BlackBerry Assistant, Asisten Cerdas Pesaing Cortana, Google Now, dan Apple Siri.

17 Jan 2015 12:00 6924 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kehadiran BlackBerry Assistant boleh dikata cukup terlambat. Pasalnya, Apple Siri dan Google Now telah menghadirkan kemampuannya dan umumnya disukai oleh penggunanya. Pun demikian dengan Microsoft Cortana. Aplikasi yang hadir di Windows OS ini memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan Apple Siri dan Google Now.

Saat ini, ketika era smartphone sudah memasuki era yang benar-benar canggih, banyak pengguna yang merasakan manfaatnya. Terlebih saat ini banyak aplikasi pendukung yang membuat sebuah smartphone tidak hanya pintar tetapi juga membantu pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah kehadiran aplikasi virtual pintar dan  cerdas dari perusahaan besar. Aplikasi yang dimaksud adalah asisten virtual seperti Microsoft Cortana, Google Now, dan Apple Siri.

Ketiga aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dalam membantu dan menolong para penggunanya. Dan kini, ada asisten virtual baru yang siap menyaingi ketiganya. Asisten virtual yang dimaksud adalah BlackBerry Assistant. Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan yang sempat merajai pasar ponsel di dunia BlackBerry Limited.

Kehadiran BlackBerry Assistant boleh dikata cukup terlambat. Pasalnya, Apple Siri dan Google Now telah menghadirkan kemampuannya dan umumnya disukai oleh penggunanya. Pun demikian dengan Microsoft Cortana. Aplikasi yang hadir di Windows OS ini memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan Apple Siri dan Google Now.

Bahkan, saat Piala Dunia 2014 berlangsung, kabarnya Cortana mampu meramal pemenang dari sebuah pertandingan di Piala Dunia 2014. Lantas, bagaimana dengan BlackBerry Assistant?

BlackBerry Assistant saat ini memang belum menunjukkan tajinya. Pasalnya fitur ini belum dirilis sepenuhnya. Asisten cerdas dari BlackBerrty ini baru hadir pada smartphone BlackBerry Passport. Dan orang yang mencoba pertama kalinya adalah Donny Halliwell. Donny Halliwell ini merupakan Social Media Spesialist di BlackBerry Limited.

Beliau mengungkapkan bahwa BlackBerry Assistant akan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan asiten cerdas lainnya. Seperti apa fitur-fitur tersebut? Berikut beberapa diantaranya yang sudah diungkap oleh Donny Halliwell di blognya.

 

Tetap Produktif

BlackBerry Assistant dihadirkan dengan tujuan agar pengguna smartphone BlackBerry semakin produktif. Pengguna akan terus diberikan informasi untuk tetap fokus melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Selain itu, pengguna juga akan diberikan informasi terbaru untuk menemani aktivitasnya. Yang menarik, pengguna juga bisa lebih terorganisir dalam beraktivitas dengan bantuan BlackBerry Assistant ini.

 

Asisten Penolong

BlackBerry Assistant merupakan sebuah Voice-Activated yang akan sangat membantu berbagai tugas. Pengguna akan sangat tertolong sekali ketika suatu waktu mencari e-mail penting atau mencari tugas lain yang sederhana, seperti mencari tanggal di kalender, mencari apa yang sedang ramai di media sosial, dan masih banyak lagi. Selain itu, asisten cerdas ini juga mampu menolong penggunanya untuk membaca pesan e-mail yang baru saja masuk.

 

Mengatur Telepon Penting

Fitur lain dari BlackBerry Assistant adalah membantu penggunanya untuk melakukan kegiatan tanpa terganggu oleh hal yang tidak penting. Saat sedang rapat, misalnya. Pengguna bisa mengatur agar tidak ada yang mengganggu atau menelepon saat rapat berlangsung. Menariknya, pengaturan ini bisa diatur lebih spesifik lagi. Artinya, pengguna bisa mendapatkan telepon dari orang-orang tertentu atau orang penting saja. Cara menggunakannya cukup dengan mengatakan  ‘Phone calls only, please”

 

Merespon Perintah Tulis

Seperti yang diketahui, Microsoft Cortana, Google Now, dan Apple Siri memiliki kemampuan Voice Command atau respon terhadap perintah suara dari penggunanya. Hal yang sama juga terdapat pada BlackBerry Assistant. Tetapi BlackBerry Assistant memiliki hal yang lebih dari itu. Selain mendukung respon perintah suara, asisten cerdas ini juga mampu merespon perintah tulisan yang diketik oleh penggunanya. Ini artinya, BlackBerry Assistant memiliki fitur yang sedikit lebih dibandingkan pesaingnya.

 

Mengontrol Aplikasi

Dilansir dari Mashable (17/7/2014), BlackBerry Assistant akan memiliki kemampuan yang terbilang sangat baik. Nantinya BlackBerry Assistant mampu melakukan tugas mengendalikan aplikasi seperti penggunanya. Hal ini tentunya cukup baik dan bisa membantu pengguna dalam mengatur aplikasi di perangkat BlackBerry mereka. Selain itu, asisten cerdas ini juga akan mendukung penggunaan konektivitas Bluetooth.

 

Membaca Aktivitas Pengguna

BlackBerry Assistant hadir tidak hanya sebagai asisten cerdas yang terus melakukan pekerjaan secar kaku. Asisten cerdas ini  dikembangkan dengan sangat baik sehingga memiliki kemampuan yang lebih. Salah satunya adalah membaca kegiatan atau perilaku penggunanya. Ketika pengguna sering menggunakan aplikasi ini, maka BlackBerry Assistant akan semakin sering berkembang dan cerdas.

 

Demikianlah penjelasan terkait BlackBerry Assistant. Dari uraian tersebut, dapat diketahui bahwa BlackBerry Assistant merupakan sebuah asisten pintar yang mampu membantu dan menolong penggunanya dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Mari tunggu kehadiran fitur ini. Apalagi cukup menarik untuk disimak dan dibandingkan dengan fitur sejenis ketika BlackBerry Assistant ini nantinya keluar. BlackBerry Assistant akan meluncur pada September 2014 bersamaan dengan smartphone BlackBerry Passport [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel