Flexible OLED - Teknologi Terbaru Samsung Layar OLED

24 Feb 2013 14:00 3780 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekali lagi dan untuk kesekian kalinya kita bilang bahwa Samsung tidak ada matinya dalam berinovasi dalam dunia teknologi. Sebelumnya, Plimbi sering mengulas tentang Smartphone Samsung. Sama seperti ide yang tidak ada matinya makan Plimbi pun tidak ada matinya untuk mengulas banyak hal seputar Smartphone Samsung. Kali ini Plimbi akan membahas ide baru lain dari Samsung yaitu layar OLED fleksibel Smartphone.

Sekali lagi dan untuk kesekian kalinya kita bilang bahwa Samsung tidak ada matinya dalam berinovasi dalam dunia teknologi. Sebelumnya, Plimbi sering mengulas tentang Smartphone Samsung. Sama seperti ide yang tidak ada matinya makan Plimbi pun tidak ada matinya untuk mengulas banyak hal seputar Smartphone Samsung. Kali ini Plimbi akan membahas ide baru lain dari Samsung yaitu layar OLED fleksibel Smartphone.

Sudah banyak hasil upgrade yang dilakukan Samsung mulai dari ponsel tahan banting, ponsel tahan air hingga kini yang akan kita bahas adalah ponsel berlayar fleksibel. Terdengar aneh bukan ? itulah inovasi Samsung. Layarnya yang bisa ditekuk layaknya kita ingin melipat karpet ataupun menekuk kertas. Samsung merilis Smartphone dengan layar fleksibel ini pada acara Consumer Electronic Show 2013 beserta dengan teknologi terbaru lainnya dari Microsoft, Sony, Qualcomm, Razer, Google, dll. Baru Samsung saja yang merilis ide seperti ini ditahun 2013. Tidak aneh kalau Samsung disebut sebagai "the worldwide leader in the entire cell phone market”. Penjualannya pun meledak sangat dahsyat disertai dengan ide-ide gilanya yang membuat kita tercengang sebagai pengguna. Samsung pun berencana akan menerapkan konsep layar fleksbel ini tidak hanya pada Smartphone tapi juga pada tablet.

Samsung menamakan layar ini dengan layar OLED atau Organic Light Emitting Diode. Mereka menyatakan bahwa layar tersebut dapat dilipat, diputar, dan banyak lagi. Bagusnya lagi , layar tersebut membuat daya tahan pemakaian menjadi jauh lebih lama dikarenakan bahan pembuatan layar tersebut ialah substrat plastik yang lebih tipis, ringan dan lebih fleksibel. Walaupun tidak seperti kertas aslinya yang dapat dilipat-lipat hingga 7 lipatan, hanya sebatas meliapat hingga membentuk satu tabung. Setidaknya lebih bagus dibandingan dengan teknologi LCD yang ada saat ini. Layar fleksibel ini rumornya akan dikemas bersamaan dengan Smartphone Samsung Galaxy S4. Besarnya layar yang akan dirilis sekitar 5.5 inci dengan resolusi maksimal 1280x720 pixel HD sama besarnya dengan 267 densitas pixel.

"ini tidak akan retak bahkan jika ini dijatuhkan. Ide ini akan benar-benar mulai merubah bagaimana masyarakat berinterkasi dengan device mereka, membuka kemungkinan gaya hidup baru, membuat partner kami membuat sebuah ekosistem device yang benar-benar baru.” Komentar Brian Berkeley , Eksekutif Samsung Display pada acara CES 2013.

Jika digambarkan berdasarkan gambaran yang telah dikutip CES, ponsel ini seperti Smartphone biasanya. Hanya saja bagian atas ponsel berupa layar tipis yang diberikan pelindung berupa kaca. Seperti kita membeli Flashdisk baru yang ada tutupnya. Bagi pecinta Smartphone, hal ini merupakan sebuah gebrakan yang dahsyat. Faktanya ide ini tidak hanya menguntungkan bagi para pengguna tapi juga industry. Kenapa ? karena dilihat dari bentuk , bukan berarti karena itu dibuat semakin tipis maka akan semakin mahal. Untuk industri hal ini justru membuat biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah. Namun menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Bayangkan jika kita punya ponsel yang selama ini punya body yang lumayan tebal hingga akhirnya sekarang hanya setipis kertas, tentu kekhawatiran kita terhadap kerusakan layar akan terkurangi secara signifikan. Kita tidak perlu lagi khawatir layar smartphone kita retak, pecah, dan harus diservis. Sekarang kita bisa taruh ponsel disaku celana seperti kita menaruh uang kertas bisa disimpan secara lipatan maupun meregang. Bagi Anda yang mengaku pecinta Smartphone , apalagi Smartphone dengan brand Samsung wajiblah memiliki. Karena trendi ini akan sangat banyak diperbincangkan ditahun baru 2013 ini. Siapa tahu, ditahun 2013 ini menjadi tahun di mana lahirnya teknologi layar fleksbel di Dunia.

Begitulah penjelasan mengenai layar fleksibel ini, tidak lepas kemungkinan kalau nanti pada tahun 2014 ataupun ditahun-tahun berikutnya akan ada satu teknologi di mana Smartphone sudah menerapkan satu teknologi yaitu Hologram. Kita tunggu inovasi dahsyat lainnya dari Perusahaan besar Samsung.
Demo Brian Berkeley mengenai Layar Fleksibel pada acara CES 2013 :

 

Flexible OLED - Layar samsung terbaru

 

[NDR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel