Bingung Cara Menulis di Wikipedia? Simak Panduannya di Sini

28 Jan 2013 10:45 29139 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Wikipedia merupakan salah satu situs internet terbesar di dunia yang berisi tentang berbagai macam pengetahuan dunia. Ada banyak orang yang menggunakan Wikipedia sebagai referensi standar, sehingga situs ini sering disebut sebagai Ensiklopedia bebas. Wikipedia didirikan dan dikembangkan oleh sebuah organisasi nirlaba Wikimedia Foundation yang berpusat di Amerika Serikat.

Wikipedia merupakan salah satu situs internet terbesar di dunia yang berisi tentang berbagai macam pengetahuan dunia. Ada banyak orang yang menggunakan Wikipedia sebagai referensi standar, sehingga situs ini sering disebut sebagai Ensiklopedia bebas. Wikipedia didirikan dan dikembangkan oleh sebuah organisasi nirlaba Wikimedia Foundation yang berpusat di Amerika Serikat. Ada dua tokoh yang disebut-sebut sebagai pelopor berdirinya Wikipedia, yaitu Jimy Wales sang pendiri Wikimedia Foundation dan Larry Sanger yang turut mengelola proyek-proyek Ensiklopedia online dalam Wikipedia.

Wikipedia tersedia dalam berbagai bahasa dunia, ada total 284 bahasa yang telah disediakan meskipun yang terutama adalah bahasa Inggris. Ada lebih dari 1 juta artikel yang ditulis Wikipedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman. Sedangkan Wikipedia berbahasa Polandia, Italia, Portugis, Spanyol, Jepang, Rusia, Tionghoa, Vietnam, dan Swedia tersedia lebih dari 500.000 artikel.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan Wikipeda karena artikel-artikelnya ditulis dari sudut pandang yang netral, tanpa memihak pada suatu golongan, instansi, kelompok, etnis atau agama tertentu. Selain itu Wikipeda banyak mengambil tulisan-tulisan dari media terkenal yang menjadi referensi standar, seperti Almanak, Ensiklopedia dan lain-lain. Dan yang menarik lagi bahwa Wikipedia tidak ada iklan komersil karena situs ini memang dibuat semata-mata untuk berbagi pengetahuan dunia.

Meski merupakan situs yang besar dan populer, namun Wikipedia bukanlah situs yang eksklusif, karena siapapun dapat berpartisipasi mengisinya. Anda dapat memulai artikel dengan judul baru, atau hanya sekedar memperbaiki artikel yang sudah ada sebelumnya. Namun, ada aturan ketat jika Anda ingin membuat artikel di Wikipedia agar situs ini tetap layak di publikasikan serta mengambil sudut pandang netral. Berikut ini Plimbi hadirkan cara menulis artikel di Wikipedia.

Lalu bagaimana dengan Wikipedia Indonesia (Wikipedia bahasa Indonesia)? Wikipedia di negara kita ini termasuk salah satu yang paling cepat perkembangannya di Asia, hanya ketinggalan dari Wikipedia bahasa Mandari dan Jepang. Bahkan Wikipedia Indonesia berperingkat ke 25 sebagai yang terbesar dari seluruh dunia. Wikipedia Indonesia dimulai sejak tahun 2003 dan sampai saat ini telah mempunyai sebanyak 212.855 artikel yang terbagi dalam 10 portal.

Portal-portal Wikipeda Indonesia yang tersedia, diantaranya adalah

  • Geografi
  • Sejarah
  • Masyarakat
  • Biografi
  • Agama
  • Olahraga
  • Teknologi
  • Ilmu
  • Seni
  • Filsafat

Seperti Wikipedia bahasa lain, Wikipedia Indonesia juga dapat disunting oleh siapapun. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah regristasi akun, meskipun terkadang akun anonim juga dapat menyunting. Proses pendaftaran dalam Wikipedia cukup mudah dan tidak membutuhkan yang lama, Anda hanya diminta untuk menuliskan nama pengguna dan memasang kata sandi bagi akun Anda sendiri. Setelah itu Anda dapat membuat artikel baru atau hanya sekedar memperbaiki artikel yang sudah ada. Tidak dalam menulis artikel Wikipedia karena harus memenuhi standar kualitas yang baik. Setiap artikel yang baru ditulis atau baru disunting akan di klarifikasi, jika telah memenuhi standar akan dipublikasikan, namun jika masih terdapat kekurangan akan secepatnya di hapus.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat akun Wikipedia, yaitu Anda tidak diperbolehkan membuat akun dengan nama pengguna berupa iklan, nama perusahaan, nama toko, nama organisasi, nama yayasan, nama sekolah (universitas), nama situs internet, atau nama grup. Tidak diperkenankan juga Anda untuk menulis nama akun yang mirip dengan nama tokoh-tokoh dunia, figur publik, berbau pornografi, SARA, melecehkan, menghasut, kasar maupun menggunakan nama dengan kata yang dilarang seperti Admin atau Pengurus.

Untuk membuat atau menyunting artikel Wikipedia juga ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi :

  • Setiap artikel harus tepat keakuratannya, bukan riset maupun pendapat pribadi

  • Artikel Wikipedia harus memiliki sudut pandang netral. Dan kadang kala penulis juga harus mencari pandangan-pandangan lain yang berlawanan terhadap suatu masalah yangs sedang dibahas.

  • Dilarang menyumbang artikel yang melanggar hak cipta atau sebuah artikel berlisensi dan tidak berkompatibel dengan GFDL.

  • Jangan lupa untuk menuliskan pranala luar yang menjadi sumber referensi artikel yang ditulis.

Selamat berpartisipasi menyumbang artikel di Wikipedia Indonesia. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel