Bagian-Bagian Keyboard dan Fungsinya Yang Wajib Untuk Anda Ketahui

29 Apr 2013 17:30 100260 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

bagian-bagian keyboard tidak hanya teks yang memenuhi halaman-halaman buku komputer, kita sebagai pengguna juga wajib tahu bagian-bagian keyboard dan juga fungsi-fungsinya

Keyboard, Siapa diantara kita yang tidak mengetahui fungsi dari perangkat yang satu ini pada satu set PC? Keyboard merupakan sebuah alat input data yang paling penting. Windows tanpa mouse masih dapat kita operasikan dengan bantuan berbagai tombol shortcut, namun Tanpa keyboard, mengetik tentu akang memakan waktu yang sangat lama dengan menggunakan on screen keyboard. Tapi apakah Anda mengetahui bagian-bagian keyboard yang sering Anda gunakan itu?

Keyboard sepintas hanya tampak seperti kumpulan tombol saja, namun sebenarnya pembuatan keyboard diperhitungkan dengan baik dan dibagi-bagi menurut fungsinya. Ada bagian-bagian keyboard yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu, dan semuanya akan dijelaskan dengan detail.

Tombol Ketik (Typewriter Key)

Tombol ketik ini terdiri dari paling banyak tombol. Bagian-bagian keyboard pada kategori typewriter key ini terbentang dari tombol ~ di ujung kiri atas hingga tombol ctrl di bagian kanan bawah. Ada beberapa tombol khusus pada bagian-bagian keyboard di kategori typewriter key ini, diantaranya:

  • Tombol tab, untuk pindah tab pada form isian, dan untuk memberi indent pada saat mengetik
  • Tombol caps lock untuk mengaktifkan/mematikan fitur huruf kapital
  • Tombol shift, untuk memperbesar satu huruf yang ditekan bersamaan. Kombinasi dengan tombol lain juga dapat melakukan berbagai hal lain pula. Dapat dikombinasikan dengan tombol dari bagian-bagian keyboard yang lain.
  • Tombol ctrl, berguna jika dikombinasikan dengan tombol lain,tergantung dari software/OS yang Anda gunakan.
  • Tombol alt juga memiliki beragam fungsi jika dikombinasikan dengan tombol lainnya.
  • Tombol enter, melakukan berbagai konfirmasi dan menambah baris baru pada teks
  • Tombol Backspace, menghapus karakter di sebelah kursor, juga berfungsi sebagai tombol back pada Windows.
  • Tombol Windows, berguna sebagai shortcut untuk menampilkan start menu(Windows ), dan
  • Tombol klik kanan untuk menampilkan menu klik kanan pada mouse

Tombol Fungsi (Function Key)

Salah satu kategori pada bagian-bagian keyboard, function key ini jarang digunakan oleh kebanyakan pengguna PC awam karena fungsinya yang relatif berbeda pada tiap aplikasi. Padahal, tombol fungsi ini dapat melakukan berbagai hal semisal menampilkan help support, melakukan proses rename, dan lain sebagainya. Tombol fungsi ini terbentang dari Esc pada ujung kiri atas, dilanjutkan dengan kombinasi tombol F1 hingga F12.

Tombol Esc memiliki peran yang unik, ia akan melakukan proses cancel dari apapun yang kita lakukan, kebalikan dari fungsi tombol enter. Sebagai satu tombol dari bagian-bagian keyboard yang lain, tombol Esc memiliki fungsi yang lumayan sering digunakan oleh para pengguna PC.

Tombol Navigasi (Navigation Key)

Terdiri dari 4 tombol panah (kiri, kanan, atas, bawah), tombol insert dan delete, tombol page up dan page down, serta tombol home dan end. Navigation key ini merupakan kategori bagian-bagian keyboard yang dapat mengendalikan kursor sesuai degnan tombol yang kita tekan. Tombol insert dan delete memiliki peran yang berbeda, lebih condong ke proses edit karakter (menyisipkan dan menghapus).

Tombol Numpad (Numeric Keypad)

Tombol numpad merupakan kombinasi tombol yang memudahkan kita untuk mengetikkan angka. Dari bagian-bagian keyboard yang lain, numpad juga tidak terlalu sering digunakan, namun jika Anda terbiasa menggunakannya, maka Anda tidak akan terlalu lama mengerjakan proses hitungan dasar. Tombol Num Lock yang terdapat pada kategori ini memiliki fungsi untuk menyalakan dan mematikan fungsi numpad. Jika fungsinya mati, numpad hanya akan berlaku sebagai navigation key saja.

Tombol Ekstra (Extra key)

Untuk keyboard yang memiliki kualitas lebih tinggi, terdapat satu kategori yang melengkapi bagian-bagian keyboard yang dimaksud. Kategori ekstra ini terdiri dari beberapa tombol yang biasanya memiliki fungsi sesuai dengan apa yang tertulis pada tombol tersebut. Fitur printscreen, Scroll Lock, dan Pause/Break sering dijumpai pada keyboard dengan jenis ini.

Untuk Keyboard yang lebih spesifik, bahkan akan ada tombol untuk fitur pengendalian track audio, seperti volume up dan volume down, play/pause, bahkan next/previous track dan kontrol volume. Keyboard jenis ini bahkan seringkali dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti USB port dan audio jack 3.5 mm. Memang kabel yang menghubungkan keyboard ini ke CPU akan makin kompleks, namun kemudahan yang ditawarkan akan sebanding dengan kesulitan saat memasangnya. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel