Software Compress File Selain Winrar, 7-Zip dan IZArc

16 Sep 2013 12:45 5807 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang sering mengirim berbagai file melalui layanan e-mail pastinya membutuhkan software untuk kompresi file. Tentu saja software jenis ini penting karena berguna untuk memperkecil ukuran file yang akan dikirim. Jika file dikirim secara “mentah” dengan kapasitas besar, bisa dipastikan proses upload akan sangat lama.

Bagi Anda yang sering mengirim berbagai file melalui layanan e-mail pastinya membutuhkan software compress file. Tentu saja software jenis ini penting karena berguna untuk memperkecil ukuran file yang akan dikirim. Jika file dikirim secara “mentah” dengan kapasitas besar, bisa dipastikan proses upload akan sangat lama.

Dalam artikel kali ini Paseban akan memperkenalkan beberapa software compress file selain software kompresi populer semacam Winrar, 7-Zip dan IZArc. Sebelum menggunakannya, perlu diketahui bahwa ada banyak sekali keuntungan apabila Anda menggunakan software kompresi file seperti dapat memperkecil ukuran file dan mengemas banyak file dalam satu paket. Selain itu dengan software untuk kompresi file juga memungkinkan Anda memberi password sebagai keamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan serta terhindar dari infeksi virus. Berikut dibawah ini ulasan selengkapnya:

  • PeaZip

Untuk yang pertama kita mulai dengan PeaZip, sebuah software berlisensi GNU yang dirancang sebagai file manager, file archiver dan kompresi. PeaZip dikembangkan oleh Giogino Tani yang utamanya sering dimanfaatkan untuk alat kompresi yang mendukung beberapa format arsip termasuk ZIP, ARC, Self-extracting 7z, dan TAR.

Penggunaan PeaZip cukup mudah karena memiliki tampilan antarmuka yang sederhana untuk menavigasi aplikasi layout berbasis Explorer. Pada tutorialnya, Anda cukup melakukan pemiliham  file atau folder untuk ingin Anda arsip, dan tekan tombol Add. Bisa juga Anda gunakan metode drag dan drop untuk lebih cepat serta mudah.  Fitur yang lainnya, Anda dapat menyertakan dan mengecualikan filter, menambahkan password dan membuat file kunci, mengatur tingkat kompresi, metode, kamus, kata, membuat blok yang solid, serta fungsi pilih (arsip baru, menambah, update) atau melewati opsi tersebut.

PeaZip dapat dijalankan diberbagai sistem operasi baik Microsoft Windows XP, 7, Vista, Linux dan Mac OS. Untuk PeaZip versi 5.1.0 memiliki ukuran 5.2 MB dan tersedia secara gratis. Anda bisa mengunduhnya pada situs distributor Softpdia, berikut linknya

  • BandiZip

BandiZip menjadi software untuk kompresi file yang dapat Anda gunakan selain Winrar, 7-Zip dan IZArc. Aplikasi ini mendukung berbagai macam format pengarsipan seperti ZIP, RAR, CAB, 7z, dan LZH secara umum. Selain itu dukungan format juga tersedia untuk file jenis UNIX seperti  TAR, GZ, TGS, dan LZMA atau juga format yang berkaitan dengan DVD/CD baik itu ISO maupun IMG. Antarmuka aplikasi ini sangat berbeda dari program sejenis lainny dengan tampilan sederhana dan minimalis. Anda dapat melakukan pengarsipan data dengan baik menggunakan metode file browser maupun dengan 'drag and drop' agar lebih cepat.

BandiZip menjamin penggunanya dapat melakukan kompresi data secara cepat dan mudah serta aman. BandiZip dirancang oleh BandiZip developer dan untuk versi 3.08 dapat Anda unduh secara gratis dengan ukuran file hanya 4.1 MB. Aplikasi ini dapat Anda jalankan pada berbagai sistem operasi Windows XP, Vista dan 7. Berikut link unduhannya.

  • TUGZip

Alternatif ketiga dari software untuk kompresi file adalah TUGZip. Aplikasi ini mampu menciptakan format pengarsipan dengan berbagai macam jenis seperti ZIP, TAR, TGZ, bz2, CAB, LHA (LZH), SQX, maupun YZ1. Sama seperti umumnya alat kompresi lain, TUGZip dapat terintegrasi cukup bagus dalam konteks menu Windows, ini yang berarti Anda dapat membuat arsip serta mengekstrak file dari yang sudah ada hanya dengan klik kanan sederhana. Antarmuka TUGZip sangat sederhana sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses fitur dasar dengan cepat baik itu menambahkan file, ekstrak, menghapus, mengubah nama, mengkompresi atau memindai dari virus. Program ini mendukung algoritma Zip64 dan menawarkan beberapa metode enkripsi yang juga sebagai alat untuk membuat arsip self-extracting.

TUGZip dikembangkan oleh Christian Kindahl dan tersedia secara gratis. Untuk TUGZip versi 3.5.0.0 hanya berukuran 3.9 MB dan dapat diunduh pada link situs distributor di sini.

  • HaoZip

HaoZip dibuat oleh developer HaoZip Software Studio dari negara Cina dan merupakan software bebas. Ada banyak fitur yang dimiliki HaoZip, diantaranya adalah fitur kompresi tinggi tanpa merusak file didalamnya, mendukung pengarsipan kompresi sebanyak 49 format diantaranya adalah RAR, ISO, UDF, ACE, UUE, CAB, BZIP2, ARJ, LZH, RPM,  NSIS, CHM, DMG, HFS, DEB, MSI, CPIO, XAR dan lain sebagainya. Selain mendukung format tersebut HaoZip juga mampu mendukung format kompresi populer seprti ZIP, 7Z dan TAR.

HaoZip versi 3.0 dapat Anda unduh secara gratis dengan ukuran hanya 7.3 MB. Aplikasi ini mendukung di berbagai sistem operasi, diantaranya adalah Windows XP, Vista dan 7. Unduh di sini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel