Daftar Aplikasi Wikipedia Offline Untuk Komputer

27 Jul 2012 11:00 10418 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tahukah Anda bahwa Wikipedia dapat dipergunakan tanpa koneksi internet? Jika Anda tertarik ingin memlikinya, simak pembahasan aplikasi Wikipedia offline berikut ini.

Wikipedia merupakan sebuah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas serta terbuka (open source) yang dibuat dan dikembangkan oleh organisasi Wikimedia Foundation yaitu sebuah organisasi nirlaba yang berlokasi di negara Amerika Serikat. Asal usul dalam pemberian nama Wikipedia sendiri berasal dari sebuah penggabungan kata antara wiki dan encyclopedia. Produk Wikipedia ini pertama dirilis pada sekitar tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan hingga saat kini Wikipedia merupakan sebuah karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Tujuan dari dibangunnya proyek Wikipedia ini sendiri yaitu bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan serta referensi kepada manusia. Namun tahukah Anda bahwa Wikipedia dapat dipergunakan tanpa koneksi internet? Pada artikel kali ini Paseban akan mencoba mengulas aplikasi Wikipedia offline tersebut.

Zipedia

Zipedia adalah sebuah plugin khusus pada browser Mozilla Firefox, ketika Anda mengunjungi beberapa artikel mengenai wikipedia, plugin ini akan menyimpan data-data hasil browsing Anda tersebut pada sebuah database, sehingga ketika Anda tidak memiliki akses atau koneksi internet Anda masih bisa untuk mengakses artikel-artikel Wikipedia tersebut secara offline. Anda bisa mengunduh plugin Zipedia di sini.

WikiTaxi

WikiTaxi merupakan sebuah aplikasi Wikipedia offline yang bersifat portabel yang memungkinkan Anda untuk dapat mengunduh artikel mengenai Wikipedia agar bisa digunakan dan diakses secara offline. Cara kerja dari aplikasi WikiTaxi sendiri yaitu aplikasi ini akan menyimpan semua halaman Wikipedia dalam database dengan mengkompresi halaman-halaman Wikipedia agar dapat dipergunakan dengan mudah dan kemudian akan di-copy ke memory stick dengan ukuran 8GB.

Aplikasi Wikipedia downloader ini memungkinkan anda untuk dapat membaca dan browsing Wikipedia secara offline dalam bahasa yang berbeda tanpa koneksi Internet. Pengembang WikiTaxi menjamin bahwa konten yang didownload telah sinkron dengan Wikipedia karena selalu melakukan update secara berkala pada database dari Wikipedia asli.

Cara menggunakan WikiTaxi sangat sederhana. Cukup dengan mengekstrak arsip WikiTaxi ke folder pada harddisk Anda, atau USB stick portabel, setelah itu double-click pada WikiTaxi.exe untuk menjalankan WikiTaxi. Lalu akan muncul Layar panduan yang menunjukkan beberapa langkah sederhana untuk men-download dan meng-import Wikipedia ke harddisk. Anda bisa memiliki aplikasi ini dengan mengunduhnya di sini.

Pocket Wikipedia

Aplikasi Pocket Wikipedia ini bisa disetarakan dengan sekitar lima belas ensiklopedia dengan volume 24.000 foto dan juga 14 juta kata yang bekerja pada sebuah komputer PC pada Windows dan Linux. Aplikasi Wikipedia versi offline ini dikembangkan oleh Schools Wikipedia , untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca, mempelajari dan mengunduhnya secara gratis dari Pocket Wikipedia.

Okawix

Okawix adalah sebuah aplikasi gratis yang dipergunakan untuk dapaat mengakses Wikipedia secara offline (Wikipedia downloader), Aplikasi ini dikembangkan oleh Linterweb, salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah memungkinkan Anda untuk dapat mengunduh dan juga menyimpan arsip atau seluruh isi Wikipedia, dengan atau tanpa gambar untuk dapat diakses secara offline atau tanpa koneksi internet seperti jika Anda sedang membaca pada Wikipedia DVD. Aplikasi ini dapat dijalankan dan kompatibel pada sistem operasi seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Dengan aplikasi Okawix ini Anda dapat menelusuri artikel Wikipedia, Wikisource, Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, dan lainnya dalam dukungan 253 bahasa. Okawix memungkinkan Anda menyimpan artikel Wikipedia pada harddrive komputer Anda, CD atau USB flash drive. Jika komputer Anda kehabisan ruang penyimpanan harddisk, maka Anda dapat memilih untuk menyalin artikel tanpa disertai dengan gambar. Berikut ini adalah link unduh untuk mengunduh aplikasi Okawik secara gratis.

[AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel