Lima Produk-Produk Apple yang Mengubah Dunia

14 Mar 2013 16:30 6786 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sejak berdirinya, Apple telah mengubah cara kita bekerja dan bermain dengan beragam perangkatnya. Berikut ini adalah daftar produk Apple sejak dulu yang telah berhasil mengubah dunia dengan berbagai cara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang produk Apple hadir di mana-mana, mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone. Banyaknya produk Apple ini didasari dari semangat Steve Jobs yang pernah berkata bahwa semua di sekitar kita dibuat oleh orang yang tidak lebih pintar dari kita, dan kita bisa membuat sendiri apa yang kita ingin orang gunakan. Sejak berdirinya, Apple telah mengubah cara kita bekerja dan bermain dengan beragam perangkatnya. Berikut ini adalah daftar produk-produk Apple sejak dulu yang telah berhasil mengubah dunia dengan berbagai cara.

1. Apple-1

Pada tahun 1976, Apple mengeluarkan sebuah komputer pribadi atau PC pertama di dunia, sejauh pengertian kita tentang PC sekarang. Apple-1 merupakan komputer pertama yang tidak diluncurkan dalam bentuk komponen yang harus disusun sendiri dan membutuhkan saklar dan lampu untuk digunakan. Meskipun masih membutuhkan keyboard dan monitor sendiri, namun Apple-1 terbukti merupakan sebuah produk yang tidak merepotkan dan bisa ditingkatkan kemampuannya. Saat pertama diluncurkan, harga Apple-1 adalah $666, namun setelah jadi barang koleksi harganya melejit hingga $374,500.

2. GUI

Antarmuka pengguna grafis, atau graphical user interface (GUI), merupakan hal mendasar dalam sebuah komputer yang bahkan mungkin Anda tidak ketahui sedang menggunakannya. Sebelumnya, pengguna komputer harus mengingat perintah untuk diketikkan saat menggunakan komputer, namun dengan digunakannya sistem GUI, pengguna hanya tinggal menggerakkan mouse-nya untuk mengklik semua icon lucu di layar. Memang Apple bukan yang pertama menggunakan GUI melainkan Xerox Parc yang juga berinvestasi di Apple, namun Apple adalah yang pertama kali menggunakannya untuk umum melalui Apple Lisa tahun 1983. Namun, GUI baru dikembangkan dengan baik pada Macintosh, komputer pertama yang popular dengan GUI-nya dan membuka jalan komputer merambah masyarakat dunia.

3. AirPort

Mungkin sekarang pengguna Macbook tidak akan terlalu menganggap AirPort signifikan, karena memang bagi kebanyakan orang AirPort hanyalah wifi pada umumnya. Namun justru AirPort yang pertama kali mempopulerkan penggunaan wifi ke khalayak ramai saat pertama kali didemonstrasikan Steve Jobs tahun 1999. Dengan harga $299, Apple menunjukkan bahwa jaringan nirkabel merupakan sesuatu yang mudah digunakan di rumah sekalipun.

4. iPod dan iTunes

Satu produk yang membuat musik digital mendunia adalah iPod. Saat diluncurkan tahun 2001, iPod tidak memiliki spesifikasi yang sehebat Creative Nomad, namun desainnya jauh lebih apik dan mudah digunakan dibanding pemutar musik manapun. Pemasaran Apple untuk iPod juga patut diacungi jempol. Kelengkapan iTunes membuat proses transfer musik yang telah diunduh menjadi sangat mudah, dan dengan keberadaan iTunes Store, iPod menjadi solusi efisien bagi pecinta musik mulai dari pemutar, software, hingga tokonya sendiri.

5. iPhone

Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone tahun 2007, benda yang satu ini sangat berbeda dengan ponsel lain hingga bahkan menjelaskannya pun sulit. iPhone harus dijelaskan sebagai gabungan dari iPod, telepon, dan komunikator internet. Terobosan ini terbukti sangat popular dan berpengaruh kuat. Tren smartphone pun bergeser dari yang mirip dengan BlackBerry hingga kini semua menggunakan layar sentuh untuk interaksi utama. iPhone telah mengubah cara kita menggunakan internet dan juga mengubah Apple, yang menjadi raksasa teknologi terkaya dunia berkat lakunya produk yang satu ini. [KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel