1

AMD VS Intel - Prosesor Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

28 Nov 2013 11:30 56591 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pastikan tidak ada tempat bagi produk lain prosesor selain AMD dan Intel. Kedua perusahaan ini memang menjadi yang terbaik sebagai produsen perangkat keras Unit Pemroses Sentral dewasa ini. Bahkan banyak sekali orang yang dibuat bingung pilih AMD VS Intel saat ingin merakit perangkat komputernya.

Pastikan tidak ada tempat bagi produk lain prosesor selain AMD dan Intel. Kedua perusahaan ini memang menjadi yang terbaik sebagai produsen perangkat keras Unit Pemroses Sentral dewasa ini. Bahkan banyak sekali orang yang dibuat bingung pilih AMD VS Intel saat ingin merakit perangkat komputernya.

Sebelum lebih jauh membandingkan kualitas dan paduan untuk pilih AMD VS Intel, ada baiknya kita ketahui sedikit latar belakang kedua perusahaan dan reputasinya. AMD atau singkatan dari Advanced Micro Devices, Inc adalah salah satu perusahaan semikonduktor  asal Amerika Serikat yang memiliki markas di Sunnyvale, California.

Didirikan pada tahun 1969 perusahaan ini terkenal karena sukses mengembangkan prosesor komputer dan berbagai perangkat keras lain seperti chipset, motherboard, kartu grafis, dan lain-lain. Selain banyak tersedia untuk PC, AMD juga memproduksi prosesor untuk perangkat genggam mobile, konsol game atau bahkan televisi digital. Beberapa produk mikroprosesor AMD yang cukup populer untuk pasar Dekstop adalah AMD FX series dan APU A Series. Dan salah satu produk kartu grafis yang cukup terkenal pula adalah AMD Radeon.

Demikian diatas sedikit ulasan tentang Advanced Micro Device. Lalu bagaimana dengan Intel? Tidak kalah dari AMD, Intel Corporation juga memiliki reputasi bagus dalam memproduksi perangkat keras mikroprosesor. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1968 ini menjadi pemasok mikroprosesor terbesar secara global, bahkan melebihi AMD. Selain itu perusahaan ini juga memiliki produk kartu jaringan, chipset, motherboard dan berbagai komponen perangkat keras komputer lainnya. Dahulu Intel memiliki slogan terkenal yakni “Intel Inside” yang diganti menjadi “Leap ahead”. Beberapa produk prosesor sukses dari Intel diantaranya adalah Intel Pentium series, Intel Celeron dan Intel Core series.

  • Pilih AMD atau Intel, ini perbandingannya

AMD dan Intel memang menjadi pilihan yang membingungkan, karena keduanya sanggp menawarkan berbagai  produk mikroporsesor berkualitas dengan banyak seri serta jenis maupun kecepatan yang berbeda.

Memang untuk saat ini, Intel masih memiliki persentase penguasaan pasar lebih besar jika dibandingkan AMD. Namun bukan berarti AMD jauh tidak berkualitas dibanding Intel, sebaliknya kedua brand ini memiliki keunggulan dan kelemahan atau lebih spesifik lagi dengan penggunaan yang berbeda.

  • Kelebihan AMD

Mungkin banyak yang beranggap bahwa prosesor AMD lebih cepat atau rentan dengan panas bahkan sampai overheat jika digunakan dalam waktu tertentu. Namun anggapan ini bisa benar dan bisa salah karena saat ini banyak yang menganggap bahwa AMD Quad-core lebih stabil masalah panas dibandingkan seri Intel Dual-Core.

Apabila dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon HD, kualitas grafis yang ditampilan tinggi dan sangat bagus, bahkan jauh melebihi dengan Intel. Perusahaan AMD juga memproduksi varian perangkat keras yang ditujukan ke arah ekonomis dengan harga dan performa ratio tertinggi melebihi perbandingan harga dan performance Intel. Jadi mengenai harga AMD memang lebih unggul, terbukti untuk varian tertinggi yakni Black Edition memiliki harga terjangkau namun sangat berkualitas. Namun bukan berarti murahan.

Mikroprosesor AMD sangat dikenal luas tangguh untuk menjalankan berbagai macam program desain grafis, pengolah video dan aplikasi game berat (tergantung kemampuan seri prosesor). Jadi, jika Anda memang seorang desainer grafis atau penggila game berat, jangan ragu untuk menggunakan AMD. Rekomendasi prosesor AMD terbaik adalah AMD FX 9590 socket AM3+. Reputasi AMD sebagai prosesor dan kartu grafis game juga semakin naik karena banyak konsol agme yang menggunakannya. Sebagai contoh Xbox 360 dengan ATI Xenos, PlayStation 4 dengan AMD APU 8 Core dan AMD Radeon untuk kartu grafis serta Xbox One dengan AMD APU 8 Core dengan grafis yang sama.

  • Kelebihan Intel

Sejak Intel Corporation meluncurkan produk processor Core i3, i5 dan i7, perusahaan ini semakin melejit dan mendominasi pasaran prosesor jauh atas AMD. Arsitektur perancangan mikroprosesor Intel yang memanfaatkan teknologi Virtualization, Hyper Threading, serta Turbo Boost dianggap mampu secara signifikan mengangkat kecepatan dan kinerja. Ditambah lithography dengan ukuran 32 nm dan 22 nm juga disinyalir mampu menghemat daya serta lebih membuat stabil panas prosesor. Sejak lama memanh Intel memiliki range varian produk paling banyak dan rasio Clock/performance yang terbaik.

Kebanyakan orang menganggap,  bahwa untuk kebutuhan multimedia seperti video, akses Microsoft office, sound, Intel adalah yang terbaik dibandingkan AMD. Tentu prosesor semacam ini sangat cocok bagi Anda yang kerja kantoran dengan job yang super sibuk. Prosesor Intel dijamin akan memberi performanya dan kecepatan akses yang luar biasa, ditambah lebih stabil saat dipakai multi tasking, programming dan lain-lain.

  • Kekurangan

Processor AMD dengan konsep perancangan yang lebih difokuskan untuk memacu kecepatan membuat prosesor ini banyak memakan konsumsi daya listrik diatas 100 watt. Bandingkan dengan kebanyakan processor Intel yang hanya bawah 100 watt. Dan memang ini berimbah kepada processor AMD yang dicap lebih  cepat panas dibanding Intel. Sedangkan Intel dengan kecepatan tinggi dan konsumsi daya rendah tentu memiliki harga lebih mahal. Selain itu, kualitas grafis masih kurang bagus dibandingkan AMD dengan spesifikasi kartu grafis sama.

  • Kesimpulan

Yang harus dipertimbangkan adalah masalah penggunaan dan budget yang dimiliki saat dibingungkan pilih AMD atau Intel. Apakah Anda seorang gamer atau pekerja kantoran? [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel