Mengetahui Karakteristik dan Jenis Malware Android Secara Dini

29 Mar 2012 15:30 4157 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keberadaan malware Android memang tidak bisa dipungkiri akan semakin berkembang di tengah semakin banyaknya aplikasi yang dibuat oleh developer. Para pembuat malware Android ini tidak akan kehilangan akal dalam mencari celah untuk dapat masuk dan menyelinap menjadi sebuah aplikasi biasa, tetapi secara tidak langsung di dalamnya sudah disusupi malware untuk mengeksploitasi keberadaan data-data penting yang Anda miliki.

Keberadaan malware Android memang tidak bisa dipungkiri akan semakin berkembang di tengah semakin banyaknya aplikasi yang dibuat oleh developer. Para pembuat malware Android ini tidak akan kehilangan akal dalam mencari celah untuk dapat masuk dan menyelinap menjadi sebuah aplikasi biasa, tetapi secara tidak langsung di dalamnya sudah disusupi malware untuk mengeksploitasi keberadaan data-data penting yang Anda miliki.

Apalagi ditunjang dengan tidak adanya berbagai sistem filterisasi yang ada pada sebagian aplikasi di Google Play Store. Dengan tidak adanya sistem filterisasi dan sistem pengamanan yang ketat itulah, banyak developer nakal yang mengambil keuntungan dengan menyelinap memasukkan malware Android di dalam aplikasi yang ada. Anda sebagai pengguna tidak akan merasakan keberadaan malware Android tersebut, tetapi jika Anda jeli dan cermat Anda bisa mengetahui karakteristik yang ada pada aplikasi nakal tersebut. Tetapi bukan perkara yang mudah untuk mengidentifikasi semua aplikasi yang menjelma menjadi malware Android, karena ada ribuan aplikasi berbau malware Android yang bergentayangan di Google Play.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui 5 jenis malware Android secara umum: Android.PjappsM Malware Android jenis ini termasuk malware terkenal yang sudah banyak menginfeksi Aplikasi-aplikasi Android di Google Play. Modusnya menggangu kenyamanan penggunanya dengan menyedot pulsa pemilik ponsel, malware Android ini menyusup ke dalam sistem. Alih-alih mengirim SMS premium seperti SMS premium konten pada umumnya. Malware Android jenis ini menyusup ke dalam sistem tanpa Anda sadari pada awalnya. Setelah berhasil masuk ke dalam sistem, malware Android jenis ini akan mencuri dan mengeksploitasi data personal pengguna. Mulai dari data pribadi hingga data-data penting seperti nomor rekening dan akun email. Android.Geinimi Malware Android jenis ini menjelma menjadi sebuah aplikasi game ternama. Sistem kerja Android.Geinimi ini menginfeksi sistem Android dengan menyusup dan meng-install game di ponsel Anda. Setelah instalasi berhasil, malware Android jenis ini akan berubah bentuk menjadi botnet mobile.

Dengan botnet mobile inilah ponsel Anda bisa dikendalikan dari jarak jauh. AndroidOS.FakePlayer Malware Android jenis ini hampir sama dengan malware Android jenis Android.PjappsM. Perbedaannya hanya terletak pada media yang dipergunakan saja. Pada jenis AndroidOS.FakePlayer media ini, music player pun bisa dipergunakan untuk merubah bentuk asalnya. Dengan media music player ini, malware akan mengirmkan SMS premium untuk mengelabui pengguna. Seolah SMS premium tersebut benar adanya, malware inipun bisa dengan mudah menyusup ke dalam sistem ponsel Android Anda. Identifikasi lain dari jenis malware ini adalah penyedotan pulsa secara diam-diam. Android.Rootcager Malware Android jenis ini adalah malware Android yang seringkali muncul dan menginfeksi ponsel-ponsel pengguna Android.

Bayangkan saja sudah sekitar 60 aplikasi di Android Market yang kini telah berubah nama menjadi Google Play Store sudah terinfeksi oleh penyebarannya, selain itu juga sudah ribuan pengguna Android yang terkena getahnya. Malware Android jenis ini menginfeksi sistem Android dengan cara botnet. Ponsel Anda akan dikendalikan dari jarak jauh oleh si pembuat malware tersebut. Setelah berhasil dikendalikan, pencurian data besar-besaran pun akan dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna. GGTracker / DroidKungFu Malware Android jenis ini dikatogerikan sebagai malware yang canggih, dengan sistem pengelabuan pengguna di mana mobile web akan terlihat mirip dengan Android Market. Sebagian pengguna yang masuk ke halaman mobile web tersebut biasanya tertipu untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai palsu.

Setelah ter-install malware ini akan mengirimkan SMS premium dengan biaya hingga US$40 /SMS. Sebenarnya si pembuat malware Android jenis ini merupakan distributor sah dari berbagai aplikasi yang ada di Google Play, namun karena tergiur dengan cara-cara jahat yang instan para distributor ini beralih fungsi sebagai pembuat aplikasi malware Android.   Semoga dengan berbagai penjelasan mengenai jenis-jenis malware Android ini, Anda bisa lebih waspada dan berhati-hati setiap akan melakukan aktifitas pengunduhan dan peng-*install*-an aplikasi Android. [PY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel