hal ini mengacu kepada register data maksimum yang dapat diterima oleh processor 32-bit adalah dimulai dari 0 hingga 4.294.967.295. Sedangkan pada arsitektur 64-bit sanggup menghitung register data hingga 16GB atau 18.446.744.073.709.551.615. Sedangkan pada sistem 64-bit tidak terbatas pada kapasitas tersebut serta dapat melakukan load sebesar kapasitas memori yang tersedia sehingga dalam besaran database 20GB dapat diload secara keseluruhan dengan hanya 1x proses. (selama kapasitas memori mencukupi). Jadi kesimpulannya adalah dengan sistem 64-bit kita dapat menjalankan aplikasi-aplikasi dengan sangat cepat tanpa harus menunggu (loading).

Bagaimana Mengetahui Sistem Komputer Kita Menggunakan 32-bit atau 64-Bit? Anda dapat mengetahuinya dengan cara klik Start > Control Panel > System, atau dapat juga dengan klik kanan icon "My Computer” lalu pilih "Properties”, atau bisa juga melalui aplikasi run kemudian ketik "sysdm.cpi”, di sana akan tertulis x86 bila menggunakan sistem 32-bit dan x64 bila Anda menggunakan sistem 64-bit. Tetapi rata-rata PC dan laptop di pasaran banyak yang menggunakan system 32 bit walaupun *hardware*-nya sudah mendukung 64 Bit.

Pada dasarnya perbedaan system 32 bit dengan 64 bit terletak pada processor-nya, jika processor 64 bit keluaran Intel diberi kode EM64T (Intel Dual Core atau Core2Duo) dan keluaran AMD diberi kode 64 diakhir seri (Athlon 64). Jika komputer atau notebook Anda berada pada generasi Pentium 3 kebawah sudah pasti sistem yang dipergunakan adalah versi 32-bit. Untuk sistem operasi mulaiWindows XP sampai sekarang sudah ada 32-bit dan 64-bit, tetapi dari Windows XP kebawah seperti Windows ME, Windows 98 masih menggunakan sIstem 32-bit.Pada sistem operasi Linux pun ketika akan Anda akan mengunduh file masternya terdapat pilihan apakah akan mempergunakan sistem 32-bit atau 64-bit. Nah sudah jelas bukan perbedaan antara 32-bit dan 64-bit, sekarang saatnya Paseban akanmengulas mengenai browser khusus 64-bit yaitu Mozilla Waterfox.

Sekarang pengguna komputer dengan sistem operasi 64-bit punya browser pilihan terbaru yaitu Mozilla Waterfox. Browser ini merupakan salah satu varian dari Firefox yang dioptimalkan dan bertujuan agar kinerjanya lebih maksimal untuk dipergunakan pada sistem komputer 64-bit. Browser ini memang dirancang khusus dan dibuat untuk sistem komputer 64-bit agar lebih dioptimalkan kinerjanya, karena padaWaterfox browser 64-bit ini loading-nya lebih cepat dan lebih responsif dibandingkan browser Mozilla Firefox. Browser khusus 64-bitWaterfoxini juga mendukung add-ons dan plug-ins utama seperti Adobe Flash, Sun Java, dan Microsoft Silverlight jadi Anda tidak perlu takut dan ragu untuk mencoba Waterfox. Sebelum menginstal browser Waterfox perhatikanlah kebutuhan sistem minimumnya menggunakan sistem operasi berikut ini:

- Windows 7 (64-bit),

- Windows Vista (64-bit),

- Windows XP (64-bit) Sebelum menggunakan browser ini, pengguna harus menginstalasikan terlebih dahulu aplikasi Visual C++ 2010 Redistributable Package 64-bit yang dapat di-download di sini

. Selain itu agar kinerja Waterfox lebih maksimal silahkan download plugins berikut ini:

- Adobe Flash Player 64-Bit

- Microsoft Silverlight 5 64-Bit 

- Sun Java 64-Bit, Jika Anda menggunakan sistem komputer 64-bit ada baiknya Anda mempergunakan browser khusus 64-bit ini yaitu Mozilla Waterfox, agar komputer dan juga notebook milik Anda tidak "Lemot” saat melakukan browsing, selain itu agar sistem komputer Anda menjadi lebih stabil saat dipergunakan, Selamat Mencoba. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel