10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

24 Mar 2016 17:05 2805 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Plimbi hadir dengan tampilan desain baru

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Sejak  Sabtu, 19 maret 2016, Plimbi hadir dengan tampilan desain yang lebih baru dan segar. Konsep tampilan Plimbi yang baru ini  mengusung tampilan visual yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan ini dilakukan Plimbi agar pembaca dan juga author yang menulis menulis di Plimbi bisa lebih nyaman. 

Ketika membuka Plimbi, pembaca juga akan langsung disuguhkan tampilan desain yang dengan yang lebih menarik karena lebih mengutamakan visual.  Adapun, perubahan tampilan baru Plimbi meliputi 10 hal berikut ini. 

 

1. Peningkatan Resolusi Gambar

Perubahan konsep desain  tampilan Plimbi  didasari karena pembaca saat ini tak hanya cukup diberikan informasi berupa tulisan tetapi juga gambar.  Karena itulah, Plimbi menerapkan aturan baru dalam tampilan gambar. 

Aturan baru tersebut adalah gambar yang diunggah (upload) haruslah memiliki resolusi minimal 700x450 piksel.  Dengan adanya aturan ini, author harus upload gambar dengan resolusi tersebut. Jika kurang, maka proses upload akan gagal. 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru PlimbiContoh Resolusi Minimal Gambar 700x450 âpiksel

Tujuan penerapan aturan ini agar cover image mampu merepresentasikan tulisan. Selain itu, tampilan tulisan di halaman depan akan terlihat lebih menarik. 

 

 

2.  Headline yang Lebih Lebar

Perubahan visual lainnya adalah tampilan headline yang lebih menarik dan tidak persegi panjang seperti sebelumnya.  Perubahan juga bukan soal ukuran tetapi juga jumlah artikel di headline tampil lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

 Oh yah, artikel yang muncul di headline pun tidak akan berubah setiap seminggu sekali, melainkan hampir tiap hari akan ada perubahan yang muncul di headline. Dengan headline yang lebih besar ini, tentunya akan membuat  artikel para author Plimbi lebih menarik untuk dibaca orang. 

 

3. Informasi Penulis (Author) 

Plimbi versi baru  semakin memanjakan penulisnya dengan kehadiran  “Penulis Teraktif “ dan “Ranking Penulis”. “Penulis Teraktif “  memunculkan nama-nama penulis (author) yang aktif menulis tiap minggunya dan berpotensi besar masuk kandidaat “Author of The Month”. 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Sementara “Ranking Penulis” merupakan informasi  terkait urutan penulis dengan skor tertinggi sepanjang waktu.  Artinya,  yang muncul di kolom ini adalah informasi penulis dengan Author Point tertinggi (bukan jumlah artikel terbanyak yah). 

 

4. Author Profile yang Lebih Menarik 

Tampilan url khusus Author Profile kini diperbarahaui dengan kehacdran cover image dan tampilan informasi yang lebih jelas dibandingkan author profile sebelumnya. Dengan tampilan baru ini, profil para penulis tampak lebih menarik seperti tampilan profil pada media sosial. 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi
Oh yah tidak semua penulis bisa menggunakan cover image. Hanya penulis yang sudah masuk level 20 keatas yang bisa menggunakan cover image yang telah disediakan. Sementara jika author sudah masuk level 35 keatas, maka cover image bisa menggunakan gambar tersendiri dan bukan yang disediakan oleh Plimbi.

 

5. Kolom Submit Artikel 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Plimbi baru menghadirkan kolom khusus agar pengunjung bisa tahu kalau semua orang bisa menulis di Plimbi. Kolom khusus tersebut adalah kolom “Submit Artikel” yang posisinya berada di atas artikel terbaru. Dengan kehadiran kolom ini, diharapkan akan lebih banyak orang menulis di Plimbi. 

 

6. Tampilan Detail Artikel yang Lebih Menarik 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Tampilan detail artikel pun benar-benar berubah. Perubahannya memang tidak terlalu siginifikan dibandingkan sebelumnya, tetapi porsi detail artikel yang lebih lebar dan jarak yang lebih lebar dari satu baris ke baris lain membuat pembaca Plimbi bisa lebih tertarik untuk membaca satu artikel sampai terakhir.

 

7.  Font Berbeda untuk Kenyamanan Membaca 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Yang paling menarik dari Plimbi tampilan baru adalah jenis font yang digunakan. Sebelumnya, kami sadar betul bahwa font yang digunakan kurang menarik dan kurang nyaman untuk pembaca. Karena itu, kami dari Plimbi menghadirkan font huruf pada artikel yang lebih nyaman untuk mata. 

 

8. Heading 3 dengan Ukuran yang Lebih Besar 

Pada tampilan sebelumnya,  Plimbi menerima banyak masukan soal ukuran “Heading 3”pada detail artikel. Banyak yang mengeluh soal ukuran “Heading 3” yang terlalu kecil sehingga sub judul pada artikel (yang umumnya menggunakan “heading 3”) menjadi tidak menarik.  

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi


Pada tampilan baru ini, Plimbi akhirnya memperbaiki ukuran “Heading 3” menjadi lebih besar. Dan dengan perbaikan ukuran ini, banyak artikel yang punya subjudul kini tampil lebih besar sehingga membuat nyaman dibaca.

 

9.  Tampilan Kanal Utama dan Kategori yang Lebih Segar

Bagian atas Plimbi yang terdiri dari menu kanal utama sebenarnya masih mengusung konsep sama. Warna yang dominan yang digjnakan juga masih sama. Hanya terdapat perbedaan jenis logo untuk media sosial dan perbedaan huruf untuk tulisan menu utama dan “Login/Register.

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Selain itu, bagian kategori mengalami perubahan besar. Sebelumnya, kategori berada di bagian kiri dan berbaris kebawah. Kini pilihan menu kategori lebih sederhana tetapi posisinya berada di bagian atas. 

Berbagai perubahan ini dilakukan Plimbi agar pembaca bisa melakukan navigasi dengan nyaman. Diharapkan juga pembaca bisa  menikmati perubahan yang segar ini agar betah membaca di Plimbi. 

 


10. Tampilan Mobile yang Lebih Responsif 

10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi

Perubahan juga dilakukan pada tampilan Plimbi versi Mobile. Tampilan versi mobile kini lebih responsif dengan sedikit perubahan tampilan navigasi menu pada bagian kiri.  Tampilan versi mobile juga lebih sederhana dan tidak terganggu ketika membaca satu artikel oleh kategori atau tulisan lain. 


Nah, jadi bagaimana dengan tampilan baru Plimbi ini? Yuk tulis pendapat di kolom komentar! 

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel